Pengaruh Partisipasi Aktif Orangtua dan Penguasaan Konsep Kognitif Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.308Keywords:
Partisipasi Aktif Orangtua, Penguasaan Konsep Kognitif, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Sampel diambil sebanyak 67 orang siswa dengan teknik Proporsional Cluster Random Sampling dari SMA di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 2) Ada pengaruh langsung penguasaan konsep kognitif matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. 3) Ada pengaruh langsung partisipasi aktif orangtua terhadap penguasaan konsep kognitif matematika. 4) Ada pengaruh tidak langsung antara partisipasi aktif orangtua terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penguasaan konsep kognitif matematika. Implikasi penelitian, bahwa dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa perlu dilakukan peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan konsep kognitif. Baik orangtua, guru, komponen sekolah perlu memberikan perhatian dan dorongan terhadap siswa di sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Batang.
Downloads
References
Aisyah, T. S. (2008). Penerapan Strategi Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UNPAS.
Budiyono. (2007). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penilaian Yang Efektif. Didownload di http://www.uns.ac.id/cp/penelitian.php
Filsaime, K. D. (2007). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kosim, M. (2007). Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan. Jakarta: Grafindo.
Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Riduwan. (2008). Analisis Jalur (Path Analysis). Bandung: Alfabeta.
Sumarmo. U. (2010). Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagimana Mengembangkan Pada Peserta Didik, Makalah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.