Penggunaan Metode Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII–F SMP Negeri 1 Rancaekek

Authors

  • Lien Herlina SMP Negeri 1 Rancaekek Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1205

Keywords:

Model Think Talk Write, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan pokok yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Materi Apresiasi puisi siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Rancaekek. Dari studi awal yang dilakukan di sekolah, ditemukan beberapa indikator yang menunjukkan rendahnya Hasil Belajar Materi Apresiasi siswa di sekolah. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mendapatkan kajian tentang upaya meningkatkan Hasil Belajar Materi Apresiasi puisi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Rancaekek menggunakan Model Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-F SMP N 1 Rancaekek dengan siswa berjumlah 24 siswa dalam penelitian ini. Penelitian ini yang melalui 2 siklus perbaikan. Berdasarkan hasil penelitain Pada siklus I nilai siswa yang berhasil mendapatkan nilai KKM yaitu sebanyak 32%. Sedangkan pada perbaikan pembelajaran di siklus II siswa yang berhasil mencapai KKM 90%. Dengan kesimpulan bahwa hasil pembelajaran Bahasa Indonesia materi apresiasi puisi dapat meningkat dengan menggunakan metode think Talk Write.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, N. W. Y., Made Sumantri, M. P., & Riastini, P. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas III SD. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1).

Hartanto (2017) Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dengan Bantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VII.A SMP Negeri 2 Rantau Panjang” Skripsi JIPF-UNSRI

Ibrahim, A. I., & Nurmalasari, F. (2012). Mini Book Master Bahasa Indonesia & Inggris.

Khusna A, Sulianto J, & Widyaningrum A. (2017) “Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write(Ttw) berbantuan Media CD Interaktif pada mata pelajaran ipa terhadap hasil belajar siswa. Skripsi Universitas PGRI Semarang.

Masri, R. & Sareb. 2007. How to Write. Bandung: Kolbu.

Sofiyatul, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Telepon Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Think Talk Write Siswa Kelas III Mi Al Qodir Wage Taman Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sugiarti, N. L. P. Y., Putra, I. K. A., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) Berbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kediri, Tabanan Tahun Ajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Sugiyono (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suharsimi A, (2007). Prosedur Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Susanto, A. M. P. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Wirhadit, K., & Wardhani, I. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Wirhadit, K., & Wardhani, I. (2017), Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) –PGSD, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Published

2021-08-05

How to Cite

Herlina, L. (2021). Penggunaan Metode Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII–F SMP Negeri 1 Rancaekek. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 408–414. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1205

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.