Pengaruh Media Kartu Kalimat Terhadap Literasi Membaca Pemahaman pada Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6445Keywords:
Pengaruh, Media Pembelajaran, Kartu Kalimat, Literasi Membaca, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan literasi membaca pemahaman siswa SD melalui inovasi pembelajaran, salah satunya dengan media kartu kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kalimat terhadap literasi membaca pemahaman pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 227 Palembang. Dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data seperti tes soal dan juga dokumentasi dan design untuk melakukan penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan jenis Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan teknik sampling total. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan penggunaan media kartu kalimat. Adapun subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV. A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa sedangkan kelas IV. B sebagai kelas kontrol yang jumlahnya 24 siswa dan jumlah keseluruhan sebanyak 52 siswa. Untuk kelas eksperimen menggunakan media kartu kalimat sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media kartu kalimat atau menggunakan buku Bahasa Indonesia. Adapun rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mencapai 85,35 dengan nilai 53% dengan 27 siswa termasuk kategori sangat baik, 43% dengan 12 siswa termasuk kategori baik, 4% dengan 1 siswa termasuk kategori cukup dan tidak ada yang berada pada kategori kurang dan sangat kurang. Rata-rata posttest kelas kontrol hanya 62,50 dengan nilai 42% dengan 10 siswa termasuk kategori baik, 54% dengan 13% siswa termasuk kategori cukup, 4% dengan 1 siswa termasuk kategori kurang dan tidak ada yang berada pada kategori sangat kurang dan sangat baik. Instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas, teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti Ha ditolak Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media kartu kalimat berpengaruh terhadap literasi membaca pemahaman pada kelas IV sekolah dasar.
Downloads
References
Achmad, A. R., Natasia, R., & Haliq, A. (2025). Revitalisasi Tradisi Lisan Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Lokal di Era Modern. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 211-230. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26811
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. Pernik, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Ali, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif dan penerapan nya dalam penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2), 1-5.
Artia, W., Jayanti, J., & Kuswidyanarko, A. (2023). Analisis Model Pembelajaran Induktif Kata Bergambar Dalam Mengatasi Kesulitan Menulis Permulaan Kelas II SD Negeri 01 Lubai Ulu. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 357-362.
Fahrozy, F. P. N. (2023). Pemahaman membaca dan siswa kesulitan memahami soal cerita matematika di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 430-441. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5296
Falah, F., Welsa, H., & Cahyani, P. D. (2023). Pengaruh Experiential Marketing dan Desain Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Yogyakarta. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(2), 1646-1655. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i2.1435
Gunarwati, R., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Janacitta, 4(2). https://doi.org/10.35473/jnctt.v4i2.1142
Jayanti, Z. P. R. I. I., & Hartono, Y. (2021). The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang. In AIP Conference Proceedings 2438 (1) . AIP Publishing LLC.. https://doi.org/10.1063/5.0071589
Jayanti, Z. P., R. I. I., & Hartono, Y. (2024). Designing PISA-based numeracy problem on shape and space using Palembang tourism during Covid-19 context. In AIP Conference Proceedings 3052 (1). AIP Publishing LLC. https://doi.org/10.1063/5.0201035
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282
Masitoh, I. S., Saepurokhman, A., & Royani, N. R. N. (2022). Penggunaan Media Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jesa-Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(2), 104-112.
Mildawati, A., Asyiah, K., Prayogi, R., & Riadi, B. (2024). SABANA (Sosiologi, Antropologi, dan Budaya Nusantara). Sabana, 3(3), 276–287. https://doi.org/10.55123/sabana.v3i3.4525
Munayah, E. T. (2021). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas 1 Sdit Asy- Syafi ’ Iyah Kabupaten Cirebon Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ,. Journal of Educational Research, 02(01), 232–255. https://doi.org/10.1234/uniedu.v2i1.40
Pelawi, J. T., & Is, M. F. (2021). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam upaya pencegahan pernikahan dini (dibawah umur). Jurnal Education and Development, 9(2), 562-566.
Purwati, B. (2019). Meningkatkan Kemampun Membaca Permulaan melalui Kegitan Bermain Kartu Huruf Bergamabar pada Kelompok B TK Pertiwi Terara. Bintang, 1(1), 123–140. https://doi.org/10.36088/pandawa.v1i1.434
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Safitri, A., & Mukhlishina, I. (2022). Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas 2 Sdn 01 Landungsari. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 2(2), 131–136. https://doi.org/10.33379/primed.v2i2.1614
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,fan R&D (Sutopo (ed.); 2020th ed.). ALFABETA,cv.
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Yusrina, & Jayanti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon di Kelas V SD Negeri 2 Kayuagung. Jurnal Persada, 7(4), 125–136. https://doi.org/10.37150/perseda.v7i2.2191
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ery Rizati, Jayanti Jayanti, Marleni Marleni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.