Sinergi Peran Guru dan Orang Tua dalam Optimalisasi Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SD Negeri 02 Masbagik Timur

Authors

  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi
  • Doni Septu Marsa Ibrahim Universitas Hamzanwadi
  • Moh. Yudi Nursyaid Universitas Hamzanwadi
  • Lalu Parhanuddin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6915

Keywords:

Peran Guru, Orang Tua, Kecerdasan Emosional, Siswa Sekolah Dasar, Kualitatif

Abstract

Urgensi penelitian ini berdasar pada siswa sekolah yang memiliki keragaman karakter peserta didik serta latar belakang keluarga yang heterogen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi guru dan orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di SD Negeri 02 Masbagik Timur. Fokus kajian meliputi peran guru sebagai model, motivator, dan evaluator di sekolah, serta peran orang tua sebagai pembimbing, pengawas, fasilitator, dan teman di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan guru, orang tua, dan peserta didik sebagai informan utama. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sumber untuk menjaga validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi peran guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak, khususnya dalam kemampuan mengenali, mengelola emosi, membangun empati, serta meningkatkan keterampilan sosial. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi intensif antara sekolah dan keluarga mampu memperkuat perkembangan emosional peserta didik sehingga mendukung kesiapan mereka dalam belajar dan bersosialisasi secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Hakim N, & Nirwana, N. (2022). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 139–150. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.369

Amalia, I. R., Khamdun, K., & Fathurohman, I. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Wonorejo Jepara. Jurnal inovasi penelitian, 2(4), 1271-1280. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.782

Anisah, A. S., Katmajaya, S. S., Hakam, K. A., Syaodih, E., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap sosial pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434-443. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178

Armadani, A., & Arifani, Y. (2024). Peran guru dalam membangun kecerdasan emosional peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–63. https://doi.org/10.37301/cerdas.v12i1.230

Aulia, H. (2024). Upaya Meningkatkan Perkembangan Emosional Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 4(3), 1960-1967.

Baba, M. A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Aksara Timur.

Bariyyah, Q., & Latifah, A. (2019). Kecerdasan emosional dalam pembelajaran anak usia sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 101–112.

Faudillah, A. N., Khadijah, K., Putri, H. A., Munthe, A. F., & Ramdhani, A. S. (2024). Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional pada Anak. AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(1), 13-18.

Juliastuti, N. I. N., Sugiarti, & Mudita, I. W. (2020). Peran orang tua dalam mengatasi seks bebas remaja hindu di desa lolimori. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11, 123–136. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v11i2.321

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi dan Menolong pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703

Khairunnisa, K., Khadijah, K., & Araminta, N. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Aud. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10353-10360.

Muckromin, A., Wulandari, M. D., & Darsinah, D. (2022). Perkembangan Emosi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 39-47. https://doi.org/10.5281/zenodo.6961142

Naba, A. H., & Nirwana. (2022). Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 45–53. https://doi.org/10.70688/almisbah.v6i1%20Juni.91

Nofrika, D. S. (2022). Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 110–114. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.57

Novianti, Z. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak di TK Aisiyah Bustanul Atfal Sukajawa Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 83–97. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1142

Nur, F. (2025). Analisis Strategi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Semarang. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(5), 1-10. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i5.1

Nurrohman, N., & Hidayat, M. Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Fikih dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 407-416. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i1.1840

Nurwahida, N. I. M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sma Muhammadiyah Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Parepare).

Rahayu, D. R., Yulianti, Y., Fadillah, A. E., Lestari, E., Faradila, F., & Fitriana, D. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 887–892. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189

Ramadhani, A. M. (2025). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini: Studi Literatur. ipaud, 1(2).

Rohayani, F. (2020). Menjawab problematika yang dihadapi anak usia dini di masa pandemi COVID- 19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1),29–50. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Saefullah, A., Aisha, N., Lesmana, A. S., Holiza, N. E., & Ibad, K. (2023). Peran Orang Tua, Masyarakat dan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 03 Sukadana. Journal on Education, 5(4), 13057-13066.

Yanti, R., & Putri, D. N. (2020). Penerapan Ice Breaker Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Tematik. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 128–132. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.627

Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran orang tua dalam mendampingi anak menggunakan media sosial di tengah pandemi covid-19. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143

Published

2025-10-14

How to Cite

Husni, M., Ibrahim, D. S. M., Nursyaid, M. Y., & Parhanuddin, L. (2025). Sinergi Peran Guru dan Orang Tua dalam Optimalisasi Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SD Negeri 02 Masbagik Timur . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1382–1399. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6915

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.