Pengembangan Media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) pada Pembelajaran IPAS Kelas VI di SDN 4 Labuan Tereng

Authors

  • Ersa Anugraheni Putri Universitas Mataram
  • Nurul Kemala Dewi Uiniversitas Mataram
  • Nurwahida Nurwahida Uiniversitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6350

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Kuartet, Rangka Tubuh Manusia, Raktuma, Pembelajaran IPAS

Abstract

Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar masih menghadapi kendala, salah satu kendala utama adalah pada materi yang bersifat abstrak dan minimnya pemanfaatan media berbasis teknologi. Hal ini berdampak pada rendahnya minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi IPAS. Sementara itu, Kurikulum Merdeka menuntut pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran inovatif yang mampu menunjang proses belajar yang efektif dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) yang valid dan praktis pada pembelajaran IPAS kelas VI di SDN 4 Labuan Tereng. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dari ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan yang diisi oleh peserta didik dan guru. Analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan hasil wawancara prapenelitian, masukan ahli, dan pembimbing, serta kuantitatif berdasarkan hasil angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) memperoleh skor persentase sebesar 84,70% dengan kriteria sangat valid dari ahli media dan memperoleh skor persentase sebesar 95,71% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi. Pada uji kepraktisan dari peserta didik memperoleh skor persentase sebesar 91,47% dengan kriteria sangat praktis dan uji kepraktisan dari guru memperoleh skor persentase sebesar 96,66% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas VI di SDN 4 Labuan Tereng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, I. M., & Setyasto, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Kelas V di Sekolah Dasar. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2300–2308. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7030

Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642

Firdaus, Z., & Istianah, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Ciri-Ciri Khusus Hewan Bagi Peserta didik Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 847–857.

Firmansyah, H. (2023). Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1230–1240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4910

Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 557–566. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2922

Julia, M, A., Fitriani, N., & Setiawan, R. (2024). Proses Pembelajaran Konstruktivisme yang Bersifat Generati di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.519

Landina, I. A. P. L., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Flipbook berbasis Kasus pada Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(3), 443–452. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52555

Latifah, A. K., Idris, M., Prasrihamni, M., (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2 Dimensi Untuk Keterampilan Membaca Peserta didik Kelas II SD Negeri 15 Gunung Megang. Journal On Education, 06(01), 2655-1365. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3234

Magdalena, I., Khofifah, A., & Fitri Auliyah. (2023). Bahan Ajar. Sindoro Cendikia Pendidikan, 2(5), 21-30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i6.1758

Mursyidah, D., & Saputra, E. R. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(1), 427–433. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1.2941

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289

Ningsih, V. M., & Gunansyah, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet QR Code Dalam Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 858–869.

Nurfaizah, Rahman, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3). https://doi.org/10.51878/social.v1i3.932

Panduwinata, L. F., Wulandari, R. N. A., & Zanky, M. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Materi Prosedur Penyimpanan Arsip. Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–28. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5958

Prameswari, I. A., Dadi, S., & Bengkulu, U. (2022). Penggunaan Media Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV C SDN 71 Kota Bengkulu Panut Setiono. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 42–53. https://doi.org/10.33369/juridikdas.5.1.%25p

Pratiwi, N. W. C., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Media Pembelajaran Augmented reality Berbasis Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 110–122. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73179

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104

Rosidi, M. F., Safruddin, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Kata pada Kemampuan Membaca Peserta didik Kelas 1 SDN Merang Baru 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 208–215. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.446

Safitri H. S., Adi P. M. J., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kakli (Kartu Kwartet Literasi) Pada Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.649

Samsiyah, S., Hermansyah, & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektifitas Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. HOLISTIKA: Jurnal Imiah PGSD, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.119-126

Saputri, S. R., Paramitha, A. N., Munawaroh, L., & Komalasari, M. D. (2025). Efektivitas media pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan motivasi di SD Negeri Tuguran. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 370–373. https://doi.org/10.62017/merdeka.v2i3.3922

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jawa Barat: Alfabeta

Sumarsono, M. B. & Mulyani. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “Kuartet Kingdom” Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 8(3), 487-496.

Utami, S., R. (2017). Pembelajaran Aspek Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 189-203. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010203

Vitriani, A., Fauziya, D. S., & Aryana, S. (2022). Penggunaan Media Karikatur Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 87(1), 87–100. https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.11605

Walidiati, M., Tahir, M., & Rahmatih, A, N. (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA. Journal of Clasroom Action Research, 5(4), 321-330. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5868

Published

2025-06-30

How to Cite

Putri, E. A., Dewi, N. K., & Nurwahida, N. (2025). Pengembangan Media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) pada Pembelajaran IPAS Kelas VI di SDN 4 Labuan Tereng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 875–890. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6350

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.