Strategi Pengembangan Diri Alumni Pondok Pesantren dalam Upaya Meningkatkan Kesiapan sebagai Calon Pendidik Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6466Keywords:
Pengembangan Diri, Alumni Pondok Pesantren, Guru PAUDAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana alumni pondok pesantren mempersiapkan diri menjadi pendidik anak usia dini (PAUD) yang profesional, mengingat peran strategis guru PAUD dalam membentuk karakter anak sejak usia dini dan masih minimnya kajian yang mengangkat kesiapan alumni pesantren dalam konteks tersebut. Meskipun dibekali nilai-nilai keislaman dan kedisiplinan, alumni pondok pesantren kerap menghadapi tantangan dalam adaptasi terhadap dunia pendidikan formal PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pengembangan diri alumni pondok pesantren dalam meningkatkan kompetensi sebagai calon pendidik PAUD. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas lima alumni pondok pesantren yang sedang menjalani masa pengabdian di lembaga PAUD. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive dengan kriteria memiliki pengalaman mengajar minimal satu semester. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi langsung, serta dokumentasi pendukung. Data dianalisis menggunakan metode analisis tematik yang meliputi tahap familiarisasi data, pengkodean awal, pencarian tema, peninjauan tema, penamaan tema, dan penyusunan laporan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan diri dilakukan melalui observasi praktik lapangan, penyesuaian terhadap kurikulum PAUD, peningkatan kreativitas pembelajaran, dan kemampuan dalam mengelola emosi. Nilai-nilai pesantren seperti kedisiplinan, kesabaran, kerja sama, dan manajemen waktu turut mendukung kesiapan mereka dalam mengajar. Tantangan utama yang dihadapi meliputi tekanan peran ganda, minimnya pelatihan eksternal, dan proses adaptasi terhadap karakteristik anak usia dini. Meskipun demikian, alumni menunjukkan kesiapan profesional melalui proses refleksi, praktik langsung, dan strategi adaptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi antara nilai-nilai pesantren dan strategi pengembangan diri mampu membentuk kesiapan profesional alumni dalam dunia pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Abdullah, A., & Muawaroh, M. L. (2021). Pengabdian Purna Santri dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Santri Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(1), 87–108. https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.87-108
Amir, F., Haeruddin, Aryanti, C. A., Fatmawati, & Basoka, S. W. (2025). Pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja nelayan anggota kelompok usaha bersama Buton Bersatu Kelurahan Bungkutoko Kecamatan Nambo Kota Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 10(1), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.33772/jsep.v10i1.185
Atsniyah, L., & Supradewi, R. (2019). Makna hidup santri pengabdian pondok pesantren Nurul Amal. Universitas Islam Sultan Agung, 361–366. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8152
Basri, D., & Suryana, D. (2023). Analisis Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 709–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4126
Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis Teori Daniel Goleman dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Journal of Psyehologi and Child Development, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent
Crewell, J. W. (1999). Qualitative Inquiry & Research Design. In social sciences-Methodology (second Edi, Vol. 77, Issue 4). Sage Publications Ltd. https://doi.org/10.1111/1467-9299.00177
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. In Prentice Hall, Inc. (Issue 1984). https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4
Lickona, T. (1991). Educating for Character_Lickona.pdf. Bantam Books. https://insuriponorogo.ac.id/digilib-pps/file_buku/37897a748286a9b08b5468e34a6dfa9c.pdf
Nabawi, M. (2023). Penerapan Scaffolding Pada Zone of Proximal Development (Zpd) Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri 2 Malang Kelas Xii Mipa 4. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(11), 3. https://doi.org/10.17977/um068.v3.i11.2023.3
Nadar, W., Yuni, Y., & Hardiyanto, L. (2021). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD: Menjadi Guru Profesional. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.945
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 1 (2007). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas16-2007KompetensiGuru.pdf
Permana, A. D., Kurniawan, E., & Amalia, L. L. (2023). The Comperhension of Reflective Practice among EFL Professional Teachers in Indonesia. ELTIN JOURNAL: Journal of English Language Teaching in Indonesia, 11(2), 183–192. https://doi.org/10.22460/eltin.v11i2.p183-192
Putri, E. E. (n.d.). Memahami Contextual Teaching and Learning (CTL). Pe.Feb.Unesa. https://pe.feb.unesa.ac.id/post/memahami-contextual-teaching-and-learning-ctl
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Robbaniyah, Q., & Lina, R. (2022). Konstribusi Pemikiran Abu Nida` dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(1), 23–34. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.10
Saepuloh, A. (2019). Dampak Pola Pengembangan Diri Terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 65–74. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK
Sari, A. R., & Pramudibyanto, H. (2021). Profesionalisme Guru Paud dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 133–145. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093
Setiawan, A. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi guru PAUD berbasis Lingkungan Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/tarbiyah.v7i1.1056
Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105
Walker, K., Griffiths, C., & Jiang, H. (2023). Understanding the Underlying Mechanisms of Action for Successful Implementation of Social Prescribing. Journal of Preventive Medicine, 13(2). https://doi.org/10.4236/ojpm.2023.132004
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. Sage Publications Ltd.
Yulindasari, Fitria, & Nurlaili. (2020). Tantangan Profesionalisme guru PAUD dalam Integrasi Karakter dan Teknologi. Jurnal PAUD Terpadu, 4(1), 25–38.
Zulkarnaen, R., & Ruli, R. M. (2023). Efektivitas Self-Determination Theory Dalam Perilaku Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1547–1640. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17962
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Lutfi Anggraini, Ni Kadek Aris Rahmadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.