pengaruh Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6329Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik akibat dominasi metode ceramah yang bersifat pasif dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Ngampelsari dengan total 63 siswa, yang terbagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen (31 siswa) yang diberi perlakuan model PjBL, dan kelas kontrol (32 siswa) yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian yang mencakup indikator kemampuan berpikir kritis: menganalisis, mengevaluasi, menginterpretasi, dan menyimpulkan. Data diperoleh melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, paired sample t-test, dan independent sample t-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan pada kelas eksperimen, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 25 poin dan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,05). Sementara itu, kelas kontrol juga mengalami peningkatan sebesar 13 poin, namun dengan tingkat signifikansi lebih rendah (0,031). Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Model ini memberikan pengalaman belajar yang kontekstual, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis secara sistematis dan kolaboratif. Dengan demikian, model PjBL dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar.
Downloads
References
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Maharani, I. D., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Penyebab Kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Bulat. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 483–494. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.791
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Negari, E. C. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684
Nurul‘Azizah, A., & Wardani, N. S. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar matematika melalui model project based learning siswa kelas V SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 2(1), 194-204.
Nuryana, S., Syifa, L., Farah, A. I., & Hanik, E. U. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Materi Tata Surya di MI NU Tamrinus Shibyan Pladen. Yasin, 1(2), 283–295. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.134
Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan Media Digital Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694–705. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.589
Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Rani, P. R., Lestari, A., Mutmainah, F., Ishak, K. A., Delima, R., Siregar, P. S., & Marta, E. (2021). Pengaruh Metode PJBL Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 264–270. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.34570
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Waluyo, B. (2021). Media Pembelajaran Dan Strategi Sebagai Penunjang Keberhasilan Pendidikan. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 45-63.
Wardana, R. W., Riswari, L. A., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Mystery Pics. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 20–24. https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.9660
Windari, P., & Guntur, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ipa. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 64–71. https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9694
Wulansari, K., & Sunarya, Y. (2023). Keterampilan 4C (critical thinking, creativity, communication, dan collaborative) guru Bahasa Indonesia SMA dalam pembelajaran abad 21 di era industri 4.0. Jurnal Basicedu, 7(3), 1667-1674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5360
Yani, I. L., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(10), 171–184.
Yusnaldi, E., Wibowo, S. P., Azzahra, S., Sitorus, P. A., Hutasuhut, N. A., & Nadya, L. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD/MI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32160-32166.
Zakaria, I., Suyono, S., & Priyatni, E. T. (2021). Dimensi Berpikir Kritis (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novi Nazma Putri, Tri Lingo Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.