Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 72 Palembang

Authors

  • Tri Damayanti universitas pgri Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas Pgri Palembang
  • Jujur Gunawan Manullang Universitas Pgri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6427

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar Matematika, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pemebelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 72 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (true ekperimental design). Variabel bebas dari penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 72 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan desain postest control group design dengan sampel siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis data post test menunjukkan bawa rata-rata nilai eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji- t, pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 0,05 > 0,133, berdasarkan uji independent sampel test-t pada penelitian ini diperoleh nilai sig (2- tailled) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha (terdapat pengaruh) diterima.Dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh pada strategi mind mapping berbasiscanva terhadap literasi membaca siswa SD Negeri 72 Palembang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Alfiyah, I., Hidayat, M. T., Sunanto, S., & Ibrahim, M. (2025). Meta Analisis Penelitian Penerapan Metode Pembelajaran Ekspserimen Pada Pembelajaran Ipa SD. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 5(1), 131-140. https://doi.org/10.36636/primed.v5i1.5153

Anwar, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Di SDI Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2), 241-250. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.715

Erniati, E., & Hayati, S. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Teks Anekdot. Journal Of Education Science, 8(1), 30-35. https://doi.org/10.33143/jes.v8i1.1979

Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231-231.

Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penerapan model snowball throwing terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23-32. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2203

Indrayani, C., & Surachman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Sifat Benda di Kelas V SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Jurnal Mangifera Edu, 3(2), 88-99. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i2.23

Jayanti, J., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2023). Designing Numeracy Assisted E-Learning Using Palembang Tourism Context during the Covid-19 For Pre-Service Primary School Teachers. INOMATIKA, 5(2), 181-199. https://doi.org/10.35438/inomatika.v5i2.405

Jayanti, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2021, October). The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2438, No. 1, p. 020004). AIP Publishing LLC. https://doi.org/10.1063/5.0071589

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Kurniati, K., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Pada Peserta Didik SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1), 24-30. https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.467

Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. CV. Ae media grafika.

Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 1(1), 54-76. https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242

Naniek, K., & Endang, M. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. CV. Ae Media Grafinda.

Saputra, C., Hidayad, F., & Manullang, J. G. (2022). Pengembangan Metode Pembelajaran Servis Bawah Permainan Bola Volly Siswa Kelas V SDN 15 Sembawa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12209-12217.

Setyaningrum, S. I., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Scientific Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 Sd. JCP Jurnal Cahaya Pendidikan, 5(1).

Sianturi, Y., Marjuki, & Sartika, K. (2020, April). Evaluation of ERA5 and MERRA2 reanalyses to estimate solar irradiance using ground observations over Indonesia region. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2223, No. 1, p. 020002). AIP Publishing LLC. . https://doi.org/10.1063/5.0000854

Solihat, I. (2020). Penggunaan Model Bola Salju (Snowball Throwing) dalam Pembelajaran Menyimak. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2), 82-92. https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1005

Sutinah, C. (2021). Belajar dan Pembelajaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Yusrina, Y., & Jayanti, J. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Materi Proklamasi Kemerdekaan Kelas V SD Negeri 2 Kayuagung. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 125-136. https://doi.org/10.37150/perseda.v7i2.2191

Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2020). Analysis of Teacher Abilities in Implementing Online Learning in Elementary Schools of the North Sumatra PAB Foundation. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 1(2), 129-137. https://doi.org/10.51612/teunuleh.v1i2.27

Published

2025-09-02

How to Cite

Damayanti, T., Jayanti, J., & Manullang , J. G. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 72 Palembang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1140–1149. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6427