Program Parenting untuk Peningkatan Kapasitas Orang Tua dalam Pengasuhan Anak di Rumah (Studi Kasus di TK Penguin Family Islamic School Bekasi)
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4705Keywords:
Program Parenting, Peningkatan Kapasitas, Orang Tua, Pengasuhan AnakAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman orang tua dalam pengasuhan positif, yang berdampak pada optimalisasi perkembangan anak. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam pengasuhan serta menyelaraskan pendidikan di sekolah dan di rumah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus yang dilakukan di TK Penguin Family Islamic School Bekasi. Data yang diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa adanya dampak positif yang dirasakan baik oleh guru maupun orang tua yaitu adanya perubahan dalam diri mereka berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik dan mengasuh anak usia dini sesuai tahapannya. Pelaksanaan Program Parenting dilakukan setiap bulan dengan metode online dan offline. Hambatan dalam pelaksanaan program ini mencakup kendala waktu dan biaya pada metode luring, serta masalah jaringan internet yang seringkali tidak stabil pada metode daring. Pola pengasuhan orang tua siswa mayoritas bersifat demokratis, meskipun terdapat kombinasi dengan pola otoriter pada aspek-aspek prinsipil, seperti nilai-nilai agama, serta pola demokratis pada aspek non-prinsipil seperti minat dan bakat anak. Dampak positif Program Parenting terlihat pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam mendidik anak sesuai tahapannya, yang membuat orang tua merasa lebih percaya diri dan anak menjadi lebih ceria serta berkembang secara matang.
Downloads
References
Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2018). Program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34
Ansori, A., & Estherlita, T. (2019). Peningkatan Kapasitas Masyarakat di DAS Citarum melalui Program Parenting. Abdimas Siliwangi, 2(1), 17-22. https://doi.org/10.22460/as.v2i1p17-22.2497
Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i2.8966
Handayani, R. (2021). Karakteristik pola-pola pengasuhan anak usia dini dalam keluarga. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 159-168. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4797
Hardiningrum, A., Shari, D., Rihlah, J., & Rulyansah, A. (2024). Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 410-423. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.13886
Husniyah, A. (2019). Parenting Bagi Orang Tua Muda Di Pusat Pembelajaran Keluarga Surabaya Perspektif Abdullah Nashihulwan. AL-HUKAMA: The Indonesian Journal of Islamic Family Law, 9(1), 172-194. https://doi.org/10.15642/alhukama.2019.9.1.172-194
Imroatun, I., Nirmala, I., Juhri, J., & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57-66. https://doi.org/10.32678/assibyan.v5i1.10562
Indira, P. M. (2017). Kapasitas pengasuhan orangtua dan faktor-faktor pemungkinnya pada keluarga miskin perkotaan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1). https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i1.4433
Kristiani, R., Handayani, P., Wolting, R., Ardani, A., & Franztius, D. N. (2021). Pengembangan Kapasitas Pengasuh dan Orangtua Daycare Rumah Bahagia Surabaya. Warta LPM, 24(2), 258-269. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.12343
Lasmini, L., Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting: Konsep Dan Tahapan Pembentukan Program Parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 275-280. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.184
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395-403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550
Nurjanah, N. E., Jalal, F., & Supena, A. (2023). Studi Kasus Fatherless: Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 11(3), 261-270. https://doi.org/10.20961/kc.v11i3.77789
Purnama, S., & Hidayati, L. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520-542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.391
Purwandari, N., Kristantini, R. A., Hernalia, H., & Djulfikri, M. (2020). Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Teknologi Internet. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 185-192. https://doi.org/10.55122/teratai.v1i2.154
Santoso, M. B., Zainudiin, M., & Asiah, D. H. S. (2023). Sosialisasi booklet aman Covid-19: Upaya peningkatan kapasitas orang tua pendamping anak dengan disabilitas pasca pandemi. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(3), 369-378. http://dx.doi.org/10.28989/kacanegara.v6i3.1396
Sholichah, A. S., Ayuningrum, D., & Afif, N. (2021). Efektifitas Kegiatan Kajian Parenting dalam Meningkatkan Kesadaran Orang Tua Terhadap Pengasuhan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 1-9. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.41
Soge, E. M. T., Kiling-Bunga, B. N., Thoomaszen, F. W., & Kiling, I. Y. (2016). Persepsi ibu terhadap keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak usia dini. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 8(2), 85-92. https://doi.org/10.15294/intuisi.v8i2.8617
Sudiapermana, E., & Nurwahidah, A. (2021). Evaluasi Program Pelaksanaan Pengasuhan Anak Usia Dini di Taman Penitipan Anak Ad–Diroyah Cibiru. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 3(2), 41-49. https://doi.org/10.17509/ijace.v3i2.43598
Suwardi, S., & Rahmawati, S. (2019). Pengaruh nilai-nilai kearifan lokal terhadap pola pengasuhan anak usia dini (AUD). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2), 87-92. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i2.347
Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2017). Pengasuhan Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Pekerja. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2). http://dx.doi.org/10.24269/jin.v2i2.579
Zainuddin, Z. (2022). Pola Dasar Pengasuhan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Anak Sholeh Perspektif Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(2), 329-342. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i2.1780
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.