Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD

Authors

  • Dian Tri Wahyuni Universitas Kristen Satya Wacana
  • Suhandi Astuti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1309

Keywords:

Discovery Learning, Inquiry, Berpikir Kritis

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian meta analisis, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Inquiry ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Effect size. Instrument yang digunakan yaitu instrument pemberian koding (coding data). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa hasil dari model pembelajaran Discovery Learning lebih efektif dibandingkan dengan Inquiry terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Hasil ini dapat ditinjau berdasarkan pada pengujian Ancova untuk nilai rata-rata dari eksperimen 2 yaitu model pembelajaran Discovery Learning sebesar 49,46 yaitu lebih tinggi diperbandingkan pada model pembelajaran Inquiry yang memiliki nilai sebesar 22,44. Hal ini dapat disimpulan bahwa kedua model pembelajaran tersebut memiliki perbedaan yang jauh. Mengacu dari hasil perhitungan Effect Size ini didapatkan hasil dari Partical Eta Squared, yakni senilai 0,000 dengan nilai signifikansi tersebut ialah senilai 0,03 yang menunjukkan terdapat efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, K. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk Energi Kelas III Gugus Sudirman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6, 151-157.

Angraini, E. A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPA bagi Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5, 1-5. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.344

Diani, R. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Man 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5, 265-275. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126

Ferdiansyah, W. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5, 95-108. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1103

Hasnan, S. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 239-249. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Kemendikbud. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Sari, F. F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4, 1-7. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.929

Subiono, J. (2014). Efektivititas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika kelas V SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7, 60-75.

Tohir, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Mitra Pendidikan, 5, 48-53. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015

Trianto. (2010 ). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2021-08-07

How to Cite

Wahyuni, D. T., & Astuti, S. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 421–428. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1309

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.