Pengembangan Media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) pada Pembelajaran IPAS Kelas VI di SDN 4 Labuan Tereng
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6350Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Kuartet, Rangka Tubuh Manusia, Raktuma, Pembelajaran IPASAbstract
Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar masih menghadapi kendala, salah satu kendala utama adalah pada materi yang bersifat abstrak dan minimnya pemanfaatan media berbasis teknologi. Hal ini berdampak pada rendahnya minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi IPAS. Sementara itu, Kurikulum Merdeka menuntut pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran inovatif yang mampu menunjang proses belajar yang efektif dan bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) yang valid dan praktis pada pembelajaran IPAS kelas VI di SDN 4 Labuan Tereng. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reseacrh and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi dari ahli media dan ahli materi, serta angket kepraktisan yang diisi oleh peserta didik dan guru. Analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan hasil wawancara prapenelitian, masukan ahli, dan pembimbing, serta kuantitatif berdasarkan hasil angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) memperoleh skor persentase sebesar 84,70% dengan kriteria sangat valid dari ahli media dan memperoleh skor persentase sebesar 95,71% dengan kriteria sangat valid dari ahli materi. Pada uji kepraktisan dari peserta didik memperoleh skor persentase sebesar 91,47% dengan kriteria sangat praktis dan uji kepraktisan dari guru memperoleh skor persentase sebesar 96,66% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, media Kartu Kuartet Rangka Tubuh Manusia (Raktuma) sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS kelas VI di SDN 4 Labuan Tereng.
Downloads
References
Dewi, I. M., & Setyasto, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Kelas V di Sekolah Dasar. JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2300–2308. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7030
Erfan, M., Widodo, A., Umar, U., Radiusman, R., & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31-46. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3642
Firdaus, Z., & Istianah, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Ciri-Ciri Khusus Hewan Bagi Peserta didik Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 847–857.
Firmansyah, H. (2023). Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1230–1240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4910
Hingide, M. N., Mewengkang, A., & Munaiseche, C. P. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Platform Android Pada Mata Pelajaran PPKN SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(5), 557–566. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/edutik.v1i5.2922
Julia, M, A., Fitriani, N., & Setiawan, R. (2024). Proses Pembelajaran Konstruktivisme yang Bersifat Generati di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.519
Landina, I. A. P. L., & Agustiana, I. G. A. T. (2022). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa melalui Media Pembelajaran Flipbook berbasis Kasus pada Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 27(3), 443–452. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.52555
Latifah, A. K., Idris, M., Prasrihamni, M., (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2 Dimensi Untuk Keterampilan Membaca Peserta didik Kelas II SD Negeri 15 Gunung Megang. Journal On Education, 06(01), 2655-1365. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3234
Magdalena, I., Khofifah, A., & Fitri Auliyah. (2023). Bahan Ajar. Sindoro Cendikia Pendidikan, 2(5), 21-30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v2i6.1758
Mursyidah, D., & Saputra, E. R. (2022). Aplikasi Berbasis Augmented Reality sebagai Upaya Pengenalan Bangun Ruang bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar: Jurnal Tunas Nusantara, 4(1), 427–433. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1.2941
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Ningrum, K. D., Utomo, E., Marini, A., & Setiawan, B. (2022). Media Komik Elektronik Terintegrasi Augmented Reality dalam Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1297–1310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2289
Ningsih, V. M., & Gunansyah, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet QR Code Dalam Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 858–869.
Nurfaizah, Rahman, A., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3). https://doi.org/10.51878/social.v1i3.932
Panduwinata, L. F., Wulandari, R. N. A., & Zanky, M. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Materi Prosedur Penyimpanan Arsip. Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–28. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5958
Prameswari, I. A., Dadi, S., & Bengkulu, U. (2022). Penggunaan Media Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV C SDN 71 Kota Bengkulu Panut Setiono. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 42–53. https://doi.org/10.33369/juridikdas.5.1.%25p
Pratiwi, N. W. C., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Media Pembelajaran Augmented reality Berbasis Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 110–122. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73179
Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.104
Rosidi, M. F., Safruddin, S., & Tahir, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Kata pada Kemampuan Membaca Peserta didik Kelas 1 SDN Merang Baru 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 208–215. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.446
Safitri H. S., Adi P. M. J., & Hermita, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kakli (Kartu Kwartet Literasi) Pada Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.34125/kp.v7i1.649
Samsiyah, S., Hermansyah, & Kuswidyanarko, A. (2021). Efektifitas Kartu Kuartet Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV. HOLISTIKA: Jurnal Imiah PGSD, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.119-126
Saputri, S. R., Paramitha, A. N., Munawaroh, L., & Komalasari, M. D. (2025). Efektivitas media pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan motivasi di SD Negeri Tuguran. Merdeka: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 370–373. https://doi.org/10.62017/merdeka.v2i3.3922
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jawa Barat: Alfabeta
Sumarsono, M. B. & Mulyani. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “Kuartet Kingdom” Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 8(3), 487-496.
Utami, S., R. (2017). Pembelajaran Aspek Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 189-203. https://doi.org/10.21009/AKSIS.010203
Vitriani, A., Fauziya, D. S., & Aryana, S. (2022). Penggunaan Media Karikatur Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 87(1), 87–100. https://doi.org/10.22460/parole.v5i1.11605
Walidiati, M., Tahir, M., & Rahmatih, A, N. (2023). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Pembelajaran IPA. Journal of Clasroom Action Research, 5(4), 321-330. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5868
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ersa Anugraheni Putri, Nurul Kemala Dewi, Nurwahida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.