Efektivitas Literasi Digital untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Munadzifah Munadzifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ahmad Nurefendi Fradana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6345

Keywords:

Efektivitas, Literasi Digital, Pembelajaran Interaktif, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Di era digital, integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi kebutuhan esensial untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas literasi digital dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, dengan fokus pada kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi digital di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Gempol, melibatkan satu orang guru kelas 5 sebagai informan utama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumen pembelajaran. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, yakni melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperkuat melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kompetensi literasi digital yang cukup baik, tercermin dari penggunaan media digital seperti video edukatif, aplikasi interaktif, dan sumber belajar daring. Penggunaan media digital terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik, serta menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif. Penerapan literasi digital masih menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat, kesenjangan akses teknologi, serta variasi partisipasi peserta didik. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan penyediaan sarana yang memadai guna mengoptimalkan literasi digital dalam proses belajar-mengajar di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S. Z., Nuryani, N., & Dewi, R. S. (2023). Rancangan dan Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 9288-9294. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4428

Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 228-236. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1115

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6

Aini, D. F. N., & Nuro, F. R. M. A. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru sebagai Pendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 840-851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4744

Damayanti, I. R., Subiakto, V. U., & Sendrian, R. (2024). Meningkatkan pendidikan literasi digital media sosial pada Gen Alpha. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 175-182. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i2.3893

Dewi, N. R., & Karolina, V. (2023). Keterkaitan Antara Status Sosial Ekonomi dan Jenis Kelamin dengan Kemampuan Literasi Digital pada Siswa SMA Negeri 1 Mandor. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3333-3338. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2007

Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-18. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3520

Haya, A. F., Kurniawati, K., Hardiyanti, N., & Saputri, I. A. (2023). Pentingnya penerapan literasi digital dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar. Tsaqofah, 3(5), 850-862. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1491

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142-151. https://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218

Ilmi, M., Liyundira, F. S., Rachmawati, A., Juliasari, D., & Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. Relasi: Jurnal Ekonomi, 16(2), 436-458. https://doi.org/10.31967/relasi.v16i2.371

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996

Karna, S. D., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Efektivitas dan tantangan penggunaan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319-325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840

Krisnawati, N., Farradhillah, S. Q. A., Mariyam, S., Febrianti, I., Setianingsih, D., Iskandar, S., ... & Wulan, N. S. (2023). Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(1), 485-497. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12098

Marnita, M., Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). The effectiveness of elementary teacher digital literacy competence on teacher learning management. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i1.444

Mentang, P. J., & Mua, M. M. (2023). Implementasi Teori Cultural Lag dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Don Bosco Koha, Minahasa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5506-5511. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2589

Nafisah, A., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2023). Tingkat kemampuan literasi digital peserta didik kelas V SD se-Kecamatan Laweyan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.70953

Nisrina, H., Salsabila, T. S., Indriasih, Y., & Julianto, I. R. (2025). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Literasi Digital. Journal Central Publisher, 3(2), 213-223. https://doi.org/10.60145/jcp.v3i2.366

Purba, L. F., & Jailani, J. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis, Kolaborasi Dan Literasi Digital. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 493-500. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6190

Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173-2177. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1748

Rahayu, P., Marmoah, S., & Budiharto, T. Analisis penerapan prinsip Mayer pada multimedia digital dalam pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(5), 357-363. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i5.90998

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Sajidah, M., Rahman, M. C., Dewi, R. A., Kamilah, S. N., & Wulan, N. S. (2023). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 171-182. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.821

Setiawan, A., Lukmanulhakim, L., & Linarsih, A. (2023). Efektivitas Gerakan Literasi Digital di Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar di Kota Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(1), 102-108. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i1.60994

Shiddiqy, M. A. A., Alficandra, A., & Irvan, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Digital Di Era Globalisasi Sebagai Upaya Pendukung Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri 010 Desa Batu Sasak. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 386-391. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.259

Sirait, A. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas Flatform Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Digital. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 9(1), 83-96. http://dx.doi.org/10.28944/dirosat.v9i1.1732

Sulistyaningrum, S. D., Iskandar, I., & Dewanti, R. (2022). Pengintegrasian Literasi Digital dalam Pembelajaran Berbicara Bagi Guru Bahasa. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 60-74. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3293

Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Tanggur, F. S. (2022). Literasi Digital Dalam Perspektif Guru Di Wilayah Pedesaan Pulau Timor. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 286-294. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2.818

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Wati, F. A., Dike, D., & Yani, A. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Dengan Metode Coaching Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sd Negeri 21 SKP. G SP. 2 Emparu Sintang. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 444-458. https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.4094

Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 SDN Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14-21. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2965

Widiastari, N. G. A. P., & PUSPITA, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215-222. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas video pembelajaran matematika untuk mendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574-583. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345

Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909

Published

2025-08-01

How to Cite

Munadzifah, M., & Fradana, A. N. (2025). Efektivitas Literasi Digital untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 938–954. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6345

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.