Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, dan Media Kolase

Authors

  • Syifana Aulia Fadliani Universitas Lambung Mangkurat
  • Maimunah Maimunah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6756

Keywords:

Kemampuan Motorik Halus, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Metode Demonstrasi, Media Kolase, Anak Usia Dini

Abstract

Fokus utama pada riset ini yaitu rendahnya kemampuan motorik halus anak, terutama dalam aktivitas menempel gambar dengan akurat. Tujuan riset ini yaitu guna menggambarkan secara komprehensif peran guru, tingkat keaktifan anak, serta hasil perkembangan keterampilan motorik halus selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode yang dimanfaatkan pada  riset ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 4 sesi pertemuan. Riset ini melibatkan partisipasi 13 anak dari kelompok B di TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin sebagai subjek riset. Data dikumpulkan dengan teknik observasi sistematis. Temuan riset memperlihatkan hasil yang progresif: (1) Aktivitas guru meningkat dari kategori “Cukup Baik” pada pertemuan pertama hingga mencapai kategori “Sangat Baik” pada pertemuan keempat. (2) Partisipasi anak pun mengalami peningkatan signifikan, dari hanya 31% anak yang aktif (kategori “Hampir Seluruh Anak Tidak Aktif”) menjadi 84% (kategori “Seluruh Anak Aktif”) pada pertemuan terakhir. (3) Hasil perkembangan motorik halus anak juga memperlihatkan kenaikan persentase 23% menjadi 85%, dengan kategori “Berkembang Sangat Baik”. Dari keseluruhan proses bisa disimpulkan penerapan model project based learning yang dipadukan dengan metode demonstrasi serta penggunaan media kolase sukses mendorong keterlibatan aktif anak dan mendukung perkembangan motorik halus mereka secara optimal, demikian semua anak bisa bertambah baik serta lebih aktif saat pengajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, N. , & A. N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tk It Al-Farabi. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal:

Anggraeni, S. N., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kolase Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 10–21

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Aslamiah, & Riandy, A. A. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan Ipa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5B Sdn Sungai Miai 7. Jurnal Paradigma, 10(1), 1689–1699.

Cardona, F., & Maimunah, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Model Numbered Head Together, Talking Stick Dan Permainan Bendera Pintar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 42-51.

Elfandi. (2021). Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Metode Demonstrasi. 3, 15–25.

Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.

Febriana, A., & Kusumaningtyas, L. E. (2017). Meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok b usia 5-6 tahun.

Fitrianingsih, F., Daulay, MI, & Pebriana, PH (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Media Ketepeng Daun. Aula: Jurnal Anak Usia Dini , 1 (1), 8-17.

Gerungan, N. (2019). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah. Klabat Journal of Nursing, 1(1), 15-21.

Hariyanto, & Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222.

Hendrayana, S. P., Debibik, N. F., & Rina, S. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 130–141.

Hidayat, A. (2021b). Menulis Narasi Kreatif dengan Model Project Based Learning dan Musik Instrumental Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Deepublish.

Hidayati, F. T., & Utsman, U. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Aktivitas Belajar Terhadap Kemandirian Anak Rentan Jalanan Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 27–

Junita, N. P., Ilyas, S. N., & Alriani, I. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Peserta Didik Kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 9-17.

Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 40-58.

Khadijah, & Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Kencana.

Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295.

Maghfiroh, S. & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai ,

Makhmudah, S., Anggraini, F. S., & FN, A. A. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Guepedia.

Maryam, S. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase pada anak kelompok a ra nurul jadid.

Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nikmah, I. N. S. (2023). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik Materi Pertumbuhan Perkembangan dan Metamorfosis Hewan di MI Islamiyah Sumber Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023. IAIN Kudus.

Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 220–230.

Nurleni, S., & Anggreani, C. (2022). Mengembangkan Rasa Percaya Diri melalui Model Direct Instruction, Metode Role Playing Berbasis Cerita Daerah. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 1–7.

Pane, A & Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131- 140

Putri, S., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 130-141.

Ramadina, N., & Cinantya, C. (2022). Mengembangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kelompok a Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20.

Rohmaniah, C., & Ramadhan. (2019). Referensi gambar mewarnai, kolase, montase,mozaik dan aplikasi. PGRI Prov kalbar.

Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. MOTORIC, 1(1), 10-10.

Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini, 1(1), 10-10

Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sriyanto, A., Muchlisin, M. A., & Dewi, K. (2022). Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak TK B Aisyiyah Pandean Kab. Ngawi. Jurnal PGPAUD Pelita Bangsa, 2(2).

Sugiyono. (2018). Metoda Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt Alfabeta.

Sukmawati, A., Rahman, T., & Giyartini, R. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Paud Agapedia, 5(2), 246-252.

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247.

Sutari. (2018). Penggunaan Media Kolase Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Ra Baiturrahman Rejomulyo Jati Agung Lampung Selatan.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Trisnawati, Akip, M., & Akbar, K. (2020). “Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Audio Visual terhadap Gerakan Salat Siswa Kelas II SDN 2 Nanga Man.” Jurnal Pendidikan Dasar, http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/255 8(1), 29–37

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi model ATIK dalam meningkatkan motorik halus pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384-5396.

Wiyani, A. N. (2016). Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta: Gava Media.

Published

2025-09-25

How to Cite

Fadliani, S. A., & Maimunah, M. (2025). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, dan Media Kolase. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1234–1245. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6756

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.