Pengaruh Media Kartu Kalimat Terhadap Literasi Membaca Pemahaman pada Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Ery Rizati Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang
  • Marleni Marleni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6445

Keywords:

Pengaruh, Media Pembelajaran, Kartu Kalimat, Literasi Membaca, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan literasi membaca pemahaman siswa SD melalui inovasi pembelajaran, salah satunya dengan media kartu kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kalimat terhadap literasi membaca pemahaman pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 227 Palembang. Dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data seperti tes soal dan juga dokumentasi dan design untuk melakukan penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan teknik sampling total. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan penggunaan media kartu kalimat. Adapun subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV. A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa sedangkan kelas IV. B sebagai kelas kontrol yang jumlahnya 24 siswa dan jumlah keseluruhan sebanyak 52 siswa. Untuk kelas eksperimen menggunakan media kartu kalimat sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media kartu kalimat atau menggunakan buku Bahasa Indonesia. Adapun rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 85,35 dengan nilai 53% dengan 27 siswa termasuk kategori sangat baik, 43% dengan 12 siswa termasuk kategori baik, 4% dengan 1 siswa termasuk kategori cukup dan tidak ada yang berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Rata-rata posttest kelas kontrol hanya 62,50 dengan nilai 42% dengan 10 siswa termasuk kategori baik, 54% dengan 13% siswa termasuk kategori cukup, 4% dengan 1 siswa termasuk kategori kurang dan tidak ada yang berada pada kategori sangat kurang dan sangat baik. Instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas, teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Ha ditolak Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media kartu kalimat berpengaruh terhadap literasi membaca pemahaman pada kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, A. R., Natasia, R., & Haliq, A. (2025). Revitalisasi Tradisi Lisan Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal di Era Modern. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 211-230. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26811

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. Pernik, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5.

Artia, W., Jayanti, J., & Kuswidyanarko, A. (2023). Analisis Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Dalam Mengatasi Kesulitan Menulis Permulaan Kelas II SD Negeri 01 Lubai Ulu. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 357-362.

Fahrozy, F. P. N. (2023). Pemahaman membaca dan siswa kesulitan memahami soal cerita matematika di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 430-441. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5296

Falah, F., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh Experiential Marketing dan Desain Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(2), 1646-1655. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1435

Gunarwati, R., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Janacitta, 4(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1142

Jayanti, Z. P. R. I. I., & Hartono, Y. (2021). The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang. In AIP Conference Proceedings 2438 (1) . AIP Publishing LLC.. https://doi.org/10.1063/5.0071589

Jayanti, Z. P., R. I. I., & Hartono, Y. (2024). Designing PISA-based numeracy problem on shape and space using Palembang tourism during Covid-19 context. In AIP Conference Proceedings 3052 (1). AIP Publishing LLC. https://doi.org/10.1063/5.0201035

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282

Masitoh, I. S., Saepurokhman, A., & Royani, N. R. N. (2022). Penggunaan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jesa-Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(2), 104-112.

Mildawati, A., Asyiah, K., Prayogi, R., & Riadi, B. (2024). SABANA (Sosiologi, Antropologi, dan Budaya Nusantara). Sabana, 3(3), 276–287. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i3.4525

Munayah, E. T. (2021). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 1 Sdit Asy- Syafi ’ Iyah Kabupaten Cirebon Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ,. Journal of Educational Research, 02(01), 232–255. https://doi.org/10.1234/uniedu.v2i1.40

Pelawi, J. T., & Is, M. F. (2021). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam upaya pencegahan pernikahan dini (dibawah umur). Jurnal Education and Development, 9(2), 562-566.

Purwati, B. (2019). Meningkatkan Kemampun Membaca Permulaan melalui Kegitan Bermain Kartu Huruf Bergamabar pada Kelompok B TK Pertiwi Terara. Bintang, 1(1), 123–140. https://doi.org/10.36088/pandawa.v1i1.434

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Safitri, A., & Mukhlishina, I. (2022). Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sdn 01 Landungsari. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(2), 131–136. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1614

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,fan R&D (Sutopo (ed.); 2020th ed.). ALFABETA,cv.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Yusrina, & Jayanti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon di Kelas V SD Negeri 2 Kayuagung. Jurnal Persada, 7(4), 125–136. https://doi.org/10.37150/perseda.v7i2.2191

Published

2025-08-03

How to Cite

Rizati, E., Jayanti, J., & Marleni, M. (2025). Pengaruh Media Kartu Kalimat Terhadap Literasi Membaca Pemahaman pada Kelas IV Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1080–1089. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6445

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.