Pengembangan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Media Pembelajaran dalam Pelaksanaan Assesmen Formatif
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6946Keywords:
Pengembangan, Permainan Tradisional Engklek, Media Pembelajaran, Assesmen Formatif, ADDIEAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah perlunya media pembelajaran yang tidak hanya menarik, tetapi juga praktis digunakan dalam pelaksanaan asesmen formatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik. Asesmen formatif memiliki peran penting dalam mengetahui pemahaman siswa secara berkelanjutan, sehingga dibutuhkan media yang mampu membantu guru menilai sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi angket penilaian dari validator serta instrumen penilaian siswa melalui uji coba lapangan. Analisis data dilakukan melalui penilaian kelayakan media oleh ahli materi, ahli media, ahli desain, serta analisis respons guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa permainan tradisional engklek pada asesmen formatif di kelas III SDK Mbakaondo dinilai sangat layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil validasi yang diperoleh, yaitu penilaian ahli media sebesar 95%, ahli materi 92,5%, ahli desain 95%, serta uji coba produk dengan respons guru sebesar 88% dan respons siswa sebesar 87%. Persentase tersebut menegaskan bahwa media engklek efektif dalam mendukung proses pembelajaran. Dengan demikian, simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pelaksanaan asesmen formatif. Media ini tidak hanya membantu guru dalam menilai, tetapi juga mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik.
Downloads
References
Aktorida, N. T. D., Asep, A. S. E., & Hajani, T. J. (2022). Pengembangan permainan engklek pada pembelajaran tema 7 kelas V SD Negeri 5 Lubuklinggau. Linggau Journal Science Education (LJSE), 2(2), 164-173. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.325
Anas, M. H., Bakti, S., Nasril, Y., & Adawiyah, R. (2025). Analisis perkembangan kurikulum pendidikan nasional di Indonesia dari kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka: Studi literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1259–1272. https://doi.org/10.58230/27454312.1978
Anas, S. (2012). Pengantar statistik pendidikan (Cet. 24). PT Raja Grafindo Persada.
Annisa, C., Fauziah, A., & Erawati, E. (2020). Engklek Gen 4.0 (Studi etnomatematika: Permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran matematika). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1), 33–48. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2499
Annisa, P. (2024). Pengembangan model permainan tradisional engklek untuk meningkatkan matematika permulaan pada anak kelompok A di RA Umdi Ujung Lare (Disertasi doktor, IAIN Parepare).
Astuti, N. P. E., Margunayasa, I. G., Suarni, N. K., Wirawan, I. P. H., & Sulastra, P. (2024). Permasalahan asesmen pada Kurikulum Merdeka. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2954
Baruta, Y. (2023). Asesmen pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penerbit P4I.
Cahyani, N. D., Islami, C. C., Gustiana, E., & Cahyani, N. (2025). Pengaruh teknik permainan tradisional engklek terhadap perkembangan pada anak usia dini di RA Fatahlah. Jambura Early Childhood Education Journal, 7(2), 488–501. https://doi.org/10.37411/jecej.v7i2.4161
Harahap, N. S., & Jaelani, A. (2022). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek. Paradikma, 15(1), 86–90. https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.35995
Herniawati, A., Hidayat, Y., Ernasari, S., & Susanti, E. (2024). Analisis penggunaan permainan tradisional engklek terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5–6 tahun di PAUD Mawar. JOECE: Journal of Early Childhood Education, 1(1), 30–43. https://doi.org/10.61580/joece.v1i1.35
Indarta, Y., Ambiyar, A., Samala, A. D., & Watrianthos, R. (2022). Metaverse: Tantangan dan peluang dalam pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3351-3363. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2615
Khoerunnissa, N. R., Sunaryo, Y., & Zakiah, N. E. (2023). Permainan tradisional engklek sebagai media pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Keguruan dan Ilmu Pendidikan 1(1), 63-72.
Nasron, N., Nurhasanah, N., Suranda, N., & Khadafi, M. (2024). Macam-macam perkembangan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di Indonesia. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 14043–14057. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2954
Nasution, S. W. (2022). Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.30596/ejoes.v4i3.16853
Noviarti, A., & Ismet, S. (2021). Analisis pengembangan motorik kasar anak usia dini dalam permainan tradisional engklek. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 222–230. https://doi.org/10.24256/cendekia.v4i1.1978
Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86–100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883
Raihana, R., & Sari, B. F. (2021). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5–6 tahun. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 74–83. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2021.vol4(2).6743
Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi perkembangan anak usia dini melalui permainan tradisional engklek. Edu Publisher.
Sumawartini, S., & Septiyana, H. (2024). The importance of communicative competence assessment and measurement in language teaching and learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 699–704. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1160
Tasiah, N., & Nurdjan, S. (2023). Media pembelajaran berbasis permainan tradisional engklek untuk mengembangkan pemahaman literasi membaca peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 38–49. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i1.927
Turubarova, A., Pozdniakova-Kyrbiatieva, E., Hordiienko, N., & Zherebtsova, T. (2025). The influence of color on the psycho-emotional state of individuals across different age periods. Public Administration and Law Review, 2(22), 111–125. https://doi.org/10.36690/2674-5216-2025-2-111-125
Wariyanti, W., Nur, W., & Ananda, R. (2022). Perkembangan aspek sosial emosional dan sains anak usia dini melalui permainan tradisional engklek. Jurnal Basicedu, 6(3), 5351–5361. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2848
Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Oliva Rivanny, Afrianus Pakai

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.