Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Model Project Based Learning, Metode Demonstrasi, dan Media Kolase
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6756Keywords:
Kemampuan Motorik Halus, Model Pembelajaran, Project Based Learning, Metode Demonstrasi, Media Kolase, Anak Usia DiniAbstract
Fokus utama pada riset ini yaitu rendahnya kemampuan motorik halus anak, terutama dalam aktivitas menempel gambar dengan akurat. Tujuan riset ini yaitu guna menggambarkan secara komprehensif peran guru, tingkat keaktifan anak, serta hasil perkembangan keterampilan motorik halus selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Metode yang dimanfaatkan pada riset ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 4 sesi pertemuan. Riset ini melibatkan partisipasi 13 anak dari kelompok B di TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin sebagai subjek riset. Data dikumpulkan dengan teknik observasi sistematis. Temuan riset memperlihatkan hasil yang progresif: (1) Aktivitas guru meningkat dari kategori “Cukup Baik” pada pertemuan pertama hingga mencapai kategori “Sangat Baik” pada pertemuan keempat. (2) Partisipasi anak pun mengalami peningkatan signifikan, dari hanya 31% anak yang aktif (kategori “Hampir Seluruh Anak Tidak Aktif”) menjadi 84% (kategori “Seluruh Anak Aktif”) pada pertemuan terakhir. (3) Hasil perkembangan motorik halus anak juga memperlihatkan kenaikan persentase 23% menjadi 85%, dengan kategori “Berkembang Sangat Baik”. Dari keseluruhan proses bisa disimpulkan penerapan model project based learning yang dipadukan dengan metode demonstrasi serta penggunaan media kolase sukses mendorong keterlibatan aktif anak dan mendukung perkembangan motorik halus mereka secara optimal, demikian semua anak bisa bertambah baik serta lebih aktif saat pengajaran
Downloads
References
Amelia, N. , & A. N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tk It Al-Farabi. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal:
Anggraeni, S. N., Mulyana, E. H., & Giyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kolase Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 10–21
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Aslamiah, & Riandy, A. A. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan Ipa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5B Sdn Sungai Miai 7. Jurnal Paradigma, 10(1), 1689–1699.
Cardona, F., & Maimunah, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Model Numbered Head Together, Talking Stick Dan Permainan Bendera Pintar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 42-51.
Elfandi. (2021). Mengembangkan Motorik Halus Anak Melalui Metode Demonstrasi. 3, 15–25.
Fathurrohman, M. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group.
Febriana, A., & Kusumaningtyas, L. E. (2017). Meningkatkan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok b usia 5-6 tahun.
Fitrianingsih, F., Daulay, MI, & Pebriana, PH (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Media Ketepeng Daun. Aula: Jurnal Anak Usia Dini , 1 (1), 8-17.
Gerungan, N. (2019). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah. Klabat Journal of Nursing, 1(1), 15-21.
Hariyanto, & Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222.
Hendrayana, S. P., Debibik, N. F., & Rina, S. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 130–141.
Hidayat, A. (2021b). Menulis Narasi Kreatif dengan Model Project Based Learning dan Musik Instrumental Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Deepublish.
Hidayati, F. T., & Utsman, U. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Aktivitas Belajar Terhadap Kemandirian Anak Rentan Jalanan Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 27–
Junita, N. P., Ilyas, S. N., & Alriani, I. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Motoric Halus Peserta Didik Kelompok B TK IT Mumtazah Kota Bengkulu. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 9-17.
Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 40-58.
Khadijah, & Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Kencana.
Magdalena, I., Fauziah, S., Sari, P. W., & Berliana, N. (2020). Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 283–295.
Maghfiroh, S. & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai ,
Makhmudah, S., Anggraini, F. S., & FN, A. A. (2020). Perkembangan Motorik AUD. Guepedia.
Maryam, S. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase pada anak kelompok a ra nurul jadid.
Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nikmah, I. N. S. (2023). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran Tematik Materi Pertumbuhan Perkembangan dan Metamorfosis Hewan di MI Islamiyah Sumber Rembang Tahun Pelajaran 2022/2023. IAIN Kudus.
Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Bermuatan Budaya Lokal Tepian Sungai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 220–230.
Nurleni, S., & Anggreani, C. (2022). Mengembangkan Rasa Percaya Diri melalui Model Direct Instruction, Metode Role Playing Berbasis Cerita Daerah. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 1–7.
Pane, A & Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131- 140
Putri, S., Fauziah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 130-141.
Ramadina, N., & Cinantya, C. (2022). Mengembangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kelompok a Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20.
Rohmaniah, C., & Ramadhan. (2019). Referensi gambar mewarnai, kolase, montase,mozaik dan aplikasi. PGRI Prov kalbar.
Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini. MOTORIC, 1(1), 10-10.
Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi pembelajaran project based learning untuk anak usia dini, 1(1), 10-10
Shoimin, A. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sriyanto, A., Muchlisin, M. A., & Dewi, K. (2022). Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak TK B Aisyiyah Pandean Kab. Ngawi. Jurnal PGPAUD Pelita Bangsa, 2(2).
Sugiyono. (2018). Metoda Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt Alfabeta.
Sukmawati, A., Rahman, T., & Giyartini, R. (2021). Media Mozaik Untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Paud Agapedia, 5(2), 246-252.
Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247.
Sutari. (2018). Penggunaan Media Kolase Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Ra Baiturrahman Rejomulyo Jati Agung Lampung Selatan.
Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Trisnawati, Akip, M., & Akbar, K. (2020). “Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Audio Visual terhadap Gerakan Salat Siswa Kelas II SDN 2 Nanga Man.” Jurnal Pendidikan Dasar, http://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JPD/article/view/255 8(1), 29–37
Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi model ATIK dalam meningkatkan motorik halus pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384-5396.
Wiyani, A. N. (2016). Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta: Gava Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syifana Aulia Fadliani, Maimunah Maimunah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.