Pengaruh Media Pembelajaran Digital Marbel Membaca terhadap Kesulitan Membaca Permulaan Kelas 1 SDN Sidokumpul

Authors

  • Ana Uliya Nur Faridah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Fakhrur Rozy Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6399

Keywords:

Pengaruh, Media Pembelajaran, Digital, Marbel Membaca, Kesulitan Membaca Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran digital “Marbel Membaca” terhadap kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SDN Sidokumpul. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang mengalami hambatan dalam mengenali huruf, menyusun suku kata, serta membaca kata sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental One Group Pretest-Posttest Design, dan melibatkan 33 siswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes lisan dengan 15 butir soal yang telah diuji validitas (r hitung tertinggi 0,951 > r tabel 0,344) dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha = 0,769). Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal (p = 0,000), sehingga analisis dilanjutkan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z = -4,471 dan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media “Marbel Membaca” terhadap kemampuan membaca permulaan. Dari 33 siswa, sebanyak 26 siswa mengalami peningkatan skor posttest dibandingkan pretest. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan aspek fonologis, kelancaran, artikulasi, dan motivasi belajar melalui fitur interaktif seperti suara, animasi, dan permainan edukatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi “Marbel Membaca” dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan dan layak direkomendasikan sebagai media bantu belajar di kelas awal sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaludin, N., Arrahma, E., Agustin, N., & Astuti, N. (2016). Studi Literatur Tentang Penggunaan Aplikasi Marbel Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Jurnal Education, 5(3), 1–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2098

Anggia, V., & Ariawan, N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Az-zahroh, I., Fahmi, & Asmawati, L. (2022). Pengaruh Aplikasi Marbel Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 65–76. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2683

Gunanto, S. (2021). Game-Based Learning: Media Konstruktif Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa. Rekam, 17(1), 71–76. https://doi.org/10.24821/rekam.v17i1.4951

Harahap, Safitri, N., Amelia, Fatimah, A., & Fahmi. (2023). Pengaruh Aplikasi Marbel Terhadap Perkembangan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun. Golden Age, 7(02), 231–238. https://doi.org/DOI: 10.59632/sjpp.v2i2.330

Harefa, E., Afendi, A. R., Karuru, P., Sulaeman, & Wote, A. Y. V. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran.

Hikmah, F., & Irdamurni. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Aplikasi Marbel Pada Anak Disleksia di SDN 02 Batang Anai. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 4252–4256. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.165

Nadhifah, N. (2023). Konsep dasar membaca di SDIT Insan Permata. 1(6), 657–660. https://doi.org/http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4611

Nur, R., Firdyanisa, F., Samawi, A., Damayani, R., & Maningtyas, T. (2024). Efektivitas Aplikasi Marbel Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5–6 Tahun. 2, 99–108. https://doi.org/DOI: 10.59632/sjpp.v2i2.330

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5768

Okatavia, D., Sumiyani, S., & Fadhillah, D. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Batuceper 1 Kota Tangerang. Jurnal Sasindo UNPAM, 12(1), 19–27. https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.19-27

Prayogo, J. F. A., & Citrawati, T. (2023). Analisis Bentuk Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2510–2520. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6021

Rahayu, I., & Saepudin, S. (2024). Melalui Pemanfaatan Media Interaktif MARBEL TK PAUD Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2. 4(1), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.707

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979

Ramadhan, R. R., & Tarmini, W. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960–965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2971

Solihah, D. S., Hernawan, A. H., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2023). Problematika kesulitan belajar membaca menulis permulaan (MMP) di Sekolah Dasar kelas rendah. 06(01), 122–135.

Sri Widoyoningrum, Anita Andriani, I. L. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mengajar Bagi Guru Di Era Society 5.0. Sainsteknopak, 7, 303–308. https://doi.org/DOI: 10.29408/didika.v7i1.3848

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Sd / Mi Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Kelas 1.

Yubilia, W., & Satriani, F. Y. (2023). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Pembelajaran Daring di Kelas 1B SDS Muhammadyah 06 Tebet Jakarta. 7(4), 1088–1094. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5393

Published

2025-08-01

How to Cite

Faridah, A. U. N., & Rozy, F. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Marbel Membaca terhadap Kesulitan Membaca Permulaan Kelas 1 SDN Sidokumpul . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 967–976. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6399

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.