Optimalisasi Layanan Tutorial Online dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Bantuan Belajar Online Mahasiswa UT
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1714Keywords:
Layanan, Tutorial Online, Aksesibilitas, Kepuasan Bantuan Belajar, Regresi GandaAbstract
Harapan mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan belajar dengan meningkatkan penguasaan materi modul secara terstruktur dan teratur, melalui bantuan belajar online dapat terpenuhi. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Mahasiswa yang mengikuti, layanan bantuan belajar online Variabel (1) Tutorial online sebagai layanan bantuan belajar online berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, (2) aksesibilitas Tutorial online berpengaruhi kepuasan mahasiswa dalam mengakses layanan bantuan belajar online kategori baik dengan koefisien korelasi 0.785. Fitur aplikasi tutorial online, inisiasi materi pokok, forum diskusi, dan tugas. Tutorial online menjadi pilihan utama mahasiswa dalam bantuan belajar online. Populasi penelitian adalah mahasiswa program pendas dan non pendas masa registrasi 2021.2 yang mengikuti tuton di wilayah UPBJJ-UT Makassar dengan mengisi kuesioner online sebanyak sampel 72 mahasiswa terdiri dari 30 mahasiswa non pendas, dan pendas 42 mahasiswa program pendas dan Non pendas, sampel populasi dengan kesempatan yang sama untuk mengisi melalui google forms. Sebelum digunakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif layanan tutorial online terhadap kepuasan mahasiswa, dan aksesibilitas mahasiswa terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. kepuasan mahasiswa meningkatkan suasana akademik yang inovatif, dan solutif belajar mandiri. layanan bantuan belajar tutorial online, dan aksesibilitas kemudahan mengakses aplikasi layanan tutorial online.
Downloads
References
Anggoro, Belawati.T. Hardono, AP., & Darmayanti 2002. Tutorial Elektronik melalui Internet dan Fax Internet, Jurnal pendidikan terbuka dan Jarak jauh
Anggrellanggi, A., Supratiwi, M., Yusuf, M., & Martika, T. (2020). Penguatan Aksesibilitas Model Blended Learning pada Matakuliah Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Tunarungu dan Tunanetra. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 25-30.
Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.
Bolliger, D. U. (2004). Key factors for determining student satisfaction in online courses. International Journal on E-learning, 3(1), 61-67.
Dewi Kusmala & jamil (2019) Analysis Of Students, Preferences And Accessibility Of The Use Of Online Learning Resources For Non Basic Education Programs At UPBJJ-UT Makassar, Proceedings AAOOU 2019 Virtual University of Pakistan Lahore Pakistan.
Halstead D, Hartman D, Schmidt SL. (1994). Multisource Effects on the Satisfaction Formation Process. Journal of the Academy of Marketing Science, 22(2): 114-129.
Hapudin, M. S. (2019). Manajemen pembelajaran blended learning dalam upaya memperluas aksesibilitas layanan pendidikan. Journal of ICT (Informatics and Communication Technology), 1(1), 18-24.
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa SMAN 1 Palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.
Jamil, J. (2022). Pengaruh Keterampilan Belajar Mandiri, Disiplin Belajar, dan Keinginan Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UPBJJ Universitas Terbuka Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 120-133.
Knowles, M.S. (1975). Self directed learning, a guide for learners and teachers. Englewood Cliffs: Prentice Hall Regents
Lestari Puji Etty (2015) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Mahasiswa Universitas Terbuka Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(1), 1-9 Universitas Terbuka, Tangerang
Maya Maria (2015) Pengaruh Faktor Kualitas Jasa Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Niat Menyelesaikan Kuliah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka) Jurnal Manajemen dan Organisasi 6(2).
Mistler‐Jackson, M., & Butler Songer, N. (2000). Student motivation and Internet technology: Are students empowered to learn science? Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 37(5), 459-479.
Moore MG, Kearsley G. (2012) Distance Education: A System View. Wadsworth: Publishing Company, US
Much. Fuad Saifuddin (2017) E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa FKIP Universitas terbuka
Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. In Seminar Nasional FMIPA UT (Vol. 1, pp. 55-60).
Qonita, A. A., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Aksesibilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2018 Terhadap Penerapan Sipejar Menggunakan Model Tam (Technology Acceptance Model). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 140-148.
Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102-109.
Salloum, S. A. S. (2018). Investigating students' acceptance of e-learning system in higher educational environments in the UAE: Applying the extended technology acceptance model (TAM) (Doctoral dissertation, The British University in Dubai).
Sugilar (2014) Pemanfaatan UT-online oleh mahasiswa Universitas Terbuka Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(1), 43-53
Tahar Irsan (2006) Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka, Tangerang Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101
Wahyuningsih, S. S., Rusli, Y., & Bintarti, A. (2015). Aksesibilitas mahasiswa pada tutorial online program studi perpustakaan. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, 16(1), 29-38.
Wati Nurlalela lela (2018) Metodologi Penelitian Terapan, Aplikasi SPSS, Eviews, Smart PLS dan Amos, pustak Amri.
Yudith A. Frans (2018) Pengaruh Kualitas Layanan Tutorial Online Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Fisip-UT Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 19(1) 1-12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.