Implementasi Metode Utrujah dalam Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SDIT Madani Ekselensia Sidoarjo

Authors

  • Shona Kholifatul Mufidah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1706

Keywords:

Implementasi, Metode Utrujah, Pembelajaran tahfiz Al-Qur’an, Kualitati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode utrujah dalam pembelajaran tahfiz yang menggunakan pendekatan individual dengan menitik beratkan cinta Al-Qur’an. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dilaksanakan melalui prosedur atau langkah-langkah. Prosedur yang dimaksud sebagai berikut: pengambilan data, pemunculan data dan kevalidan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode utrujah diawali dengan pra Al-Qur’an yang cenderung fokus ada pengenalan huruf hijaiyah dan membacanya secara talaqqi. Selanjutnya metode ini akan masuk pada pengenalan tajwid secara lebih mendalam. Kemudian tahap dimana peserta didik menghafal Al-Qur’an dan SDIT Madani ekselensia memiliki visi yang lulusannya dapat hafal delapan juz.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahsin. (2006). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, Sumarsih. (2017). Implementation of Tahfidzul Qur’an Education at Elementary School-Aged Children at Pesantren Nurul Iman Tasikmalaya

Atik Murobbiyatul Wardah, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfiz al-Qur'an (Studi Multikasus di TK Khairunnas Nurul Hayat Surabaya dan SMP Khairunnas Nurul Hayat Tuban) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Djamarah, Syaiful Bahri. (2022). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Herma, T., & Kusyairy, U. (2020). Analisis Penerapan Metode Tabarak Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita Dan Anak Makassar. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37-48.

Hernawan, D. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1), 27-35.

Jaze, Ahmad. (2017). Metode Menghafal Al-Qur’an Cepat. Bandung: CV Cipta Cekas Grafika.

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahdalena, M. (2017). Implementasi Metode Pembelajaran Tahfizh Bagi Murid Bait Qurany Saleh Rahmany (Bqsr) Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 18(1), 47-63.

Musaropah, U., Mahali, M. M., Umam, M. K., Jannati, J., & Rahayu, S. H. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Klasikal Pada Pelajaran Tahfidz Quran Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kabupaten Gunungkidul. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 49-58.

Nurdin dan Usman. (2011). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Press.

Nurbaiti, R., Wahyudin, U. R., & Abidin, J. (2021). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 55-59.

Nursyamsi, N. (2018). Metode Menghafal Al Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Ikhlas Kelurahan Batipuh Panjang Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Mau'izhah, 8(2), 77-100.

Rizalludin, A. (2019). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an. Khazanah Pendidikan Islam, 1(1), 33-37.

Sa'dullah. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.

Sarmini. (2012). Alhamdulillah Balitaku Khatam Al-Qur’an. Bandung: Khazanah Intelektual.

Sidauruk, D. F. (2019). Penerapan Metode Kauny Quantum Memory dalam Meningkatkan Hafalan dan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Tahfiz di MI Nurul Qomar Palembang. Muaddib: Islamic Education Journal, 2(2), 73-78.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumanti. (2007). Metode Pembelajaran 2007. Bandung: CV Wacana Prima

Supriadi, S., Barlian, U. C., & Koswara, N. (2022). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Mutu Siswa SMA Swasta Istiqomah, SMA Plus Al Ghifari dan SMA Alfa Centauri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 722-730.

Syamsu, Yusuf. (2006). Psikolog Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahfitri, R. (2021). Implementasi Program Qira’Atul Qur’An Dalam Mengatasi Buta Huruf Al-Qur‟ An di SMP IT Baiti Jannati (Doctoral dissertation).

Yusuf, Kadir M. (2013). Tafsir Tarbawi, Pesan-Pesan Al-Qur'an Tentang Pendidikan.Jakarta: Amzah.

Published

2022-04-30

How to Cite

Mufidah, S. K. (2022). Implementasi Metode Utrujah dalam Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SDIT Madani Ekselensia Sidoarjo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 106–110. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1706

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.