Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal Toraja pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII Di SMP Kristen Kandora
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6813Keywords:
Pengembangan, Video Animasi, Kearifan Lokal Toraja, Seni BudayaAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kristen Kandora sebagai respons terhadap kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan menarik dalam mata pelajaran Seni Budaya, khususnya topik “Seni Musik Tradisional.” Metode pengajaran konvensional dan minimnya pemanfaatan media digital menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti mengembangkan video animasi berbasis kearifan lokal Toraja yang menampilkan tradisi musik Marendeng Marampa, bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa kelas VIII. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4D), yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Karena keterbatasan waktu dan anggaran, penelitian hanya dilaksanakan hingga tahap Develop. Pada tahap Define, dilakukan analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara dengan guru Seni Budaya serta kajian karakteristik siswa. Tahap Design meliputi pemilihan media video animasi berbasis budaya lokal, penentuan format MP4, penyusunan storyboard, dan perancangan konten visual-audio sesuai materi.Tahap Develop mencakup produksi media menggunakan Animaker, Canva, dan CapCut. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, diikuti uji coba kepada guru dan siswa untuk menilai kepraktisan. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi dan kepraktisan dengan skala Likert. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk menilai kelayakan media dan secara kualitatif untuk mengolah masukan dari validator dan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan media tergolong Sangat Valid dengan skor 81% dari ahli materi dan 92% dari ahli media. Uji kepraktisan memperoleh skor 95% dari guru dan 92% dari siswa, menunjukkan media Sangat Praktis dan layak digunakan sebagai alat pembelajaran yang efektif, menarik, dan relevan secara budaya.
Downloads
References
Ariantini, N. P. D., Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengembangan Animasi PembelajaranBerbasis Microlearning Pada Kelas Iii Sekolah DasarMutiara Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1), 23–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19973
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47-66. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Cipta, G. T., Runtu, P. V. J., & Sumarauw, S. J. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Teorema Pythagoras Berbasis Adobe Animate CC. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2003–2014. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3288
Citra, C., & Landong, A. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Tema Menyayangi Tumbuhandan Hewan Berbantuan Aplikasi Powtoon Siswa Kelas Iii Sd Negeri 104266 Pematang Sijonam.
Elisabeth, E., & Mawardi, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Perubahan Bumi Berbasis Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(1), 1-12. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i1.p1-12
Farida, F. N., & Hasanah, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas VII SMP/MTS. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, 3(1), 26-35. https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.69
Hanifah, S., Soraya, I., & Kurjum, M. (2025). Optimalisasi Media Video Animasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1600–1608. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3356
Hutabri, E. (2022, January). Validitas media pembelajaran multimedia pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (Snistek) (Vol. 4, pp. 296-300).
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372-378. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455.
Kusnulyaningsih, D., Husniati, H., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berasis Video Animasi Pada Muatan Seni Budaya Dan Prakarya Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 480–486. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.677
Listyawan, E. A., Karlina, I., & Ayushandra, V. (2021, December). Media Interaktif sebagai Literasi Digital Era 21 untuk Pembelajaran Sekolah Dasar. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 6, No. 1, pp. 229-237).
Nurafifah, F., Mirnawati, L. F., J., & Yusuf, M. (2022). Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 57–66. https://doi.org/10.58230/27454312.139
Okpatrioka, O. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020, October). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.
Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development) Dalam Pendidikan (Vol. 2, Issue 3). Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.61132/Bima.V2i3.1014
Setyowati, L. A., Russanti, I., Kharnolis, E. M., & Wahyuningsih, U. (2023). Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Macam-Macam Kampuh Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Kelas X Tata Busana SMK Negeri 3 Kediri. Journal On Education, 5(4), 15110–15120. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2601
Sholahunnisa, A., & Insani, N. H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2 Dimensi Berbasis Computing Dan Slideshow Materi Cerita Rakyat Semarangan. Piwulang: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 12(1), 25–34.
Tuhuteru, L., Misnawati, D., Aslan, A., Taufiqoh, Z., & Imelda, I. (2023). The Effectiveness of Multimedia-Based Learning to Accelerate Learning After The Pandemic At The Basic Education Level. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(1), 128–141. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i1.311
Walidaroyani, A., Kartiko, E. Y., Ahmad, N., Subhan, A. C., & Pradana, D. C. (2024). Perancangan Animated Explainer Video Pengenalan Kampus Sebagai Media Informasi untuk Calon Mahasiswa. Digital Transformation Technology, 4(1), 382–390. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.3973
Wulandari, D. S. R., Firdaus, R., Yunarti, T., & Nurhanurawati, N. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Critical Thinking Peserta Didik Sekolah Dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v10i2.1817
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.30738/Sosio.V3i2.1614
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mey Tumba, Ervianti Ervianti, Ketut Linggih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.