Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Era New Normal di Program Studi Teknologi Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1474Keywords:
Pembelajaran Daring, Era New NormalAbstract
Tujuan peneltian ini untuk mengetahui efektivitas, faktor penunjang dan permasalahan serta upaya dalam mengatasi permasalahan pembelajaran daring Mata kuliah Desain pada era new normal di Program Studi Teknologi Pendidikan. Jenis Penelitain yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian di Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruaan FKIP Universitas Muhamamdiyah Makassar tahun akademik 2020/2021. Subjek dan informan dalam penelitian adalah Dosen pengampu mata kuliah dan Mahasiswa semester 4 pada matakuliah Desain Grafis. Sumber data pada penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obeservasi dan wancara. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan reduksi data (data reduction), kategorisasi, penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Verification). Dalam penelitian kualitatif kriteria keabsahan data adalah Derajat kepercayaan (credibility), Keteralihan (transferability), Ketergantungan (Dependability) dan Trianggulasi. Berdasarkan temuan hasil dari analisis data pada peneltian ini ditemukan bahwa pembelajaran daring pada era new normal di Program Studi Teknologi Pendidikan pada mata kuliah Desain Grafis belum maksimal (kurang efektif). Faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana, motivasi, aplikasi dan kesiapan dosen. Sedangkan untuk penghambatnya adalah terbatasnya koneksi internet/kecepatan jaringan, dan pemberian materi yang monoton. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam mengatasi permsalahan tersebut adalah dosen dan mahasiswa perlu adanya kerjasama yang baik. Hal tersebut dilakukan agar capaian pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan indikator materi dan mahasiswa dapat belajar mandiri
Downloads
References
Aziz, A. & Nana, (2014). Mobile LearningSebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran di Sekolah, Jurnal Of Educational Research and Riview, 3(1)
Arkorful, V. & Abaidoo, N. (2015). The Role of E-learning, The Advantages and Disadvantages of Its Adoption in Higher Education. Int. Journal of Education and Research, 2(12), 397-410.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi pengembangan pembelajaran daring. Yogyakarta: Deepublish.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020) Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19., Pub. L. No. Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 01.07/MENKES/413/2020 (2020). Jakarta.
Moleong, Lexy. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi: Bandung: Remaja Rosdakarya
Lexy, J. M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, cet. 30. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lexy. J. M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjiman, H, (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003“Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta
Permendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disiase (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan. Jakarta : Mentri pendidikan dan kebudayaan.
Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Kencana.
Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Dan Internet Dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2).
Sanjaya, R. (2020). Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Unversitas Katolik Soegijapranata
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428 DOI: https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428
Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.