Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematik Tahun (2021-2025)

Authors

  • Marya Ulfha Universitas Negeri Semarang
  • Woro Sumarni Universitas Negeri Semarang
  • Barokah Isdaryanti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6383

Keywords:

Asesmen Diagnostik, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah Dasar, Tinjauan Literatur Sistematik

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut adanya strategi pembelajaran yang mampu mengakomodasi keragaman karakteristik peserta didik. Asesmen diagnostik menjadi instrumen penting dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi, terutama di jenjang Sekolah Dasar. Artikel ini bertujuan untuk menelaah secara sistematis berbagai hasil penelitian yang membahas penerapan asesmen diagnostik dalam mendukung pembelajaran di Sekolah Dasar pada rentang tahun 2021 hingga 2025. Metode yang digunakan adalah Systematic Literatur Review (SLR) dengan pendekatan naratif-deskriptif. Enam artikel terpilih dikaji berdasarkan aspek fokus asesmen, pendekatan pelaksanaan, serta dampak terhadap strategi pembelajaran. Tahapan SLR ini melalui empat tahap utama: identifikasi, penyaringan (screening), penentuan kelayakan (eligibility), dan inklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa asesmen diagnostik kognitif dan non-kognitif secara umum digunakan untuk pemetaan kesiapan belajar, gaya belajar, dan minat siswa yang menjadi dasar dalam penyusunan strategi diferensiasi konten, proses, dan produk pembelajaran. Meskipun memberikan dampak positif terhadap keefektifan pembelajaran, masih ditemukan tantangan berupa keterbatasan pemahaman guru terhadap fungsi asesmen diagnostik serta keterbatasan instrumen yang valid. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kompetensi guru melalui pelatihan asesmen awal serta pengembangan instrumen diagnostik yang kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarisi, M. (2024). Analisis Hasil Asesmen Diagnostiksebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Lamda: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.58218/lambda.v4i1.848

Anisah, G., & Amreta, M. Y. (2024). Cognitive diagnostic assessment instrument with individual feedback for language receptive learning on multimodal text. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(1), 366-387. https://doi.org/10.58218/lambda.v4i1.848

Auliya, H. R., Christianti, M., & Hidayat, B. (2025). Development of Multi-Tier Diagnostic Tests in Primary Schools: A Systematic. Jurnal Prima Edukasia, 13(1), 59-74. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v13i1.76906

Azis, A. C. K., & Lubis, S. K. (2023). Asesmen diagnostik sebagai penilaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 20–29.

Basham, J. D., & Lowrey, K. A. (2025). (Re) Considering Universal Design for Learning. Journal of Special Education Technology, 01626434251361443. https://doi.org/10.1177/01626434251361443

Black, K. (2023). Optimizing Learning Potential with Diagnostic Assessments.

Christoforidou, M., & Kyriakides, L. (2021). Developing teacher assessment skills: The impact of the dynamic approach to teacher professional development. Studies in Educational Evaluation, 70, 101051. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101051

Dewi, N. L., & Prasetyowati, D. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4979-4994. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1127

Dike, Y. (2025). Kolaborasi Kepala Sekolah, Guru, dan Tenaga Administrasi dalam Mewujudkan Administrasi Pendidikan yang Efektif di Sekolah Dasar Negeri SD Inpres Doyo Lama. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 16(1), 17–26. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v16i1.6139

Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1608-1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Fina, S. N., Suasti, Y., & Ernawati, E. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Geoedusains: Jurnal Pendidikan Geografi, 5(1), 74-82. https://doi.org/10.30872/geoedusains.v5i1.3744

Fitriah, U. L., Dewi, R. S. I., & Ekawati, R. (2025). Menyelami Kesiapan Guru Kelas Dasar dalam Adopsi Asesmen Diagnostik di Kurikulum Merdeka. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 94-101. https://doi.org/10.54259/diajar.v4i1.3527

Harrison, C. J., Könings, K. D., Schuwirth, L. W., Wass, V., & Van der Vleuten, C. P. (2017). Changing the culture of assessment: the dominance of the summative assessment paradigm. BMC medical education, 17(1), 73.

Hasna, S., & Azizah, M. (2023). Implementasi asesmen diagnostik non kognitif siswa kelas III SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6037-6049. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1390

Hilman, I., Akmal, R., & Nugraha, F. (2023). Analisis gaya belajar peserta didik melalui assessment diagnostik non kognitif pada pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 161-167.

Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4450-4458. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154

Jannah, M., Maryani, I., & Santosa, A. B. (2025). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Asesmen Diagnostik Untuk Mendukung Pembelajaran Berdiferensiasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 451-459. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1467

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185-194. https://doi.org/10.31599/1298zk08

Kelly, C. (2024). Chapter 10: Principles of Differentiation.

Kholid, B., Rahman, A., & Irawan, L. A. (2024). Implementing diagnostic assessment in designing differentiated learning for english language learning at the junior high schools. Journal of Language and Literature Studies, 4(2), 445-458.

Latifah, D. N. (2023). Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68-75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067

Nazilah, A. S. (2024). Diagnostic assessment in differentiated learning: supporting learners' needs for improved learning achievement. Research Journal on Teacher Professional Development, 2(1), 87-92.

Primanisa, R., & Jf, N. Z. (2020). Tindak Lanjut Hasil Asesmen Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (Tk). Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(1), 1-14.

Putri, C. A., Basith, A., Firdhausyah, A. A., & Syaifuddin, A. (2023). Analisis Kritis Asesmen Diagnostik untuk Menentukan Gaya Belajar dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Education and Learning Sciences, 3(2), 36-46. https://doi.org/10.56404/jels.v3i2.68

Romlah, R., Rosidin, U., & Pramudiyanti, P. (2025). Development of Cognitive and Non-Cognitive Diagnostic Assessment Instruments in Differentiation Learning For Class IV Primary School. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 4(2), 281-291. https://doi.org/10.56916/jirpe.v4i2.1231

Rosyada, A., Syahada, P., & Chanifudin, C. (2024). Kurikulum merdeka: Dampak peningkatan beban administrasi guru terhadap efektivitas pembelajaran. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 238-244. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.491

Salamudin, C., & Sulistiani, S. (2024). Pengaruh Penerapan Asesmen Diagnostik Non-Kognitif Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Fase D. Masagi, 3(1), 180-187.

Suarni, S. (2023). Implementasi asesmen diagnostik dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaaran bahasa inggris kelas xi/fase f di madrasah aliyah negeri kota sorong. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 263-270. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.188

Sumbaryani, I. R., Sutanara, F., & Ranahcita, R. N. (2023). Peran sistem informasi manajemen sekolah dalam meningkatkan efektivitas perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 89-98. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.600

Suprapti, D., & Ridho, A. R. (2024). Asesmen Diagnostik Sebagai Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka di MIN 2 Boyolali. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(2), 253-263. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.447

Wardhani, A. (2023). The Implementation of Diagnostic Assessment to Support Diafferentiated Instruction in English Learning at SMK N 1 Pringapus. English Education Journal, 13(4), 586-595. https://doi.org/10.15294/8x9cmt48

Wijaya, N. C. M., & Ridha, A. R. (2024). Pentingnya Asesmen Dalam Menyusun Program Pembelajaran Di Sekolah Inklusi SD Al Firdaus Surakarta. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 7-15. https://doi.org/10.71242/k2sy4550

Wulandari, G. A. P. T. W., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433-448. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5

Wulandari, Y., Asani, Y., & Jaya, I. (2025). Asesmen Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 7(2), 42-47. https://doi.org/10.31764/elementary.v7i2.24370

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi assemen diagnostic untuk menentukan profil gaya belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 1(3), 241-250. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27

Yusyfia, S., Purnamasari, I., & Arisyanto, P. (2025). Pemetaan permasalahan guru dalam melaksanakan asesmen diagnostik di sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era kurikulum merdeka. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(1), 74-81.

Zahir, A., & Supriadi, S. (2023). Refleksi Akhir Tahun Menggunakan Model 4F Berbasis Data Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 51-63. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.278

Published

2025-09-02

How to Cite

Ulfha, M., Sumarni, W., & Isdaryanti, B. (2025). Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematik Tahun (2021-2025). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1115–1125. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6383

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.