Sinergi Peran Guru dan Orang Tua dalam Optimalisasi Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SD Negeri 02 Masbagik Timur
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6915Keywords:
Peran Guru, Orang Tua, Kecerdasan Emosional, Siswa Sekolah Dasar, KualitatifAbstract
Urgensi penelitian ini berdasar pada siswa sekolah yang memiliki keragaman karakter peserta didik serta latar belakang keluarga yang heterogen. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi guru dan orang tua dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di SD Negeri 02 Masbagik Timur. Fokus kajian meliputi peran guru sebagai model, motivator, dan evaluator di sekolah, serta peran orang tua sebagai pembimbing, pengawas, fasilitator, dan teman di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan guru, orang tua, dan peserta didik sebagai informan utama. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan teknik triangulasi sumber untuk menjaga validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi peran guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak, khususnya dalam kemampuan mengenali, mengelola emosi, membangun empati, serta meningkatkan keterampilan sosial. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi intensif antara sekolah dan keluarga mampu memperkuat perkembangan emosional peserta didik sehingga mendukung kesiapan mereka dalam belajar dan bersosialisasi secara optimal.
Downloads
References
Abd. Hakim N, & Nirwana, N. (2022). Peranan Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(2), 139–150. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i2.369
Amalia, I. R., Khamdun, K., & Fathurohman, I. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Wonorejo Jepara. Jurnal inovasi penelitian, 2(4), 1271-1280. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.782
Anisah, A. S., Katmajaya, S. S., Hakam, K. A., Syaodih, E., & Zakiyyah, W. L. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap sosial pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(1), 434-443. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1178
Armadani, A., & Arifani, Y. (2024). Peran guru dalam membangun kecerdasan emosional peserta didik. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–63. https://doi.org/10.37301/cerdas.v12i1.230
Aulia, H. (2024). Upaya Meningkatkan Perkembangan Emosional Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 4(3), 1960-1967.
Baba, M. A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar: Aksara Timur.
Bariyyah, Q., & Latifah, A. (2019). Kecerdasan emosional dalam pembelajaran anak usia sekolah dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(2), 101–112.
Faudillah, A. N., Khadijah, K., Putri, H. A., Munthe, A. F., & Ramdhani, A. S. (2024). Peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional pada Anak. AMI: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(1), 13-18.
Juliastuti, N. I. N., Sugiarti, & Mudita, I. W. (2020). Peran orang tua dalam mengatasi seks bebas remaja hindu di desa lolimori. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 11, 123–136. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v11i2.321
Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi dan Menolong pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33. https://doi.org/https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703
Khairunnisa, K., Khadijah, K., & Araminta, N. (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Aud. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 10353-10360.
Muckromin, A., Wulandari, M. D., & Darsinah, D. (2022). Perkembangan Emosi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(13), 39-47. https://doi.org/10.5281/zenodo.6961142
Naba, A. H., & Nirwana. (2022). Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 45–53. https://doi.org/10.70688/almisbah.v6i1%20Juni.91
Nofrika, D. S. (2022). Pandangan Orang Tua Tentang Pembelajaran Daring Untuk Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 110–114. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.57
Novianti, Z. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak di TK Aisiyah Bustanul Atfal Sukajawa Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Nur, A., & Malli, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Islamic Journal: Pendidikan Agama Islam, 1(1), 83–97. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v3i1.1142
Nur, F. (2025). Analisis Strategi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Semarang. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(5), 1-10. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i5.1
Nurrohman, N., & Hidayat, M. Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Fikih dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di SMK Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 407-416. https://doi.org/10.69896/modeling.v10i1.1840
Nurwahida, N. I. M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sma Muhammadiyah Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Parepare).
Rahayu, D. R., Yulianti, Y., Fadillah, A. E., Lestari, E., Faradila, F., & Fitriana, D. (2023). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 887–892. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1189
Ramadhani, A. M. (2025). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini: Studi Literatur. ipaud, 1(2).
Rohayani, F. (2020). Menjawab problematika yang dihadapi anak usia dini di masa pandemi COVID- 19. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1),29–50. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310
Saefullah, A., Aisha, N., Lesmana, A. S., Holiza, N. E., & Ibad, K. (2023). Peran Orang Tua, Masyarakat dan Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 03 Sukadana. Journal on Education, 5(4), 13057-13066.
Yanti, R., & Putri, D. N. (2020). Penerapan Ice Breaker Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Tematik. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 128–132. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.627
Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). Peran orang tua dalam mendampingi anak menggunakan media sosial di tengah pandemi covid-19. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Husni, Doni Septu Marsa Ibrahim, Moh. Yudi Nursyaid, Lalu Parhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.