Penggunaan Metode Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII–F SMP Negeri 1 Rancaekek
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1205Keywords:
Model Think Talk Write, Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Permasalahan pokok yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Materi Apresiasi puisi siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Rancaekek. Dari studi awal yang dilakukan di sekolah, ditemukan beberapa indikator yang menunjukkan rendahnya Hasil Belajar Materi Apresiasi siswa di sekolah. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kajian tentang upaya meningkatkan Hasil Belajar Materi Apresiasi puisi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Rancaekek menggunakan Model Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-F SMP N 1 Rancaekek dengan siswa berjumlah 24 siswa dalam penelitian ini. Penelitian ini yang melalui 2 siklus perbaikan. Berdasarkan hasil penelitain Pada siklus I nilai siswa yang berhasil mendapatkan nilai KKM yaitu sebanyak 32%. Sedangkan pada perbaikan pembelajaran di siklus II siswa yang berhasil mencapai KKM 90%. Dengan kesimpulan bahwa hasil pembelajaran Bahasa Indonesia materi apresiasi puisi dapat meningkat dengan menggunakan metode think Talk Write.
Downloads
References
Dewi, N. W. Y., Made Sumantri, M. P., & Riastini, P. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas III SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).
Hartanto (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dengan Bantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang” Skripsi JIPF-UNSRI
Ibrahim, A. I., & Nurmalasari, F. (2012). Mini Book Master Bahasa Indonesia & Inggris.
Khusna A, Sulianto J, & Widyaningrum A. (2017) “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write(Ttw) berbantuan Media CD Interaktif pada mata pelajaran ipa terhadap hasil belajar siswa. Skripsi Universitas PGRI Semarang.
Masri, R. & Sareb. 2007. How to Write. Bandung: Kolbu.
Sofiyatul, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Telepon Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Think Talk Write Siswa Kelas III Mi Al Qodir Wage Taman Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Sugiyono (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Suharsimi A, (2007). Prosedur Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta
Susanto, A. M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Wirhadit, K., & Wardhani, I. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wirhadit, K., & Wardhani, I. (2017), Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) –PGSD, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.