Pengaruh Media Pembelajaran Digital Marbel Membaca terhadap Kesulitan Membaca Permulaan Kelas 1 SDN Sidokumpul
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6399Keywords:
Pengaruh, Media Pembelajaran, Digital, Marbel Membaca, Kesulitan Membaca PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran digital “Marbel Membaca” terhadap kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SDN Sidokumpul. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang mengalami hambatan dalam mengenali huruf, menyusun suku kata, serta membaca kata sederhana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental One Group Pretest-Posttest Design, dan melibatkan 33 siswa sebagai sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes lisan dengan 15 butir soal yang telah diuji validitas (r hitung tertinggi 0,951 > r tabel 0,344) dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha = 0,769). Hasil uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal (p = 0,000), sehingga analisis dilanjutkan dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z = -4,471 dan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media “Marbel Membaca” terhadap kemampuan membaca permulaan. Dari 33 siswa, sebanyak 26 siswa mengalami peningkatan skor posttest dibandingkan pretest. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan aspek fonologis, kelancaran, artikulasi, dan motivasi belajar melalui fitur interaktif seperti suara, animasi, dan permainan edukatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi “Marbel Membaca” dapat menjadi solusi inovatif untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan dan layak direkomendasikan sebagai media bantu belajar di kelas awal sekolah dasar.
Downloads
References
Akmaludin, N., Arrahma, E., Agustin, N., & Astuti, N. (2016). Studi Literatur Tentang Penggunaan Aplikasi Marbel Membaca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Jurnal Education, 5(3), 1–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2098
Anggia, V., & Ariawan, N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Az-zahroh, I., Fahmi, & Asmawati, L. (2022). Pengaruh Aplikasi Marbel Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 65–76. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2683
Gunanto, S. (2021). Game-Based Learning: Media Konstruktif Pembelajaran Mandiri Bagi Siswa. Rekam, 17(1), 71–76. https://doi.org/10.24821/rekam.v17i1.4951
Harahap, Safitri, N., Amelia, Fatimah, A., & Fahmi. (2023). Pengaruh Aplikasi Marbel Terhadap Perkembangan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun. Golden Age, 7(02), 231–238. https://doi.org/DOI: 10.59632/sjpp.v2i2.330
Harefa, E., Afendi, A. R., Karuru, P., Sulaeman, & Wote, A. Y. V. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran.
Hikmah, F., & Irdamurni. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Aplikasi Marbel Pada Anak Disleksia di SDN 02 Batang Anai. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 4252–4256. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.165
Nadhifah, N. (2023). Konsep dasar membaca di SDIT Insan Permata. 1(6), 657–660. https://doi.org/http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/4611
Nur, R., Firdyanisa, F., Samawi, A., Damayani, R., & Maningtyas, T. (2024). Efektivitas Aplikasi Marbel Terhadap Perkembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5–6 Tahun. 2, 99–108. https://doi.org/DOI: 10.59632/sjpp.v2i2.330
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36841/pgsdunars.v15i2.5768
Okatavia, D., Sumiyani, S., & Fadhillah, D. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri Batuceper 1 Kota Tangerang. Jurnal Sasindo UNPAM, 12(1), 19–27. https://doi.org/10.32493/sasindo.v12i1.19-27
Prayogo, J. F. A., & Citrawati, T. (2023). Analisis Bentuk Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2510–2520. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.6021
Rahayu, I., & Saepudin, S. (2024). Melalui Pemanfaatan Media Interaktif MARBEL TK PAUD Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung 2. 4(1), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.37968/anaking.v3i1.707
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979
Ramadhan, R. R., & Tarmini, W. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 960–965. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2971
Solihah, D. S., Hernawan, A. H., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2023). Problematika kesulitan belajar membaca menulis permulaan (MMP) di Sekolah Dasar kelas rendah. 06(01), 122–135.
Sri Widoyoningrum, Anita Andriani, I. L. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Ketrampilan Mengajar Bagi Guru Di Era Society 5.0. Sainsteknopak, 7, 303–308. https://doi.org/DOI: 10.29408/didika.v7i1.3848
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Sd / Mi Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Kelas 1.
Yubilia, W., & Satriani, F. Y. (2023). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Pembelajaran Daring di Kelas 1B SDS Muhammadyah 06 Tebet Jakarta. 7(4), 1088–1094. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5393
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ana Uliya Nur Faridah, Fakhrur Rozy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.