Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 72 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6427Keywords:
Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing, Hasil Belajar Matematika, Siswa Sekolah DasarAbstract
Bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pemebelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 72 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (true ekperimental design). Variabel bebas dari penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 72 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan desain postest control group design dengan sampel siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis data post test menunjukkan bawa rata-rata nilai eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji- t, pada pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 0,05 > 0,133, berdasarkan uji independent sampel test-t pada penelitian ini diperoleh nilai sig (2- tailled) 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak dan Ha (terdapat pengaruh) diterima.Dapat di simpulkan bahwa adanya pengaruh pada strategi mind mapping berbasiscanva terhadap literasi membaca siswa SD Negeri 72 Palembang
Downloads
References
Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Alfiyah, I., Hidayat, M. T., Sunanto, S., & Ibrahim, M. (2025). Meta Analisis Penelitian Penerapan Metode Pembelajaran Ekspserimen Pada Pembelajaran Ipa SD. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 5(1), 131-140. https://doi.org/10.36636/primed.v5i1.5153
Anwar, A. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Di SDI Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 8(2), 241-250. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.715
Erniati, E., & Hayati, S. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Teks Anekdot. Journal Of Education Science, 8(1), 30-35. https://doi.org/10.33143/jes.v8i1.1979
Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education and Development, 8(1), 231-231.
Hujaemah, E., Saefurrohman, A., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penerapan model snowball throwing terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 23-32. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2203
Indrayani, C., & Surachman, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Sifat Benda di Kelas V SD Negeri Prapag Kidul 01 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes. Jurnal Mangifera Edu, 3(2), 88-99. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i2.23
Jayanti, J., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2023). Designing Numeracy Assisted E-Learning Using Palembang Tourism Context during the Covid-19 For Pre-Service Primary School Teachers. INOMATIKA, 5(2), 181-199. https://doi.org/10.35438/inomatika.v5i2.405
Jayanti, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2021, October). The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2438, No. 1, p. 020004). AIP Publishing LLC. https://doi.org/10.1063/5.0071589
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). ANALISIS Model-model pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Kurniati, K., Yunus, M., & Nur, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Pada Peserta Didik SD Inpres Bakung II Kota Makassar. Bosowa Journal of Education, 1(1), 24-30. https://doi.org/10.35965/bje.v1i1.467
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. CV. Ae media grafika.
Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 1(1), 54-76. https://doi.org/10.47467/edui.v1i1.242
Naniek, K., & Endang, M. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. CV. Ae Media Grafinda.
Saputra, C., Hidayad, F., & Manullang, J. G. (2022). Pengembangan Metode Pembelajaran Servis Bawah Permainan Bola Volly Siswa Kelas V SDN 15 Sembawa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12209-12217.
Setyaningrum, S. I., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Pengaruh Pembelajaran Scientific Snowball Throwing Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 5 Sd. JCP Jurnal Cahaya Pendidikan, 5(1).
Sianturi, Y., Marjuki, & Sartika, K. (2020, April). Evaluation of ERA5 and MERRA2 reanalyses to estimate solar irradiance using ground observations over Indonesia region. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2223, No. 1, p. 020002). AIP Publishing LLC. . https://doi.org/10.1063/5.0000854
Solihat, I. (2020). Penggunaan Model Bola Salju (Snowball Throwing) dalam Pembelajaran Menyimak. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2), 82-92. https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1005
Sutinah, C. (2021). Belajar dan Pembelajaran. CV. Penerbit Qiara Media.
Yusrina, Y., & Jayanti, J. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Materi Proklamasi Kemerdekaan Kelas V SD Negeri 2 Kayuagung. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 125-136. https://doi.org/10.37150/perseda.v7i2.2191
Yusrizal, Y., & Fatmawati, F. (2020). Analysis of Teacher Abilities in Implementing Online Learning in Elementary Schools of the North Sumatra PAB Foundation. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 1(2), 129-137. https://doi.org/10.51612/teunuleh.v1i2.27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Damayanti, Jayanti Jayanti, Jujur Gunawan Manullang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.