Pengaruh Model Problem Based Learning melalui Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Gina Sofianti Universitas Terbuka
  • Rasmitadila Rasmitadila Universitas Terbuka
  • Sri Dewi Nirmala Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6818

Keywords:

Problem Based Learning, Pembelajaran Berdiferensiasi, Berpikir Kritis, Berfikir Kreatif, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Keterampilan abad ke-21, khususnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif, merupakan kompetensi esensial yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan global. Namun, hasil survei internasional seperti PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa capaian siswa Indonesia dalam kedua aspek tersebut masih tergolong rendah. Urgensi penelitian ini adalah menemukan model pembelajaran yang efektif dalam menstimulasi kemampuan berpikir kritis dan kreatif sejak jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) melalui pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Parungpanjang, dengan sampel dipilih secara purposive sampling. Sampel terdiri atas kelas VA SDN Gorowong 02 sebagai kelas eksperimen (24 siswa) dan kelas VB SDN Gorowong 04 sebagai kelas kontrol (24 siswa). Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif, lembar observasi aktivitas, serta angket respon siswa. Data dianalisis menggunakan uji-t independen dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata N-Gain berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,65 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,45. Untuk berpikir kreatif, rata-rata N-Gain kelas eksperimen mencapai 0,73 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol hanya 0,64. Hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, model Problem Based Learning melalui pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar, serta dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Isrok'atun, I. A. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880. DOI: https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Atmojo, I. R. W., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). CV Pajang Putra Wijaya.

Avcu, Y. E., & Yaman, Y. (2022). Effectiveness of the differentiated instructional design for value education of gifted: a mixed study. Journal of Gifted Education and Creativity, 9(1), 1-23.

Baltzman L. (2023) A Systematic Review of Higher-Order Thinking by Visualizing its Structure Using His Cite and Cite Space Software Write the Abstract and Introduction. Int J Adv Innovat Thoughts Ideas, 12: 222.

Baş, M., & Bolat, Y. (2022). The Impact of Cognitive Competence on Critical Thinking Skills: An Educational Science Study with School Counsellors. Education Quarterly Reviews, Vol.5 Special Issue 2: Current Education Research in Turkey, 53–64.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Diniyah, A. L. (2024). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Sunan Giri. Experiment: Journal of Science Education, 4(1), 24-34. DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v4i1.28966

Dorisno, D., Ayunis, A., Efendi, R., & Zulfahmi, H. B. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 13(2), 163-174.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Haryanti, T. S., Sujana, A., & Isrok'atun, I. A. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 3(1). https://doi.org/10.17509/jpi.v3i1.18946

Kepka BSKAP Nomor 031/H/KR/ 2024 tentang Kompetensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Mongkau, J. G., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas. Journal on Education, 6(4), 22018-22030. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6323

Nasrulloh, S. Q., Prihantini, R., & Irianto, S. (2023). PBL berdiferensiasi sebagai upaya peningkatan kemampuan berfikir kritis dan penyelesaian masalah pada pembelajaran biologi. Khazanah Pendidikan, 17(2), 346-350. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17915

Hasritita, R. (2024). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).

PISA. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia. Kementriaan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.13

Rahmawati, Tomo Djudin, & Hamdani. (2023). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) di MAN2 Pontianak. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(1), 298-306. https://doi.org/10.55081/jurdip.v4i1.1481

Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).

Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif: Studi eksplorasi siswa di SMPN 62 Surabaya. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246.

Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.

Syofyan, H. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ipa Menuju Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Deepublish.

Wibowo, D. C., Peri, M., Awang, I. S., Rayo, K. M., & Sintang, S. P. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 152-161. DOI:10.31932/j-pimat.v2i2.889

Published

2025-09-25

How to Cite

Sofianti, G., Rasmitadila, R., & Nirmala, S. D. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning melalui Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1260–1270. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6818

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.