Pengembangan Media Pengayaan Berbasis Cerita Rakyat Sumatera Selatan “Legenda Pulau Kemaro” Sebagai Media Literasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6425Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Cerita Rakyat, Legenda Pulau Kemaro, Media Literasi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi pengembangan media ini terletak pada perannya dalam menjembatani kesenjangan antara pembelajaran literasi dan pelestarian budaya lokal yang mulai tergerus oleh arus globalisasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengayaan berbasis cerita rakyat Sumatera Selatan “Legenda Pulau Kemaro” sebagai media literasi bagi siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya minat literasi siswa serta terbatasnya ketersediaan media bacaan kontekstual yang mengandung nilai budaya lokal. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari produk yang akan dibuat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 137 Palembang pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pengayaan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas berdasarkan penilaian ahli dan uji coba kepada siswa kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Media ini mampu meningkatkan minat baca siswa serta memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal secara menarik dan kontekstual. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan literasi siswa sekolah dasar melalui pendekatan berbasis kearifan lokal.
Downloads
References
Ain, U. S., Istiningsih, S., Erfan, M., & Dewi, N. K. (2023). Pengembangan Media Pohon Literasi Berbasis Cerita Rakyat Suku Sasak Untuk Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(4), 351-358. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5651
Akhbar, M. T., (2023). Pengaruh Model Student Facilitator and Explanning (SFAE) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sd Negeri 88 Palembang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(4), 164. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1636
Anggraini, D. (2020). Pengembangan Model Buku Pengayaan Berbasis Cerita Rakyat Lampung. Jurnal Mabasan: Masyarakat Bahasa dan Sastra Nusantara, 14(1), 130-142. https://doi.org/10.26499/mab.v14i1.388
Bu'ulolo, Y. (2021). Membangun budaya literasi di sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(1), 16-23. https://doi.org/10.34012/bip.v3i1.1536
Darizzumroda, N., Wulandari, R. T., & Tirtaningsih, M. T. (2022). Pengembangan Buku Dongeng Aud Berbasis Budaya “Seri Cerita Rakyat Reog Kendang Tulungagung”. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 189-206. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.14239
Ferando, M. F., Bardi, Y., Mayeli, Y. K. F. R., Rada, M. M., Mude, M. R., & Du’a, P. N. P. S. (2025). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Media Penguatan Literasi Bahasa Indonesia. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 301-316. https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1486
Hidayah, H., & Abdullah, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMAN 9 Luwu melalui Modul Ajar Berbasis Budaya Luwu. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 75-88. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.522
Hutasoit, A. R. (2022). Pengembangan Bahan Bacaan Cerita Rakyat dari Sumatera Utara Berbasis Nilai Budaya untuk Gerakan Literasi SD Free Methodist 2 Medan (Doctoral dissertation, Unimed).
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.
Manalu, D., Selegi, S. F., & Ayurachmawati, P. (2023). Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Pemahaman Membaca Cerpen Pada Kelas IV SD. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 11-24. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.173
Masrurah, U., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam peningkatan literasi peserta didik di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 340-356. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.16906
Mesra, R. (2023). Research and Development dalam Pendidikan. Sumatera Utara: PT Mifandi Mandiri Digital.
Muslimin, T. P., & Fatimah, A. A. B. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa UPT SPF SDN Sangir melalui Modul Ajar Digital Berbasis Budaya. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 101-113. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.529
Nuha, M. F., Pratiwi, Y., & Nurchasanah, N. (2019). Buku Pengayaan Pembelajaran Cerita Fabel Berbasis Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Princess, S. D. H., Widiastuti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengembangan buku pengayaan kemampuan menentukan ide pokok untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 265-277. https://dx.doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.5190
Resterina, R. A., Untari, S., Atok, A., & Rosyid, A. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Tema Budaya Lokal Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Risdaliani, R., Sari, D. A. P., Ilham, M., Syahrial, S., & Noviyanti, S. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 48/I Penerokan. As-Sabiqun, 4(2), 238-251. https://dx.doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1755
Sapriline, S., Mardiana, D., & Simpun, S. (2023). Model terpadu buku cerita rakyat, ungkapan dan peribahasa berbahasa Dayak Ngaju-Indonesia untuk sekolah dasar. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 201-213. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.8673
Somantri, D., & Dewi, D. A. (2025). Revitalisasi Cerita Rakyat Cirebon-Indramayu dalam Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 425-439. https://doi.org/10.24256/pijies.v8i2.7029
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Susanta, A., & Muktadir, A. (2020). Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Membaca Berbasis Cerita Rakyat Bengkulu pada Siswa Kelas Iv SD IT Al-Qiswah Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 184-196. https://dx.doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.14131
Utami, I. W. P., Fantiro, F. A., & Fazlyn, N. H. (2024). Upaya pengendalian dampak negatif literasi digital bagi siswa sekolah dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 121-128. https://doi.org/10.36456/inventa.8.2.a9420
Valentina, T., Selegi, S. F., & Junaidi, I. A. (2023). Strategi meningkatkan literasi baca siswa sekolah dasar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 21(3), 630-639. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v21i3.12616
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sindi Amelia, M. Taheri Akhbar, Susanti Faipri Selegi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.