Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi PANDARA untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Diaz Nilam Wangila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aah Ahmad Syahid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kusman Rukmana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6437

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi PANDARA, Hasil Belajar PKn, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Perkembangan teknologi digital di dunia pendidikan mendorong perlunya inovasi media yang pembelajaran interaktif dan kontekstual, khususnya dalam Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar. Materi mengenai makna sila-sila Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sering kali dianggap abstrak dan kurang menarik jika hanya disampaikan melalui ceramah atau buku teks, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka diperlukan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa, seperti aplikasi PANDARA, dirancang untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menganalisis efektivitas media pembelajaran berbasis aplikasi Android (PANDARA) dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD pada materi makna sila-sila Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: (1) Analyze (analisis kebutuhan pembelajaran), (2) Design (perancangan isi dan tampilan aplikasi), (3) Develop (pengembangan media dan validasi ahli), (4) Implement (penerapan media dalam pembelajaran), dan (5) Evaluate (evaluasi efektivitas media). Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IV SDN Karanglayung. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, angket validasi ahli media dan materi, tes pretest dan posttest, serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data melibatkan analisis kualitatif terhadap hasil validasi dan angket, serta analisis kuantitatif berupa uji N-Gain. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi PANDARA tergolong dalam kategori “Sangat Layak”, dengan persentase kelayakan media sebesar 92,14% dan kelayakan materi sebesar 96,66%. Rata-rata nilai pretest siswa sebesar 47,42 meningkat menjadi 80,32 pada posttest, dengan skor N-Gain sebesar 0,6383 yang termasuk kategori “Sedang”. Selain itu, respon guru dan siswa terhadap media ini sangat positif. Dengan demikian, aplikasi PANDARA terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar serta menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol, 6(3), 3973. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749

Anugerah, M., Zuhdi, M., & Makhrus, M. (2022). Kemampuan Kognitif Momentum dan Impuls ditinjau dari Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Inkuiri Terbimbing: Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppfi.v4i2.181

Azizah, A., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2024). Pengembangan video pembelajaran berbasis motion graphic pada tema ecoenzyme si cairan serbaguna untuk menumbuhkan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 521-531. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604

Fadillah Al Hadad, S., & Susiaty, D. U. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android berbantuan Smart Apps Creator (SAC) dalam materi pola bilangan. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(1), 405–410. https://doi.org/10.5281/zenodo.10557052

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Kurnia, M. R. A., Haryanto, H., Sanova, A., & Dewi, C. A. (2022). Studi respon siswa terhadap pengembangan multimedia interaktif berbasis chemo-entrepreneurship berbentuk aplikasi android. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 10-20.

Kurniawati, U. M., & Maemonah, M. (2021). Analisis hierarki kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring anak usia dasar: Analisis jurnal SINTA 2 sampai 6. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 51–64. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a5.2021

Kusuma, A. (2021). Analisis deskriptif terhadap pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis software aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan.

Lestari, W. S., Irawati, R., & Maulana, M. (2025). Pengembangan Aplikasi Area untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Keliling Bangun Datar Kelas V. AS-SABIQUN, 7(1), 140-154.

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan pembelajaran PKn untuk meningkatkan minat belajar pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 652–656. http://dx.doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206

Maharani, P. A., Risdianto, E., & Setiawan, I. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan Google Sites untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 31–42. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17458

Mariani, A. L., Rokhmat, J., & Juaini, M. (2023). Peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKN melalui penerapan model pjbl. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 187-192. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5579

Marliana, R., Sukarno, S., & Wahyuningsih, S. (2023). Penggunaan media pop up book dalam pembelajaran pendidikan pancasila materi makna simbol sila pancasila pada siswa kelas 4 di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(2), 41-47. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i2.76024

Nanda, F. A., & Samosir, A. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Kelas III SDN 191320 Raya Togah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 108-113. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i1.2295

Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Foodborne Pathogens cum Contamination, Hygiene Practices, and Other Associated Issues in Ready-to-Eat Food. In Recent Advances in Ready-to-Eat Food Technology (pp. 195-222). CRC Press.

Rusdiansyah, S., & Leonard, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran motion graphic matematika berbasis Android pada siswa kelas V SD semester 1. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 135-143. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6996

Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684-694. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis kompetensi digital guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600–4611. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Syahid, I. M., Istiqomah, N. A., & Azwary, K. (2024). Model ADDIE dan ASSURE dalam pengembangan media pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469

Utama, R. P., Rengganis, I., & Murron, F. S. Pengembangan Media “PANDAPAN” Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Fase B. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 7(2), 223-234. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v7i2.33130

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Widodo, S. T., & Istiyani, F. (2023). Efektivitas media Papan Garuda berbasis PBL dalam penerapan nilai-nilai Pancasila kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(6), 3793–3803.

Yusiana, U. (2022). Pengembangan media e-comic terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(1), 23-33. https://doi.org/10.26740/penips.v2i1.44636

Published

2025-08-01

How to Cite

Wangila, D. N., Syahid , A. A., & Rukmana , K. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi PANDARA untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1041–1055. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6437

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.