Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kesehatan Organ Pernapasan Manusia Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa Kelas V SD Negeri Ralla 1 Kabupaten Barru
Keywords:
hasil belajar, kesehatan, organ pernapasan manusia, media gambarAbstract
Berdasarkan hasil analisis catatan guru pada saat pembelajaran pertama tema kesehatan organ pernapasan manusia semester 1 tahun pelajaran 2018-2019, rata-rata skor hasil belajar siswa pada tema kesehatan organ pernapasan manusia yang dicapai kurang, tidak mencapai standar KKM 70, karena rata-rata skor hasil belajar yang dicapai hanya 66. Hanya 50% yang tuntas belajar dari frekuensi 4 orang tuntas belajar dari frekuensi total 8 orang dari jumlah siswa yang hadir ikut tes, tidak mencapai skor 75% dari siswa yang mendapatkan nilai KKM 70 secara klasikal (Basriah, 2018). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997: 6), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Siklus pertama meliputi rencana awal, tindakan, observasi dan refleksi dan langkah pada siklus berikutnya adalah perncanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi, terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Subjek adalah siswa kelas V SD Negeri Ralla 1 kabuapaten Barru, dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang, 5 berjenis kelamin perempuan dan 3 berjenis kelamin laki-laki. Data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar meningkat skor rerata peningkatan selisih 9,75%, dan kategori kurang ke cukup. (2) Perubahan kemampuan guru mengalami perubahan secara positif, meningkat persentase selisih 20,84% dan kategori baik siklus tiga dari cukup siklus dua. (3) Perubahan aktifitas belajar siswa meningkat persentase selisih 10,25% dan kategori baik siklus tiga dari cukup siklus dua.
Downloads
References
Arends, A. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Arikunto, S. (1985). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dimyati, M. & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Elpis, E. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 010 Jaya Mukti. Jurnal Primary, 6(2). https://media.neliti.com/media/publications/258389-penggunaan-media-gambar-untuk-meningkatk-41c468b7.pdf.
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemmis & McTaggart. (1989). The Action Research Planner. Third Edition, Australia: Deakin University Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 SD Kelas IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Tema 2. Udara Bersih dan Kesehatan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Guru SD/MI kelas V. Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Tema 2. Udara Bersih dan Kesehatan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Buku Siswa SD/MI Kelas V. Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiarti, T. (1997). Siklus Spiral Tentang Penelitian Tindakan Kelas.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko, E. S. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Yandianto, Y. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Bandung. M2s Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.