Integrasi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang

Authors

  • Andi Nur Isnayanti Universitas Tadulako
  • Putriwanti Putriwanti Universitas Tadulako
  • Kasmawati Kasmawati Universitas Tadukalo
  • Rahmita Rahmita Universitas Tadukalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6027

Keywords:

Integrasi, Pembelajaran Mendalam, Deep Learning, Kurikulum, Sekolah Dasar, Tantangan dan Peluang

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya integrasi pembelajaran mendalam (Deep Learning) dalam kurikulum sekolah dasar sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membentuk kompetensi abad ke-21. Kompetensi tersebut mencakup penguatan karakter, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, serta kesadaran kewarganegaraan. Pendekatan pembelajaran mendalam menawarkan pembelajaran yang berfokus pada pemahaman konseptual, penggabungan antara pengetahuan teoretis dan aplikatif, serta penerapan konsep dalam konteks nyata. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam implementasi pembelajaran mendalam di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat hambatan dalam hal kesiapan guru dan infrastruktur pendidikan, penerapan pembelajaran mendalam dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman materi, dan mendorong pembentukan pola pikir kritis serta kreatif. Selain itu, pendekatan ini dapat didukung melalui pelatihan guru yang berkelanjutan, penerapan teknologi pendidikan, serta kebijakan yang fleksibel dan inovatif. Dengan kolaborasi antara pendidik, institusi pendidikan, serta pemangku kepentingan lainnya, pembelajaran mendalam dapat menjadi katalisator transformasi pendidikan yang lebih adaptif dan relevan. Karena itu, diperlukan langkah-langkah yang terstruktur untuk mengatasi hambatan yang ada dan memaksimalkan potensi pembelajaran mendalam guna menciptakan lulusan yang kompeten serta siap menghadapi persaingan global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, A. N., Maelasari, N., & Lusiana, L. (2025). Pemahaman Deep Learning dalam Pendidikan: Analisis Literatur melalui Metode Systematic Literature Review (SLR). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3229-3236. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7442

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran mendalam untuk membentuk karakter siswa sebagai pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97-104. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

Arif, M. N., Parawansyah, M. I., Huda, F. H., & Zulfahmi, M. N. (2025). Strategi Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Deep Learning. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 8-16. https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.989

Aryanto, S., Meliyanti, M., Amelia, D., Maharbid, D. A., Gumala, Y., & Gildore, P. J. E. (2025). Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Deep Learning: Pendekatan Transformasional di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 4(1), 49-57. https://doi.org/10.46306/jpee.v4i1.101

Dinata, Y., Dalillah, A., Septiani, I., & Mudasir, M. (2025). Tantangan Epistemologis Dalam Implementasi Deep Learning Di Pendidikan Indonesia: Refleksi Atas Kesenjangan Konsep, Kompetensi, Dan Realitas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12(2), 534-548. http://dx.doi.org/10.38048/jipcb.v12i2.5412

Fahlevi, M. R. (2022). Kajian Project Based Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainabel. Vol 5 (2): 230-249. http://dx.doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2714

Fatmawati, I. (2025). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 5(1), 25-39. https://doi.org/10.62825/revorma.v5i1.140

Hariyanti, R. M. (2024). Deep Learning Pada Pembelajaran “Engkong Banjit”: Best Practice Dari P5ra Min 2 Banjit, Way Kanan. Sinergi Aksi Inovasi Budaya Menulis Inspiratif, 2(2), 90-101. https://orcid.org/0009-0001-3013-489X

Hendrianty, B. J., Ibrahim, A., Iskandar, S., & Mulyasari, E. (2024). Membangun Pola Pikir Deep Learning Guru Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.96699

Jayadih, M., Suhardi, H. E., & Rubini, B. (2024). Strategi & peningkatan kualitas layanan guru: Transformasi melalui kepemimpinan, teknologi, kreativitas dan entrepreneurship. Jakad Media Publishing.

Kharisma, N., Septiani, D. E., & Suryaningsih, F. (2025). Transformasi Pembelajaran Bermakna melalui Deep Learning: Kajian Literatur dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 3(3), 1895-1905. https://doi.org/10.61104/alz.v3i3.1462

Mutmainnah, N., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Implementasi pendekatan deep learning terhadap pembelajaran matematika di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 848-871. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23781

Muvid, M. B. (2024). Menelaah Wacana Kurikulum Deep Learning: Urgensi Dan Peranannya Dalam Menyiapkan Generasi Emas Indonesia. Jurnal Edu Aksara, 3(2), 80-93. https://doi.org/10.5281/zenodo.14403663

Ningrum, M., & Andriani, R. (2023). Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513

Nugraha, M. T. (2021). Membentuk karakter kepemimpinan pada peserta didik melalui pendekatan pembelajaran deep learning. Al-hikmah (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 3(1), 15-23. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Putri, R. (2024). Inovasi Pendidikan dengan Menggunakan Model Deep Learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Politik, 2(2), 69-77. https://doi.org/10.61476/186hvh28

Ramadan, Z. H., Putri, M. E., & Nukman, M. (2025). Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Di Sekolah Dasar (Teori Dan Aplikasi). Greenbook Publisher.

Rasma, K. MI, & Saleha.(2025). Penerapan Pembelajaran Deep Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VI UPT SD 79 Gura. CJPE: Cokroaminoto Juornal of Primary Education, 8 (1), 455–465. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5630

Sari, K. P. (2025). Konsep Deep Learning Sebagai Pilar Dalam Strategi Pendidikan Berkualitas. Jurnal Keguruan Dan Pendidikan, 1(02), 11-19. https://doi.org/10.010125/dweh6m45

Sopia, S., Aslamiah, A., & Sulistiyana, S. (2025). Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar Negeri (Studi Multi Situs pada SDN 2 Selat Tengah dan SDN 3 Selat Hilir di Kabupaten Kapuas). Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 108-128. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5466

Syaifuddin, M., & Annur, A. F. (2025). Kurikulum Berbasis MBKM dan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Islam. Penerbit NEM.

Published

2025-08-01

How to Cite

Isnayanti, A. N., Putriwanti, P., Kasmawati, K., & Rahmita, R. (2025). Integrasi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) dalam Kurikulum Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 911–920. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6027

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.