Program Parenting untuk Peningkatan Kapasitas Orang Tua dalam Pengasuhan Anak di Rumah (Studi Kasus di TK Penguin Family Islamic School Bekasi)

Authors

  • Siti Zaitun Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Hamid Patilima Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4705

Keywords:

Program Parenting, Peningkatan Kapasitas, Orang Tua, Pengasuhan Anak

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman orang tua dalam pengasuhan positif, yang berdampak pada optimalisasi perkembangan anak. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam pengasuhan serta menyelaraskan pendidikan di sekolah dan di rumah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus yang dilakukan di TK Penguin Family Islamic School Bekasi. Data yang diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa adanya dampak positif yang dirasakan baik oleh guru maupun orang tua yaitu adanya perubahan dalam diri mereka berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik dan mengasuh anak usia dini sesuai tahapannya. Pelaksanaan Program Parenting dilakukan setiap bulan dengan metode online dan offline. Hambatan dalam pelaksanaan program ini mencakup kendala waktu dan biaya pada metode luring, serta masalah jaringan internet yang seringkali tidak stabil pada metode daring. Pola pengasuhan orang tua siswa mayoritas bersifat demokratis, meskipun terdapat kombinasi dengan pola otoriter pada aspek-aspek prinsipil, seperti nilai-nilai agama, serta pola demokratis pada aspek non-prinsipil seperti minat dan bakat anak. Dampak positif Program Parenting terlihat pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mendidik anak sesuai tahapannya, yang membuat orang tua merasa lebih percaya diri dan anak menjadi lebih ceria serta berkembang secara matang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). Program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34

Ansori, A., & Estherlita, T. (2019). Peningkatan Kapasitas Masyarakat di DAS Citarum melalui Program Parenting. Abdimas Siliwangi, 2(1), 17-22. https://doi.org/10.22460/as.v2i1p17-22.2497

Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i2.8966

Handayani, R. (2021). Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159-168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797

Hardiningrum, A., Shari, D., Rihlah, J., & Rulyansah, A. (2024). Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 410-423. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.13886

Husniyah, A. (2019). Parenting Bagi Orang Tua Muda Di Pusat Pembelajaran Keluarga Surabaya Perspektif Abdullah Nashihulwan. AL-HUKAMA: The Indonesian Journal of Islamic Family Law, 9(1), 172-194. https://doi.org/10.15642/alhukama.2019.9.1.172-194

Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57-66. https://doi.org/10.32678/assibyan.v5i1.10562

Indira, P. M. (2017). Kapasitas pengasuhan orangtua dan faktor-faktor pemungkinnya pada keluarga miskin perkotaan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1). https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i1.4433

Kristiani, R., Handayani, P., Wolting, R., Ardani, A., & Franztius, D. N. (2021). Pengembangan Kapasitas Pengasuh dan Orangtua Daycare Rumah Bahagia Surabaya. Warta LPM, 24(2), 258-269. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.12343

Lasmini, L., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting: Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 275-280. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.184

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395-403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Nurjanah, N. E., Jalal, F., & Supena, A. (2023). Studi Kasus Fatherless: Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 11(3), 261-270. https://doi.org/10.20961/kc.v11i3.77789

Purnama, S., & Hidayati, L. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520-542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.391

Purwandari, N., Kristantini, R. A., Hernalia, H., & Djulfikri, M. (2020). Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Teknologi Internet. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 185-192. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.154

Santoso, M. B., Zainudiin, M., & Asiah, D. H. S. (2023). Sosialisasi booklet aman Covid-19: Upaya peningkatan kapasitas orang tua pendamping anak dengan disabilitas pasca pandemi. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3), 369-378. http://dx.doi.org/10.28989/kacanegara.v6i3.1396

Sholichah, A. S., Ayuningrum, D., & Afif, N. (2021). Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41

Soge, E. M. T., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W., & Kiling, I. Y. (2016). Persepsi ibu terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak usia dini. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(2), 85-92. https://doi.org/10.15294/intuisi.v8i2.8617

Sudiapermana, E., & Nurwahidah, A. (2021). Evaluasi Program Pelaksanaan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Ad–Diroyah Cibiru. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 3(2), 41-49. https://doi.org/10.17509/ijace.v3i2.43598

Suwardi, S., & Rahmawati, S. (2019). Pengaruh nilai-nilai kearifan lokal terhadap pola pengasuhan anak usia dini (AUD). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2), 87-92. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i2.347

Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2017). Pengasuhan Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Pekerja. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2). http://dx.doi.org/10.24269/jin.v2i2.579

Zainuddin, Z. (2022). Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 329-342. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1780

Published

2024-12-29

How to Cite

Zaitun, S., & Patilima, H. (2024). Program Parenting untuk Peningkatan Kapasitas Orang Tua dalam Pengasuhan Anak di Rumah (Studi Kasus di TK Penguin Family Islamic School Bekasi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1318–1326. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4705

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 

You may also start an advanced similarity search for this article.