Penerapan Media Story Stones Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6683Keywords:
Media Pembelajaran, Story Stones, Keterampilan Bercerita, Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Kemampuan bercerita merupakan salah satu keterampilan dasar berbahasa yang penting dikembangkan sejak dini karena mendukung literasi, berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III Sekolah Dasar melalui penerapan media Story Stones. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas III SDN Sudimara 01 Ciledug. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian performa siswa dalam bercerita. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengukur ketuntasan belajar, dan kualitatif untuk mengevaluasi keterlibatan serta perkembangan narasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 18,5% pada pra-siklus menjadi 55,6% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 92,6% pada siklus II. Selain itu, partisipasi aktif siswa juga mengalami peningkatan signifikan. Media Story Stones terbukti efektif dalam membantu siswa menyusun ide cerita, memperbaiki struktur narasi, serta meningkatkan rasa percaya diri dalam bercerita. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang menarik, kontekstual, dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah.
Downloads
References
Aulia, A., Rahmadita, A. A., & Putri, A. A. (2023). Analisis permasalahan dalam penerapan media pembelajaran inovatif mata pelajaran IPA di SD pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 9-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i1.103
Badryah, P., & Ardiansyah, M. (2024). Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II SD Inpres Galung (Vol. 3, Issue 3). https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57416
Caesar, Y. C., Astuti, P., & Pratama, H. (2025). Enhancing Preschooler's Spoken Narrative Skills Through Student-Teacher Interactions at Singapore Intercultural School Semarang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1062-1071. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1561
Endah, S. R., Hendischa, C., Nurcholidah, A. R., & Fitri, H. N. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Pembelajaran Story Telling Di Kota Bekasi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar., 8(1), 64–76. https://doi.org/10.22437/gentala.v8i1.22664
Fadhilla, N., & Suriani, A. (2025). Implementasi Metode Pembelajaran Bercerita untuk Menigkatkan Kemampuan Membaca Anak di Sekolah Dasar. Aljabar: Jurnal Ilmuan Pendidikan, Matematika dan Kebumian, 1(2), 01-09. https://doi.org/10.62383/aljabar.v1i2.499
Fitriya, A. P., Rahmawati, N. D., Saadah, K., & Siswanto, J. (2024). Pemanfaatan multimedia interaktif sebagai inovasi media pembelajaran berbasis teknologi pada pembelajaran pendidikan Pancasila kelas IV sekolah dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1512-1522. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3232
Haryanto, P. C., & Arty, I. S. (2019, June). The application of contextual teaching and learning in natural science to improve student’s HOTS and self-efficacy. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1233, No. 1, p. 012106). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012106
Idelia, R. F., Rahmadhani, Y. I., Widodo, S. T., Indah, N., Wahyuni, & Ery, I. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Visual dan Konkrit dalam Implementasi Aturan dan Norma di Lingkungan Sekitar Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Tambangan 02. 8, 50382–50390.
Karina, F. H., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Penerapan Media Gambar Seri Di Kelas Rendah. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 14-22. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v4i1.19406
Khadijah, K., Putri, H. A., Akhiriyah, A. F., Nasution, A. Z., Pratiwi, E. S., Harahap, M. J., & Rahmawati, N. (2024). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 137-146. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2860
Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2022-12. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Purwoko, H., & Suryani, F. B. (2022). The Storytelling Method in Javanese Assisted by Loose Parts Media for Kindergarten Children. Journal of Psychology and Instruction, 6(2), 87-92. https://doi.org/10.23887/jpai.v6i2.52447
Puspitasari, J. (2022). Penerapan Teknik Dramatisasi Melalui Media Cerita Bergambar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas I SDN Kajang Sawahan. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 15-21. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.194
Sandi, R. P., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2023). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Dengan Menggunakan Metode Bercerita. Cendekia: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(3), 133-142. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1429
Sari, P. K., & Qonita, D. N. (2024). QR Code-Based Digital Media for Scientific Literacy Skills Enhancement of Elementary School Students. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 63-83. https://doi.org/10.21009/jtp.v26i1.43285
Sarwinda, K., Rohaeti, E., & Fatharani, M. (2020). The development of audio-visual media with contextual teaching learning approach to improve learning motivation and critical thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 98-114. https://doi.org/10.33292/petier.v2i2.12
Selfiyanti, B., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peningkatan literasi berbicara menggunakan media gambar berseri pada siswa kelas II SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 59-68.
Siregar, I., T.Salmah, Hartati, T., & Nola, I. S. (2024). Refleksi Dan Evaluasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–47.
Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi refleksi dan evaluasi penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114-123.
Sudarti, Y., & Yulita, K. (2023). Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Hasil Karya untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3755-3763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4593
Sulistyowati, D. (2022). Meningkatakan kemampuan menyimak melalui metode permainan mencari harta karun pada siswa SD Negeri Sumbergandu 01. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 29-37. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.197
Widiantari, N. M., & Kristiantari, M. G. R. (2023). Model Pembelajaran Story Telling Berbantuan Buku Cerita Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(3), 614-623. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i3.64760
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adhisty Septia Hidayat, Pratiwi Kartika Sari, Dinda Khomsaini Syawhas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.