Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1309Keywords:
Discovery Learning, Inquiry, Berpikir KritisAbstract
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian meta analisis, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Inquiry ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Effect size. Instrument yang digunakan yaitu instrument pemberian koding (coding data). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa hasil dari model pembelajaran Discovery Learning lebih efektif dibandingkan dengan Inquiry terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Hasil ini dapat ditinjau berdasarkan pada pengujian Ancova untuk nilai rata-rata dari eksperimen 2 yaitu model pembelajaran Discovery Learning sebesar 49,46 yaitu lebih tinggi diperbandingkan pada model pembelajaran Inquiry yang memiliki nilai sebesar 22,44. Hal ini dapat disimpulan bahwa kedua model pembelajaran tersebut memiliki perbedaan yang jauh. Mengacu dari hasil perhitungan Effect Size ini didapatkan hasil dari Partical Eta Squared, yakni senilai 0,000 dengan nilai signifikansi tersebut ialah senilai 0,03 yang menunjukkan terdapat efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar.
Downloads
References
Amelia, K. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk Energi Kelas III Gugus Sudirman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6, 151-157.
Angraini, E. A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPA bagi Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5, 1-5. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i1.344
Diani, R. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Man 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5, 265-275. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126
Ferdiansyah, W. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 5, 95-108. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i1.1103
Hasnan, S. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 239-249. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Kemendikbud. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.
Sari, F. F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4, 1-7. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.929
Subiono, J. (2014). Efektivititas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika kelas V SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7, 60-75.
Tohir, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Mitra Pendidikan, 5, 48-53. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015
Trianto. (2010 ). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.