Penerapan Media Story Stones Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Authors

  • Adhisty Septia Hidayat Universitas Muhammdiyah Jakarta
  • Pratiwi Kartika Sari Universitas Muhammdiyah Jakarta
  • Dinda Khomsaini Syawhas Universitas Muhammdiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6683

Keywords:

Media Pembelajaran, Story Stones, Keterampilan Bercerita, Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kemampuan bercerita merupakan salah satu keterampilan dasar berbahasa yang penting dikembangkan sejak dini karena mendukung literasi, berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III Sekolah Dasar melalui penerapan media Story Stones. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas III SDN Sudimara 01 Ciledug. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian performa siswa dalam bercerita. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengukur ketuntasan belajar, dan kualitatif untuk mengevaluasi keterlibatan serta perkembangan narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 18,5% pada pra-siklus menjadi 55,6% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 92,6% pada siklus II. Selain itu, partisipasi aktif siswa juga mengalami peningkatan signifikan. Media Story Stones terbukti efektif dalam membantu siswa menyusun ide cerita, memperbaiki struktur narasi, serta meningkatkan rasa percaya diri dalam bercerita. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, A., Rahmadita, A. A., & Putri, A. A. (2023). Analisis permasalahan dalam penerapan media pembelajaran inovatif mata pelajaran IPA di SD pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 9-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i1.103

Badryah, P., & Ardiansyah, M. (2024). Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II SD Inpres Galung (Vol. 3, Issue 3). https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57416

Caesar, Y. C., Astuti, P., & Pratama, H. (2025). Enhancing Preschooler's Spoken Narrative Skills Through Student-Teacher Interactions at Singapore Intercultural School Semarang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1062-1071. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1561

Endah, S. R., Hendischa, C., Nurcholidah, A. R., & Fitri, H. N. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Pembelajaran Story Telling Di Kota Bekasi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar., 8(1), 64–76. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.22664

Fadhilla, N., & Suriani, A. (2025). Implementasi Metode Pembelajaran Bercerita untuk Menigkatkan Kemampuan Membaca Anak di Sekolah Dasar. Aljabar: Jurnal Ilmuan Pendidikan, Matematika dan Kebumian, 1(2), 01-09. https://doi.org/10.62383/aljabar.v1i2.499

Fitriya, A. P., Rahmawati, N. D., Saadah, K., & Siswanto, J. (2024). Pemanfaatan multimedia interaktif sebagai inovasi media pembelajaran berbasis teknologi pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV sekolah dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1512-1522. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3232

Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019, June). The application of contextual teaching and learning in natural science to improve student’s HOTS and self-efficacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1233, No. 1, p. 012106). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106

Idelia, R. F., Rahmadhani, Y. I., Widodo, S. T., Indah, N., Wahyuni, & Ery, I. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Visual dan Konkrit dalam Implementasi Aturan dan Norma di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Tambangan 02. 8, 50382–50390.

Karina, F. H., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Penerapan Media Gambar Seri Di Kelas Rendah. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 14-22. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v4i1.19406

Khadijah, K., Putri, H. A., Akhiriyah, A. F., Nasution, A. Z., Pratiwi, E. S., Harahap, M. J., & Rahmawati, N. (2024). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 137-146. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2860

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Purwoko, H., & Suryani, F. B. (2022). The Storytelling Method in Javanese Assisted by Loose Parts Media for Kindergarten Children. Journal of Psychology and Instruction, 6(2), 87-92. https://doi.org/10.23887/jpai.v6i2.52447

Puspitasari, J. (2022). Penerapan Teknik Dramatisasi Melalui Media Cerita Bergambar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas I SDN Kajang Sawahan. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 15-21. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.194

Sandi, R. P., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2023). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Dengan Menggunakan Metode Bercerita. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 133-142. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1429

Sari, P. K., & Qonita, D. N. (2024). QR Code-Based Digital Media for Scientific Literacy Skills Enhancement of Elementary School Students. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 63-83. https://doi.org/10.21009/jtp.v26i1.43285

Sarwinda, K., Rohaeti, E., & Fatharani, M. (2020). The development of audio-visual media with contextual teaching learning approach to improve learning motivation and critical thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 98-114. https://doi.org/10.33292/petier.v2i2.12

Selfiyanti, B., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peningkatan literasi berbicara menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas II SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 59-68.

Siregar, I., T.Salmah, Hartati, T., & Nola, I. S. (2024). Refleksi Dan Evaluasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–47.

Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi refleksi dan evaluasi penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114-123.

Sudarti, Y., & Yulita, K. (2023). Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Hasil Karya untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3755-3763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4593

Sulistyowati, D. (2022). Meningkatakan kemampuan menyimak melalui metode permainan mencari harta karun pada siswa SD Negeri Sumbergandu 01. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 29-37. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.197

Widiantari, N. M., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Model Pembelajaran Story Telling Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 614-623. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64760

Published

2025-09-02

How to Cite

Hidayat, A. S., Sari, P. K., & Syawhas, D. K. (2025). Penerapan Media Story Stones Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1187–1198. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6683

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.