Efektivitas Literasi Digital untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6345Keywords:
Efektivitas, Literasi Digital, Pembelajaran Interaktif, Siswa Sekolah DasarAbstract
Di era digital, integrasi teknologi dalam pembelajaran menjadi kebutuhan esensial untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas literasi digital dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, dengan fokus pada kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi digital di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Gempol, melibatkan satu orang guru kelas 5 sebagai informan utama. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumen pembelajaran. Teknik analisis data mengikuti model Miles dan Huberman, yakni melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperkuat melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki kompetensi literasi digital yang cukup baik, tercermin dari penggunaan media digital seperti video edukatif, aplikasi interaktif, dan sumber belajar daring. Penggunaan media digital terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik, serta menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif. Penerapan literasi digital masih menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat, kesenjangan akses teknologi, serta variasi partisipasi peserta didik. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan penyediaan sarana yang memadai guna mengoptimalkan literasi digital dalam proses belajar-mengajar di sekolah dasar.
Downloads
References
Agustina, S. Z., Nuryani, N., & Dewi, R. S. (2023). Rancangan dan Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 9288-9294. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4428
Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 228-236. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1115
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi model pembelajaran TaRL dalam meningkatan kemampuan literasi dasar membaca peserta didik di sekolah dasar kelas awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241-5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6
Aini, D. F. N., & Nuro, F. R. M. A. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru sebagai Pendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 840-851. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4744
Damayanti, I. R., Subiakto, V. U., & Sendrian, R. (2024). Meningkatkan pendidikan literasi digital media sosial pada Gen Alpha. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 175-182. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i2.3893
Dewi, N. R., & Karolina, V. (2023). Keterkaitan Antara Status Sosial Ekonomi dan Jenis Kelamin dengan Kemampuan Literasi Digital pada Siswa SMA Negeri 1 Mandor. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3333-3338. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.2007
Erfan, M., Maulyda, M. A., Affandi, L. H., Rosyidah, A. N. K., Oktaviyanti, I., & Hamdani, I. (2021). Identifikasi wawasan literasi dasar guru dalam pembelajaran berbasis level kemampuan siswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-18. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3520
Haya, A. F., Kurniawati, K., Hardiyanti, N., & Saputri, I. A. (2023). Pentingnya penerapan literasi digital dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar. Tsaqofah, 3(5), 850-862. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i5.1491
Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (2022). Pelaksanaan literasi digital dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(1), 142-151. https://dx.doi.org/10.25157/literasi.v6i1.7218
Ilmi, M., Liyundira, F. S., Rachmawati, A., Juliasari, D., & Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. Relasi: Jurnal Ekonomi, 16(2), 436-458. https://doi.org/10.31967/relasi.v16i2.371
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996
Karna, S. D., Adrias, A., & Zulkarnaini, A. P. (2025). Efektivitas dan tantangan penggunaan media pembelajaran interaktif di sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319-325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840
Krisnawati, N., Farradhillah, S. Q. A., Mariyam, S., Febrianti, I., Setianingsih, D., Iskandar, S., ... & Wulan, N. S. (2023). Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 4(1), 485-497. https://doi.org/10.37304/enggang.v4i1.12098
Marnita, M., Nurdin, D., & Prihatin, E. (2023). The effectiveness of elementary teacher digital literacy competence on teacher learning management. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i1.444
Mentang, P. J., & Mua, M. M. (2023). Implementasi Teori Cultural Lag dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Don Bosco Koha, Minahasa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5506-5511. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2589
Nafisah, A., Atmojo, I. R. W., & Ardiansyah, R. (2023). Tingkat kemampuan literasi digital peserta didik kelas V SD se-Kecamatan Laweyan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.70953
Nisrina, H., Salsabila, T. S., Indriasih, Y., & Julianto, I. R. (2025). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Literasi Digital. Journal Central Publisher, 3(2), 213-223. https://doi.org/10.60145/jcp.v3i2.366
Purba, L. F., & Jailani, J. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Berbasis Pendekatan Saintifik Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis, Kolaborasi Dan Literasi Digital. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 493-500. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6190
Putra, A. D., Yulianti, D., & Fitriawan, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2173-2177. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1748
Rahayu, P., Marmoah, S., & Budiharto, T. Analisis penerapan prinsip Mayer pada multimedia digital dalam pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 12(5), 357-363. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i5.90998
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Sajidah, M., Rahman, M. C., Dewi, R. A., Kamilah, S. N., & Wulan, N. S. (2023). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), 171-182. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.821
Setiawan, A., Lukmanulhakim, L., & Linarsih, A. (2023). Efektivitas Gerakan Literasi Digital di Sekolah Jenjang Pendidikan Dasar di Kota Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(1), 102-108. https://doi.org/10.26418/jvip.v15i1.60994
Shiddiqy, M. A. A., Alficandra, A., & Irvan, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Literasi Digital Di Era Globalisasi Sebagai Upaya Pendukung Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar Negeri 010 Desa Batu Sasak. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 386-391. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.259
Sirait, A. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas Flatform Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI Berbasis Literasi Digital. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 9(1), 83-96. http://dx.doi.org/10.28944/dirosat.v9i1.1732
Sulistyaningrum, S. D., Iskandar, I., & Dewanti, R. (2022). Pengintegrasian Literasi Digital dalam Pembelajaran Berbicara Bagi Guru Bahasa. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 60-74. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3293
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79-88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Tanggur, F. S. (2022). Literasi Digital Dalam Perspektif Guru Di Wilayah Pedesaan Pulau Timor. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 286-294. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i2.818
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645. http://dx.doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Wati, F. A., Dike, D., & Yani, A. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Dengan Metode Coaching Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sd Negeri 21 SKP. G SP. 2 Emparu Sintang. Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2), 444-458. https://doi.org/10.31932/ve.v15i2.4094
Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 SDN Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14-21. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2965
Widiastari, N. G. A. P., & PUSPITA, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215-222. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3519
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas video pembelajaran matematika untuk mendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574-583. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345
Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Munadzifah Munadzifah, Ahmad Nurefendi Fradana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.