Optimalisasi Layanan Tutorial Online dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Bantuan Belajar Online Mahasiswa UT

Authors

  • Jamil Jamil Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1714

Keywords:

Layanan, Tutorial Online, Aksesibilitas, Kepuasan Bantuan Belajar, Regresi Ganda

Abstract

Harapan mahasiswa dapat memenuhi kebutuhan belajar dengan meningkatkan penguasaan materi modul secara terstruktur dan teratur, melalui bantuan belajar online dapat terpenuhi. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Mahasiswa yang mengikuti, layanan bantuan belajar online Variabel (1) Tutorial online sebagai layanan bantuan belajar online berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, (2) aksesibilitas Tutorial online berpengaruhi kepuasan mahasiswa dalam mengakses layanan bantuan belajar online kategori baik dengan koefisien korelasi 0.785. Fitur aplikasi tutorial online, inisiasi materi pokok, forum diskusi, dan tugas. Tutorial online menjadi pilihan utama mahasiswa dalam bantuan belajar online. Populasi penelitian adalah mahasiswa program pendas dan non pendas masa registrasi 2021.2 yang mengikuti tuton di wilayah UPBJJ-UT Makassar dengan mengisi kuesioner online sebanyak sampel 72 mahasiswa terdiri dari 30 mahasiswa non pendas, dan pendas 42 mahasiswa program pendas dan Non pendas, sampel populasi dengan kesempatan yang sama untuk mengisi melalui google forms. Sebelum digunakan dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif layanan tutorial online terhadap kepuasan mahasiswa, dan aksesibilitas mahasiswa terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. kepuasan mahasiswa meningkatkan suasana akademik yang inovatif, dan solutif belajar mandiri. layanan bantuan belajar tutorial online, dan aksesibilitas kemudahan mengakses aplikasi layanan tutorial online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, Belawati.T. Hardono, AP., & Darmayanti 2002. Tutorial Elektronik melalui Internet dan Fax Internet, Jurnal pendidikan terbuka dan Jarak jauh

Anggrellanggi, A., Supratiwi, M., Yusuf, M., & Martika, T. (2020). Penguatan Aksesibilitas Model Blended Learning pada Matakuliah Bahasa Indonesia bagi Mahasiswa Tunarungu dan Tunanetra. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 25-30.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Bolliger, D. U. (2004). Key factors for determining student satisfaction in online courses. International Journal on E-learning, 3(1), 61-67.

Dewi Kusmala & jamil (2019) Analysis Of Students, Preferences And Accessibility Of The Use Of Online Learning Resources For Non Basic Education Programs At UPBJJ-UT Makassar, Proceedings AAOOU 2019 Virtual University of Pakistan Lahore Pakistan.

Halstead D, Hartman D, Schmidt SL. (1994). Multisource Effects on the Satisfaction Formation Process. Journal of the Academy of Marketing Science, 22(2): 114-129.

Hapudin, M. S. (2019). Manajemen pembelajaran blended learning dalam upaya memperluas aksesibilitas layanan pendidikan. Journal of ICT (Informatics and Communication Technology), 1(1), 18-24.

Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi siswa SMAN 1 Palopo terhadap pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 264-270.

Jamil, J. (2022). Pengaruh Keterampilan Belajar Mandiri, Disiplin Belajar, dan Keinginan Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UPBJJ Universitas Terbuka Makassar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 120-133.

Knowles, M.S. (1975). Self directed learning, a guide for learners and teachers. Englewood Cliffs: Prentice Hall Regents

Lestari Puji Etty (2015) Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Mahasiswa Universitas Terbuka Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(1), 1-9 Universitas Terbuka, Tangerang

Maya Maria (2015) Pengaruh Faktor Kualitas Jasa Perguruan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ) terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Niat Menyelesaikan Kuliah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka) Jurnal Manajemen dan Organisasi 6(2).

Mistler‐Jackson, M., & Butler Songer, N. (2000). Student motivation and Internet technology: Are students empowered to learn science? Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 37(5), 459-479.

Moore MG, Kearsley G. (2012) Distance Education: A System View. Wadsworth: Publishing Company, US

Much. Fuad Saifuddin (2017) E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa FKIP Universitas terbuka

Pardede, T. (2011). Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran pada pendidikan tinggi jarak jauh. In Seminar Nasional FMIPA UT (Vol. 1, pp. 55-60).

Qonita, A. A., Sulton, S., & Soepriyanto, Y. (2019). Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Aksesibilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2018 Terhadap Penerapan Sipejar Menggunakan Model Tam (Technology Acceptance Model). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 140-148.

Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102-109.

Salloum, S. A. S. (2018). Investigating students' acceptance of e-learning system in higher educational environments in the UAE: Applying the extended technology acceptance model (TAM) (Doctoral dissertation, The British University in Dubai).

Sugilar (2014) Pemanfaatan UT-online oleh mahasiswa Universitas Terbuka Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(1), 43-53

Tahar Irsan (2006) Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh Universitas Terbuka, Tangerang Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101

Wahyuningsih, S. S., Rusli, Y., & Bintarti, A. (2015). Aksesibilitas mahasiswa pada tutorial online program studi perpustakaan. Jurnal pendidikan terbuka dan jarak jauh, 16(1), 29-38.

Wati Nurlalela lela (2018) Metodologi Penelitian Terapan, Aplikasi SPSS, Eviews, Smart PLS dan Amos, pustak Amri.

Yudith A. Frans (2018) Pengaruh Kualitas Layanan Tutorial Online Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Fisip-UT Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 19(1) 1-12

Published

2022-04-30

How to Cite

Jamil, J. (2022). Optimalisasi Layanan Tutorial Online dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Bantuan Belajar Online Mahasiswa UT. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(2), 141–150. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1714

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.