Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373Keywords:
Teknik Clustering, Karangan DeskripsiAbstract
Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk menggambarkan dan mengamati proses belajar siswa melalui penerapan teknik clustering dalam mengembangkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Mekanisme pelaksanaannya dengan dua siklus. Setiap siklus masing-masing dilaksanakan dengan tiga tahap, yaitu tahap (1) perencanaan, (2) tindakan dan pelaksanaan, (3) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini merupakan salah satu upaya memperbaiki praktik pembelajaran bahasa Indonesia agar lebih bermanfaat. Dengan demikian, guru dapat mengetahui secara jelas masalah-masalah yang ada di kelas dan cara mengatasi masalah tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah murid 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan penugasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik clustering dapat meningkatkan pembelajaran menulis karangan deskripsi siswa kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Peningkatan yang dimaksud, yaitu peningkatan proses dan hasil belajar menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan tersebut tampak pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II.
Downloads
References
Alwi, H., et al. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.
Aminuddin. (2003). Kemampuan Siswa Kelas V SDN 68 Cangadi Menulis Karangan Deskripsi dengan Bantuan Gambar. Skripsi. Makassar: FBS UNM.
Arikunto, S. (1998). Prosedur Pen¬elitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Deporter, B. & Hernacki, M. (2005). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Enre, F. A. (1994). Dasar-dasar keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.
Halim, A. (2004). Teknik Pengajaran Menulis. Jakarta: Djambatan.
Hernowo. (2003). Quantum Writing: Cara Cepat dan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Bandung: MLC.
Keraf, G. (2004). Argumentasi dan Deskripsi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Milles, M. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Nurgiyantoro, B. (1995). Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurdjan, S., Firman, & Mirnawati. (2016). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Penerbit Aksara Timur.
Parera, J. S. & Tasai, S. A. (1996). Pintar Berbahasa. Jakarta: Balai Pustaka.
Priyono. (2004). KBK: Solusi atau Bencana Pendidikan.
Tolla, A. (1991). Retorika Menulis Siswa Kelas II SMAN di Kotamadya Ujung Pandang. Laporan Penelitian. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang.
Widyamartaya. (1978). Kreatif Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.