Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi PANDARA untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6437Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi PANDARA, Hasil Belajar PKn, Siswa Sekolah DasarAbstract
Perkembangan teknologi digital di dunia pendidikan mendorong perlunya inovasi media yang pembelajaran interaktif dan kontekstual, khususnya dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar. Materi mengenai makna sila-sila Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sering kali dianggap abstrak dan kurang menarik jika hanya disampaikan melalui ceramah atau buku teks, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka diperlukan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa, seperti aplikasi PANDARA, dirancang untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi Android (PANDARA) dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD pada materi makna sila-sila Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) Analyze (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) Design (perancangan isi dan tampilan aplikasi), (3) Develop (pengembangan media dan validasi ahli), (4) Implement (penerapan media dalam pembelajaran), dan (5) Evaluate (evaluasi efektivitas media). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IV SDN Karanglayung. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, angket validasi ahli media dan materi, tes pretest dan posttest, serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data melibatkan analisis kualitatif terhadap hasil validasi dan angket, serta analisis kuantitatif berupa uji N-Gain. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi PANDARA tergolong dalam kategori “Sangat Layak”, dengan persentase kelayakan media sebesar 92,14% dan kelayakan materi sebesar 96,66%. Rata-rata nilai pretest siswa sebesar 47,42 meningkat menjadi 80,32 pada posttest, dengan skor N-Gain sebesar 0,6383 yang termasuk kategori “Sedang”. Selain itu, respon guru dan siswa terhadap media ini sangat positif. Dengan demikian, aplikasi PANDARA terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(3), 3973. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749
Anugerah, M., Zuhdi, M., & Makhrus, M. (2022). Kemampuan Kognitif Momentum dan Impuls ditinjau dari Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Inkuiri Terbimbing: Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i2.181
Azizah, A., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2024). Pengembangan video pembelajaran berbasis motion graphic pada tema ecoenzyme si cairan serbaguna untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 521-531. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604
Fadillah Al Hadad, S., & Susiaty, D. U. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android berbantuan Smart Apps Creator (SAC) dalam materi pola bilangan. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(1), 405–410. https://doi.org/10.5281/zenodo.10557052
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Kurnia, M. R. A., Haryanto, H., Sanova, A., & Dewi, C. A. (2022). Studi respon siswa terhadap pengembangan multimedia interaktif berbasis chemo-entrepreneurship berbentuk aplikasi android. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 10-20.
Kurniawati, U. M., & Maemonah, M. (2021). Analisis hierarki kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring anak usia dasar: Analisis jurnal SINTA 2 sampai 6. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 51–64. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a5.2021
Kusuma, A. (2021). Analisis deskriptif terhadap pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis software aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan.
Lestari, W. S., Irawati, R., & Maulana, M. (2025). Pengembangan Aplikasi Area untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Keliling Bangun Datar Kelas V. AS-SABIQUN, 7(1), 140-154.
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan pembelajaran PKn untuk meningkatkan minat belajar pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 652–656. http://dx.doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206
Maharani, P. A., Risdianto, E., & Setiawan, I. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Google Sites untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 31–42. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17458
Mariani, A. L., Rokhmat, J., & Juaini, M. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKN melalui penerapan model pjbl. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 187-192. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5579
Marliana, R., Sukarno, S., & Wahyuningsih, S. (2023). Penggunaan media pop up book dalam pembelajaran pendidikan pancasila materi makna simbol sila pancasila pada siswa kelas 4 di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(2), 41-47. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i2.76024
Nanda, F. A., & Samosir, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas III SDN 191320 Raya Togah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 108-113. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i1.2295
Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Foodborne Pathogens cum Contamination, Hygiene Practices, and Other Associated Issues in Ready-to-Eat Food. In Recent Advances in Ready-to-Eat Food Technology (pp. 195-222). CRC Press.
Rusdiansyah, S., & Leonard, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran motion graphic matematika berbasis Android pada siswa kelas V SD semester 1. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 135-143. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6996
Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684-694. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis kompetensi digital guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909
Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2024). Model ADDIE dan ASSURE dalam pengembangan media pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Utama, R. P., Rengganis, I., & Murron, F. S. Pengembangan Media “PANDAPAN” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Fase B. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 7(2), 223-234. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.33130
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Widodo, S. T., & Istiyani, F. (2023). Efektivitas media Papan Garuda berbasis PBL dalam penerapan nilai-nilai Pancasila kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(6), 3793–3803.
Yusiana, U. (2022). Pengembangan media e-comic terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(1), 23-33. https://doi.org/10.26740/penips.v2i1.44636
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diaz Nilam Wangila, Aah Ahmad Syahid , Kusman Rukmana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.