Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Inovasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Kelas Awal Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6794Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Membaca Permulaan, Siswa Sekolah DasarAbstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi perkembangan literasi siswa. Namun, hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa Indonesia masih rendah, sementara guru menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan belajar yang beragam. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan inovatif yang menyesuaikan strategi mengajar dengan kesiapan minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain concurrent triangulation dan non-equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 120 siswa kelas 1 SDN 247 Sukapura, Bandung. Sampel dipilih secara purposive, yaitu kelas 1B sebagai kelas eksperimen dan 1C sebagai kelas kontrol, masing-masing 31 siswa. Data dikumpulkan melalui tes membaca permulaan, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan (Sig.< 0.001). Skor rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat dari 14,77 menjadi 18,32, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (14,74 menjadi 16,16). Pembelajaran berdiferensiasi juga meningkatkan kemampuan pengenalan huruf, membaca suku kata, membaca kata, dan kelancaran membaca nyaring. Siswa memberikan respon positif, menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif. Hambatan yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu, pengelolaan kelompok yang beragam, dan fasilitas yang kurang memadai. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan serta memberikan kontribusi bagi strategi pembelajaran yang adaptifKemampuan membaca permulaan merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi perkembangan literasi siswa. Namun, hasil PISA 2022 menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa Indonesia masih rendah, sementara guru menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan belajar yang beragam. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan inovatif yang menyesuaikan strategi mengajar dengan kesiapan minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain concurrent triangulation dan non-equivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 120 siswa kelas 1 SDN 247 Sukapura, Bandung. Sampel dipilih secara purposive, yaitu kelas 1B sebagai kelas eksperimen dan 1C sebagai kelas kontrol, masing-masing 31 siswa. Data dikumpulkan melalui tes membaca permulaan, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan (Sig.< 0.001). Skor rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat dari 14,77 menjadi 18,32, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (14,74 menjadi 16,16). Pembelajaran berdiferensiasi juga meningkatkan kemampuan pengenalan huruf, membaca suku kata, membaca kata, dan kelancaran membaca nyaring. Siswa memberikan respon positif, menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi aktif. Hambatan yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu, pengelolaan kelompok yang beragam, dan fasilitas yang kurang memadai. Penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi efektif meningkatkan kemampuan membaca permulaan serta memberikan kontribusi bagi strategi pembelajaran yang adaptif
Downloads
References
Akhmetova, A., Imambayeva, G., & Csapó, B. (2022). Reading strategies and reading achievement in middle school: Kazakhstani young learners. Sage Open, 12(3), 21582440221113843. https://doi.org/10.1177/21582440221113843
Al-Kfaween, E. M. (2024). The Level of Multiple Intelligences of the Taflia Technical University Students. Open Journal of Social Sciences, 12(12), 89-97. https://doi.org/10.4236/jss.2024.1212006
Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi sebagai inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185-193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351
Ardiana, R. (2022). Pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dalam pendidikan anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-12. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.65
Azis, S., Ulfa, A. Y., Akbar, F., & Mutiah, H. (2022). A Analisis Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK) pada Pembelajaran Biologi Siswa SMAN 8 Bulukumba. Jurnal Bioshell, 11(2), 90-99. https://doi.org/10.56013/bio.v11i2.1684
Bua, M. T. (2022). Efektivitas media animasi pada keterampilan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594-3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689
Clark, R., & Clark, V. P. (2022). The use of mixed methods to advance positive psychology: a methodological review. International Journal of Wellbeing, 12(3). https://doi.org/10.5502/ijw.v12i3.2017
Dewantari, A. D. W., Azizah, S. N., Lakalay, E. D., Isrofiana, Z., Rohmatul‘Izza, T., & Oktaviani, R. N. (2024). Penggunaan Media Scrabble Pada Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 Mi Tarbiyatul Ulum. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 31-44. https://doi.org/10.36456/inventa.8.1.a8749
Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541–1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346
Fitriyana, I., & Dewi Nirmala, S. (2024). Pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(1), 439–453. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4275
Habibah, F. M. (2023). Pengembangan Media Big-Book untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5).
Heacox, D., & Cash, R. M. (2020). Differentiation for gifted learners: Going beyond the basics. Free Spirit Publishing.
Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4450-4458. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154
Iye, R., & Abdullah, R. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok a Di Kecamatan Waikase Tahun 2022. PARADIGM : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(01), 28–35. https://doi.org/10.62668/paradigm.v1i01.375
Lisnawati, L., & Nirmala, S. D. (2024). The Effectiveness of Differentiated Learning Strategies on Elementary Students' Mathematical Critical Thinking Ability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(3), 3882-3895. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5746
Marwan, M. (2023). Respon Guru Dan Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smkn 1 Puloampel. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 40–50. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i1.8030
Muniyati, S., & Pepryanti, P. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS melalui Penerapan Pendekatan Berdiferensiasi pada Siswa Kelas V UPT SD Inpres Mariso 2. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 362–372. https://doi.org/10.30605/cjpe.7.2.2024.4635
Nuraini, S., & Tanzimah, T. (2022). Faktor-faktor penghambat belajar membaca permulaan pada siswa kelas II di SD Negeri 91 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1540–1545.
Nurazijah, M., Lailla, S., & Rustini, T. (2023). Pendekatan Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar. Journal on Education, 6(1), 1798–1805. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3158
Rahmah, N. N., & Amaliya, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 738-745. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2581
Rahmawati, A., Lubis, F., Gulo, F. T., Nadzifa, N. H., Yulina, R., Theresia, T., & Wijaya, Y. (2024). Analisis Kemampuan Menyimak Anak Kelas V SDN 064037, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 890–895. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2216
Sakti, N. C., & Luthfiyah, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 694–698. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.1935
Sari, M. W., Alfan, M., & Maulana, M. I. (2024). Berbasis LKPD Find The Letter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. 4(11), 1172–1178. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1172-1178
Solihin, R. R., Susanto, T. T. D., Fauziyah, E. P., Yanti, N. V. I., & Ramadhania, A. P. (2024). The Efforts of Indonesian Government In Increasing Teacher Quality Based On PISA Result In 2022: A Literature Review. Perspektif Ilmu Pendidikan, 38(1), 57-65. https://doi.org/10.21009/pip.381.6
Sousa, D. A., & Tomlinson, C. A. (2011). Differentiation and the brain: How neuroscience supports the learner-friendly classroom. Solution Tree Press.
Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994–7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487
Syakhrani, A. W., & Kamil, M. L. (2022). Budaya dan kebudayaan: Tinjauan dari berbagai pakar, wujud-wujud kebudayaan, 7 unsur kebudayaan yang bersifat universal. Cross-border, 5(1), 782-791.
Tomlinson, C. A. (1999). Differentiated Classroom. In Association for Supervision and Curriculum Development (Vol. 37, Issue 3).
Tomlinson, C. A. (2017). The Rationale for Differentiating Instruction in Academically Diverse Classrooms. Differentiate Instruction : In Academically Diverse Classooms, 12–18.
Tomlinson, C. A., & Eidson, C. C. (2003). Differentiation in Practice (Grades 5–9). Cell, 505, 450-5472.
Ulfa, M., Yusuf, P. N. Y., & Sirait, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa melalui Media Big Book. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.57251/tem.v2i1.862
Ulfa, S. R., Purnamasar, V., Kartinah, K., & Sofiati, R. N. (2023). Analisis Respon Peserta Didik Penggunaan Media Spinning Wheel Nembang Kelas 1 SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4800–4803. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2349
Viantho, I., & Nirmala, S. D. (2024). How Can Social Emotional Learning Strategies with Mindfulness Techniques Improve Reading Literacy? International Journal of Elementary Education, 8(3), 415–424. https://doi.org/10.23887/ijee.v8i3.83033
Wijaya, B. A., Wantini, Perawironegoro, D., & Bustam, B. M. R. (2024). The impact of differentiated learning in the Merdeka Belajar curriculum on elementary school literacy as the object of the Kampus Mengajar program. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.23887/jisd.v8i1.68107
Yana, N. E., & Nasution, S. (2024). Pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa madrasah ibtidaiyah swasta (MIS). Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 534. https://doi.org/10.29210/1202424519
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Apriyanti, Mohamad Yunus, Sri Dewi Nirmala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.