Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Palopo Menjelaskan Alur Peristiwa Sinopsis Novel Melalui Kegiatan Mendengarkan Dengan Menggunakan Teknik Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1365Keywords:
jigsaw, sinopsis novel, menyimakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan alur peristiwa dalam sinopsis novel melalui kegiatan mendengarkan dengan menggunakan metode jigsaw, selain itu untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia, terutama pembelajaran sastra khususnya unsur intrinsik sinopsis novel. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas IX SMP Negeri 3 Palopo sebanyak 48 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2016 dan pada tanggal 18 Juli 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami alur sinopsis novel meningkat setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw dari siklus I hingga siklus II. Guru memotivasi siswa, mengadakan tanya jawab tentang unsur intrinsik, membaca pemamahan, menentukan alur sinopsis novel secara individual, diskusi kelompok, menyimpulkan kegiatan, melaporkan kegiatan, menanggapi dan menulis kembali hasil belajar. Untuk itu, peneliti menyarankan kepada guru agar mau menggunakan pendekatan ini sebagai alternatif pembelajaran memahami unsur intrinsik terutama alur sinopsis novel di SMP. Penggunaan pendekatan ini meliputi motivasi siswa, tanya jawab, membaca pemahaman, menentukan alur sinopsis novel secara individu di kelompoknya, melaporkan hasil diskusi kelompok, menanggapi hasil laporan dan menyimpulkan kegiatan.
Downloads
References
Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002a). Pendekatan Kontekstual. Depdiknas: Direktorat PLP.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002b). Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Puskur.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Pembelajaran dan pengajaran Kontekstual. Depdiknas: Direktorat PLP.
Tarigan, H. G. (1998). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wardani. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.