Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Dual Career Family

Authors

  • Diah Ayu Triutami Universitas Negeri Semarang
  • Yuli Kurniawati Sugiyo Pranoto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6467

Keywords:

Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini, Pengasuhan, Dual Career Family

Abstract

Kecerdasan emosional menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengelola perasaan dalam diri dan orang lain. Tidak semua orang tua mengasuh anaknya sendiri. Beberapa orang tua ada yang memilih untuk sama-sama bekerja. Keadaan ini menjadikan orang tua memerlukan pihak lain dalam pengasuhan anak. Kurangnya waktu orang tua untuk mengasuh anak tentunya akan berdampak pada perkembangan kecerdasan emosional anaknya. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang bagaimana perkembangan emosional anak usia dini dengan pengasuhan dual career family dan dampak pengasuhan dual career family bagi perkembangan kecerdasan emosional anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik observasi pada perilaku anak dan wawancara yang mendalam dengan orang tua serta wawancara dengan pengasuh sebagai informan tambahan. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling Peneliti melibatkan 4 subjek dengan kriteria anak usia 3-6 tahun dengan kedua orang tua yang bekerja dan memerlukan bantuan pengasuh untuk membantu pengasuhan anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode Miles & Huberman. Terdapat tiga jenis kegiatan dalam analisis data Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena dual career family menjadikan suatu keluarga kekurangan watu dalam pengasuhan anak. Anak dengan tipe dual career belum mampu mengambil tindakan yang baik ketika emosinya muncul, mudah marah dan bertindak agresif. Anak juga mudah menyerah saat melakukan sesuatu hal yang menurutnya sulit untuk diselesaikan tanpa mencoba terlebih dahulu. Kurangnya kesadaran tentang perasaan seseorang dan menyelesaikan konflik sosial dengan kekerasan juga belum dimiliki oleh anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghniarrahmah, C., Fridani, L., & Supena, A. (2022). Perkembangan Kemandirian dan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dalam Pengasuhan Dual Career Family. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 389–400. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1319

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Asri, D. N., & Suharni. (2021). Modifikasi Perilaku (D. Apriandi (ed.).

Astuti, S. W., Milyane, T. M., & Purnama, H. (2023). Mengelola Emosi Orang Tua dalam Proses Parenting kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1935–1943. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i9.445

Erdaliameta, A., Khurotunisa, R., Nana, & Tohani, E. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4521–4530. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4029

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fuadia, N. (2022). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 31–47. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i1.131

Hafiyah, H., & Arifin, Z. (2024). Perkembangan Sosial Anak dan Pengaruhnya Bagi Pendidikan: Ditinjau dari Kemampuan Emosional Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(2), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jipa.v2i2.652

Mahajan, R. (2020). Dual Career Couple: Explicit Challenges for Work-Life Combination. PalArch’s Journal of Archaeology Of Egypt, 17(6), 15052–15067. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/5741

Muttaqin, M. A., & Harahap, G. S. (2021). Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini pada Kegiatan Belajar Mengajar. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 256–268. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.4456

Nawafilaty, T. (2020). Pola Pengasuhan Alternative Dual Career Family Dalam Pemenuhan Kebutuhan Asih Anak. JCE (Journal of Childhood Education), 3(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v2i2.62

Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15397

Nurfajriani, W. V., Ilham, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10, 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272

Nursyahbani, C., Arbarini, M., & Pranoto, K. S. Y. (2022). Analisis Karakteristik Anak Usia Dini Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua di TPA Pena Prima Universitas PGRI Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pasca Sarjana, 24, 224–226.

Salsabila, D. I., & Wulandari, H. (2023). Peran Guru dalam Perkembangan Emosi pada Anak Usia Dini. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 3182–3188.

Sari, R. P. (2020). Motivasi Ibu Bekerja Dengan Tahap Perkembangan Keluarga Anak Usia Remaja di Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.131

Sukatin, Chofifah, N., Turiyana, Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Syafiqoh, I., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Peran keterlibatan ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 518–523. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1521

Tadjuddin, N., Soleh, S., & Nopriansyah, U. (2021). Kurikulum Penanaman Sikap Berbasis Kecerdasan Emosi Bagi Anak Usia Dini di Provinsi Lampung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 664–679. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.974

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Tumangkeng, S. Y. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi : Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32.

Wahyuni, & Rasyid, H. Al. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034–3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263

Zuroida, Q., Hafidah, R., & Fitrianingtyas, A. (2023). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dual-Career Family Terhadap Perkembangan Sosial-Emosionsl Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 13(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v13i1.78425

Published

2025-08-01

How to Cite

Triutami, D. A., & Pranoto, Y. K. S. (2025). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini dengan Pengasuhan Dual Career Family. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 977–988. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6467