Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Game Edukasi Digital dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 45 Kalisegoro Semarang

Authors

  • Bernika Ifada Universitas Negeri semarang
  • Amirul Mukminin Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6428

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Matematika, Game Edukasi Digital, Kecerdasan Logika, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepekaan anak terhadap angka, serta minimnya pengetahuan mereka mengenai angka, bahkan terdapat anak yang belum mampu membedakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran matematika melalui permainan edukatif digital dalam meningkatkan kecerdasan logika anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 45 Kalisegoro, Semarang. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental yang mengadopsi tipe one group pretest-posttest design subjek yang penelitian terdiri dari 22 anak yang tergabung dalam kelompok B dengan rentang usia 5 hingga 6 tahun. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kecerdasan logika matematika yang dirancang berdasarkan indikator kemampuan berpikir logis anak, meliputi kemampuan berhitung, membedakan pola, membandingkan jumlah, serta memahami hubungan sebab-akibat. Data yang diperoleh melalui pre-tets dan post-test, yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest mencapai95,64% dengan kategori sangat baik, sedangkan nilai-nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 97,77% yang berada dalam kategori sangat baik. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik statitika dekriptif untuk menggambarkan karakteristik data, serta uji t untuk menentukan signifikasi perbedaan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai p<0,05. Hal ini dalam mengindikasikan bahwa pembelajaran matematika melalui permainan edukasi digital memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kecerdasan logika matematika anak.  Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui permainan edukatif digital terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak usia dini. Permainan edukatif digital mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik, serta mendorong anak untuk lebih aktif dan fokus dalam memahami materi matematika. Media ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pembelajaran di Taman Kanak-Kanak untuk meningkatkan kemapuan kognitif, khususnya kecerdasan logika matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chen, C. H., & Hwang, G. J. (2022). A meta-analysis of the effectiveness of digital game-based learning on students' learning outcomes. Computer & Education, 178,104-120. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104120

Faudillah, A. N., Munthe, A. F., Rahmadanti, L. L., & Nasution, F. (2025). Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Anak Usia Dini Melalui Media Interaktif Puzzle Angka. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 6(1), 319-328.

Fitri, R., & Maromi, C. (2024). Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini Melalui Game Edukasi Digital. Seling: Jurnal Program Studi Pgra, 10(2), 85-95. https://doi.org/10.29062/seling.v10i2.2468

Gardner, H. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic books.

Hardiningrum, A., Rihlah, J., & Rulyansah, A. (2025). Revolusi Pembelajaran Interaktif:: Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia Dini Dengan Wordwall. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 186-191. https://doi.org/10.31004/irje.v5i1.1910

Hasanah, U., & Gudnanto, G. (2023). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(2), 73-84. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17650

Hidayah, T. A. Z., Anggarasari, N. H., & Nugraha, F. (2023). Efektivitas Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 7(1), 81-88. https://doi.org/10.17509/jpa.v7i1.59920

Kalaka, Y., Mustofa, Y. A., & Dalai, H. (2023). Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Banthayo Lo Komputer, 2(1), 78-82 https://doi.org/10.37195/balok.v2i1.542

Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76-87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.2485

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32

Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368-1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781

Nabighoh, W. N., Mustaji, M., & Hendratno, H. (2022). Meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia dini melalui media interaktif puzzle angka. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3410-3417. http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2410

Noveradila, S., & Larasati, D. (2015). Alat Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika-Matematika Anak Usia Dini. Product Design, 2(1), 162144.

Nurhayati, H., & NW, L. H. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu. J. Basicedu, 5(5), 3.

Papanastasiou, E., & K. D. (2019). The effect of digital games on mathematics learning: A meta-analysis. Educational technology &society, 22(1), 1-15.

Ridwan, T., Hidayat, E., & Abidin, Z. (2020). Edugames N-ram untuk pembelajaran geometri pada anak usia dini. Jurnal Teknoinfo, 14(2), 89-94. http://dx.doi.org/10.33365/jti.v14i2.508

Suryana, D., Karmila, D., & Mahyuddin, N. (2023). Pengembangan Game Interaktif dalam Meningkatkan Kecerdasan Matematika Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3084-3096. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3934

Utoyo, S., & Arifin, I. N. (2017). Model permainan kinestetik untuk meningkatkan kemampuan matematika awal pada anak usia dini. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 323-332. https://doi.org/10.21009/jpud.112.10

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan media game edukasi Wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11-11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5

Published

2025-09-02

How to Cite

Ifada, B., & Mukminin, A. (2025). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Game Edukasi Digital dalam Meningkatkan Kecerdasan Logika Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 45 Kalisegoro Semarang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1150–1161. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6428

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.