Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng

Authors

  • Mudeing Jais Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ulil Amri Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1531

Keywords:

Media pembelajaran, Articulate Storyline 3, Hasil belajar

Abstract

Articulate Storyline yang digunakan dalam penelitian ini dikarenakan software ini masih jarang dipakai oleh guru dibandingkan dengan media berbasis PowerPoint ataupun Adobe Flash. Padahal Articulate Storyline ini dipandang sangat bisa diterapkan dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran IPA materi struktur bumi dan dinamikanya siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Gantarangkeke Tahun Ajaran 2020/2021. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest, dimana penelitian dilakukan dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran. Dalam desain penelitian ini kelas eskperimen diberi tes awal (pretest) pada awal pertemuan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa sebelum diberikan pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3. Hasil penelitian dan analisa data mengenai perbandingan nilai statistik, perbandingan kategori hasil belajar, dan perbandingan tingkat ketuntasan telah membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Gantarangkeke.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, S. D. (2015). Pengaruh Penerapan Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.

Ismilasari, Y., & Hendratno. (2013). Penggunaan Media Diorama Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 01(02), 1–10.

Jaedun, A. (2011). Oleh : Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.

Mallu, S., & Samsuriah. (2020). Implementasi Articulate Storyline Dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital Pada STMIK Profesional Makassar. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro Dan Informatika (SNTEI) 2020, 7. http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/sntei/article/view/2282

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Prayitno, T. A., & Hidayati, N. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bermuatan Materi Mikrobiologi Berbasis Edmodo Android. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i2.1399

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Sari, Rika Kurnia., Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD Rika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/31555

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845–849.

Published

2021-12-31

How to Cite

Jais, M., & Amri, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Gantarang Keke Kabupaten Bantaeng. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 795–801. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1531

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.