Penerapan Teknik Pengamatan Langsung dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Berita pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 11 Maros Baru Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1248Keywords:
Teknik Pengamatan Langsung, Keterampilan Menulis, Teks BeritaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks berita melalui penerapan teknik pengamatan langsung pada siswa, Dengan teknik pembelajaran ini siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, dan hasil belajar siswa dapat dapat ditingkatkan sehingga memperoleh hasil yang maksimal. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 11 Maros Baru yang berjumlah 30 orang yaitu 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penlitian pada siklus pertama ketuntasan belajar yang dicapai hanya 26,66% sehingga dinyatakan belum mencapai KKM yaitu 75. Sementara siklus kedua melalui penerapan teknik pengamatan langsung mengalami peningkatan sebesar 13,34% ini menunjukkan telah tercapainya ketuntasan belajar yaitu sebesar 40% dengan perolehan nilai rata-rata 84,2. Sehingga, siswa yang memperoleh keterampilan menulis teks berita dalam kategori kurang hanya satu siswa dan tidak ada siswa yang memperoleh kategori sangat kurang. Baiknya nilai rata-rata pada siklus kedua didukung oleh terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar mencapai 96,66%.
Downloads
References
Abrar, A. N. (2005). Penulisan Berita. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya.
Akidah, I. A., & Mansyur, U. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Berita Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 13(1).
Cholid N. & Abu A. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta, Bumi Aksara.
Djuraid, H. N. (2007). Panduan Menulis Berita. Malang: UMM Press. Doyin, Mukh dan
Fiderika, F. (2015). Hubungan Keterampilan Menyimak Berita dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang‖ (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Hasanah, U. (2011). Penggunaan Teknik Pengamatan Objek Langsung untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIIIc Di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Pemenuhan Hak Belajar Siswa melalui PKM Lesson Study. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 522-534. DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413
Hasanuddin (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Diktat STKIP YAPIM.
Pertama, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Teknik Pengamatan Objek Langsung. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(4), 30-36.
Romli, M. & Asep S. (2000). Jurnalistik Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Satini, R. (2014). Hubungan Minat Baca dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1).
Setiati, E. (2005). Ragam Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT Remaja: Rosdakarya.
Sudarman, P. (2008). Menulis di Media Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparno & Yunus, M (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyatno. (2004). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Berdasarkan Kurikulim Berbasis Kompetensi. Surabaya: SIC.
Syahruddin. (2014). Inovasi Pembelajaran Menulis Ilmiah Berbasis Web Online. Makassar: Cv. Permata Ilmu Makassar.
Wagiran (2009). Bahasa Indonesia Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: Unnes Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.