Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Keinovatifan Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.3264Keywords:
Kompetensi Pedagogik, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Keinovatifan, Guru Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedegogik guru dan kepemimpinan kepala sekolah dengan keinovatifan guru Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Cibinong Kabupeten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian survei kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan regresi sederhana. Terdiri dari dua variable bebas yaitu kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan kepala sekolah serta satu pvariabel terikat yaitu Keinovativan guru. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor dengan jumlah Sampel pada penelitian ini adalah guru PNS Di SD N se-Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor yang berjumlah 177 orang. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan yang siginifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan keinovatifan guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rx1 = 0,656. 2) terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan keinovatifan guru yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi rx2 = 0,527 3) terdapat hubungan yang signifikan antara Kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan kepala sekolah secara Bersama-sama dengan keinovatifan guru yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rx12 = 0,677. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keinovatifan guru dapat ditingkatkan melalui kompetensi pedagogik guru dan kepemimpinan kepala sekolah
Downloads
References
Adriansyah, H., Handayani, I. F., & Maftuhah, M. (2022). Peran pemimpin visioner dalam mewujudkan budaya sekolah berkarakter. Journal of Islamic Education and Innovation, 23-35. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i1.6162
Akbar, A. (2021). Pentingnya kompetensi pedagogik guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23-30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Anida, A. (2022). Strategi Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam di Era Society 5.0. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(3), 634-647. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v12i3.16393
Basri, H. (2014). Kepemimpinan kepala sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah:(Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Deepublish.
Eko, E. P., Notosudjono, D., & Tukiran, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Efikasi Diri Terhadap Keinovatifan Guru Di Provinsi Banten. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 432-444. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i2.22098
Enadarlita, E. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Keinovatifan Pejabat Administrator di Provinsi Jambi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 169-179. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2906
Hafitriani, S. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru serta implikasinya terhadap kinerja guru. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 11-29. https://doi.org/10.17509/ijdb.v1i1.34383
Halimah, S., Retnowati, R., & Herfina. (2019). Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Keinovatifan dengan Efektivitas Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 825832. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1332
Irnaningsih, S., Kusmawan, U., & Fatmasari, R. (2021). Pengaruh Collaborative Skills dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Siswa Sekolah Dasar di Gugus 10 Kecamatan Pamulang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 523-536. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.2.523-536.2021
Irwantoro, N., & Suryana, Y. (2016). Kompetensi pedagogik. Surabaya: Genta Group Production.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Kurniatun, T. C., & Suryana, A. (2016). Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar. Universitas Terbuka.
Kusumah, D. R. G., Retnowati, R., & Helena, G. (2023). Peningkatan Keinovatifan melalui Motivasi Berprestasi Kepemimpinan Visioner dan Iklim Organisasi. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 221-233. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.192
Mardizal, J., Anggriawan, F., Al Haddar, G., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994-3003. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5195
Marliana, R., Istiadi, Y., & Suhardi, E. (2018). Hubungan Antara Budaya Organisasi Dan Kompetensi Pedagogik Dengan Keinovatifan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 636-645. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.790
Mudatsir, M. (2021). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan. Educational Journal of Islamic Management, 1(2), 55-67. https://doi.org/10.47709/ejim.v1i2.1192.
Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35-44. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.81
Nasution, W. N. (2016). Kepemimpinan pendidikan di sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1). http://dx.doi.org/10.30829/tar.v22i1.6
Novianty, D. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Pasek, G. W. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja, Pengawasan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru Gugus VIII Di Kecamatan Buleleng. JNANA SATYA DHARMA, 11(1). https://doi.org/10.55822/jnana.v11i1.319
Putra, A. E., Hidayat, R., & Sarimanah, E. (2023). Peningkatan Kreativitas Kerja Guru melalui Motivasi Kerja Kepribadian dan Kepemimpinan Visioner. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 136-148. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.172.
Riki, R., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2021). Gaya kepemimpinan kepala sekolah dasar dalam membentuk karakter warga sekolah. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2993-2999. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.998
Riyanto, T., & Masniar, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Guru, Terhadap Prestasi Siswa Sd Negeri Sekecamatan Pulau Rimau. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 180-187. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2907
Sappaile, N. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan sikap profesi guru tehadap kinerja penilaian guru di sekolah dasar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(1), 66-81. https://doi.org/10.21009/jtp.v19i1.5334
Serdyukov, P. (2017). Innovation in education: what works, what doesn’t, and what to do about it?. Journal of research in innovative teaching & learning, 10(1), 4-33. https://doi.org/10.1108/JRIT-10-2016-0007
Siregar, M., Situmorang, B., Rohana, R., Adi, P. N., Hasibuan, M. N. S., & Kartikaningsih, R. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 119-125. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.190.
Sugiarti, A., Sumardi, S., & Hidayat, R. (2023). Peningkatan Keinovatifan melalui Penguatan Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(1), 59-69. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v8i1.17047
Sugiarti, S., Retnowati, R., & Suhardi, E. (2018). Hubungan antara kompetensi profesional dan motivasi berprestasi dengan kreativitas kerja guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 683-691. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.795
Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan inovasi pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Suharsimi, A. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suhendar, A., Retnowati, R., & Ikhsan, I. (2022). Peningkatan Keinovatifan Guru Melalui Penguatan Efikasi Diri Dan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 72-76. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i2.5853
Sunardi, S., Sunaryo, W., & Laihad, G. H. (2019). Peningkatan keinovatifan melalui pengembangan kepemimpinan transformasional dan efikasi diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 740-747. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.959
Suryani, E. L., Sudharto, S., & Roshayanti, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Persepsi Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v10i1.9431
Susanto, R dan Rozali, Y. A. (2020). Model Pengembangan Kompetensi Pedagogik Teori, Konsep, dan Konstruk Pengukuran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Susilo, S., & Sutoyo, S. (2019). Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 188-193. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2908
Sutianah, E., Sunaryo, W., & Yusuf, A. E. (2018). Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Karismatik Kepala Sekolah Dan Kepribadian Dengan Keinovatifan Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 654662. https://doi.org/10.33751/jmp.v6i2.792
Usmayadi, D., Hardhienata, S., & Hidayat, N. (2020). Peningkatan Keinovatifan Guru Melalui Penguatan Kompetensi Pedagogik dan Learning Organization. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 105-109. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i2.2765
Wahardi, W., Retnowati, R., & Suhardi, E. (2017). Hubungan antara Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dengan Keinovatifan Guru SMP Swasta se-Kecamatan Bogor Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 01-08. https://doi.org/10.33751/jmp.v4i1.414
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.