Strategi Pengembangan Diri Alumni Pondok Pesantren dalam Upaya Meningkatkan Kesiapan sebagai Calon Pendidik Anak Usia Dini

Authors

  • Anisa Lutfi Anggraini Universitas Negeri Semarang
  • Ni Kadek Aris Rahmadani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6466

Keywords:

Pengembangan Diri, Alumni Pondok Pesantren, Guru PAUD

Abstract

Urgensi dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana alumni pondok pesantren mempersiapkan diri menjadi pendidik anak usia dini (PAUD) yang profesional, mengingat peran strategis guru PAUD dalam membentuk karakter anak sejak usia dini dan masih minimnya kajian yang mengangkat kesiapan alumni pesantren dalam konteks tersebut. Meskipun dibekali nilai-nilai keislaman dan kedisiplinan, alumni pondok pesantren kerap menghadapi tantangan dalam adaptasi terhadap dunia pendidikan formal PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi pengembangan diri alumni pondok pesantren dalam meningkatkan kompetensi sebagai calon pendidik PAUD. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas lima alumni pondok pesantren yang sedang menjalani masa pengabdian di lembaga PAUD. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive dengan kriteria memiliki pengalaman mengajar minimal satu semester. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur dan observasi langsung, serta dokumentasi pendukung. Data dianalisis menggunakan metode analisis tematik yang meliputi tahap familiarisasi data, pengkodean awal, pencarian tema, peninjauan tema, penamaan tema, dan penyusunan laporan naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan diri dilakukan melalui observasi praktik lapangan, penyesuaian terhadap kurikulum PAUD, peningkatan kreativitas pembelajaran, dan kemampuan dalam mengelola emosi. Nilai-nilai pesantren seperti kedisiplinan, kesabaran, kerja sama, dan manajemen waktu turut mendukung kesiapan mereka dalam mengajar. Tantangan utama yang dihadapi meliputi tekanan peran ganda, minimnya pelatihan eksternal, dan proses adaptasi terhadap karakteristik anak usia dini. Meskipun demikian, alumni menunjukkan kesiapan profesional melalui proses refleksi, praktik langsung, dan strategi adaptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi antara nilai-nilai pesantren dan strategi pengembangan diri mampu membentuk kesiapan profesional alumni dalam dunia pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A., & Muawaroh, M. L. (2021). Pengabdian Purna Santri dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Santri Pondok Pesantren Nurul Cholil Bangkalan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 11(1), 87–108. https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.87-108

Amir, F., Haeruddin, Aryanti, C. A., Fatmawati, & Basoka, S. W. (2025). Pengaruh motivasi terhadap prestasi kerja nelayan anggota kelompok usaha bersama Buton Bersatu Kelurahan Bungkutoko Kecamatan Nambo Kota Kendari. Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan, 10(1), 97–104. https://doi.org/https://doi.org/10.33772/jsep.v10i1.185

Atsniyah, L., & Supradewi, R. (2019). Makna hidup santri pengabdian pondok pesantren Nurul Amal. Universitas Islam Sultan Agung, 361–366. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/8152

Basri, D., & Suryana, D. (2023). Analisis Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 709–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4126

Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis Teori Daniel Goleman dalam Perkembangan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. Journal of Psyehologi and Child Development, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent

Crewell, J. W. (1999). Qualitative Inquiry & Research Design. In social sciences-Methodology (second Edi, Vol. 77, Issue 4). Sage Publications Ltd. https://doi.org/10.1111/1467-9299.00177

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. In Prentice Hall, Inc. (Issue 1984). https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4

Lickona, T. (1991). Educating for Character_Lickona.pdf. Bantam Books. https://insuriponorogo.ac.id/digilib-pps/file_buku/37897a748286a9b08b5468e34a6dfa9c.pdf

Nabawi, M. (2023). Penerapan Scaffolding Pada Zone of Proximal Development (Zpd) Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri 2 Malang Kelas Xii Mipa 4. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(11), 3. https://doi.org/10.17977/um068.v3.i11.2023.3

Nadar, W., Yuni, Y., & Hardiyanto, L. (2021). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD: Menjadi Guru Profesional. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.945

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 1 (2007). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas16-2007KompetensiGuru.pdf

Permana, A. D., Kurniawan, E., & Amalia, L. L. (2023). The Comperhension of Reflective Practice among EFL Professional Teachers in Indonesia. ELTIN JOURNAL: Journal of English Language Teaching in Indonesia, 11(2), 183–192. https://doi.org/10.22460/eltin.v11i2.p183-192

Putri, E. E. (n.d.). Memahami Contextual Teaching and Learning (CTL). Pe.Feb.Unesa. https://pe.feb.unesa.ac.id/post/memahami-contextual-teaching-and-learning-ctl

Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986

Robbaniyah, Q., & Lina, R. (2022). Konstribusi Pemikiran Abu Nida` dalam Pengembangan Pendidikan Islam Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(1), 23–34. https://doi.org/10.59944/jipsi.v1i1.10

Saepuloh, A. (2019). Dampak Pola Pengembangan Diri Terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Eksplorasi Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 65–74. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/JEBK

Sari, A. R., & Pramudibyanto, H. (2021). Profesionalisme Guru Paud dalam Menghadapi Tantangan Abad 21. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 133–145. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1093

Setiawan, A. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi guru PAUD berbasis Lingkungan Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/tarbiyah.v7i1.1056

Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105

Walker, K., Griffiths, C., & Jiang, H. (2023). Understanding the Underlying Mechanisms of Action for Successful Implementation of Social Prescribing. Journal of Preventive Medicine, 13(2). https://doi.org/10.4236/ojpm.2023.132004

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. Sage Publications Ltd.

Yulindasari, Fitria, & Nurlaili. (2020). Tantangan Profesionalisme guru PAUD dalam Integrasi Karakter dan Teknologi. Jurnal PAUD Terpadu, 4(1), 25–38.

Zulkarnaen, R., & Ruli, R. M. (2023). Efektivitas Self-Determination Theory Dalam Perilaku Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1547–1640. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17962

Published

2025-08-01

How to Cite

Anggraini, A. L., & Rahmadani, N. K. A. (2025). Strategi Pengembangan Diri Alumni Pondok Pesantren dalam Upaya Meningkatkan Kesiapan sebagai Calon Pendidik Anak Usia Dini. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 1000–1012. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6466

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.