Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media Bundaran Bahasa Sulawesi pada Siswa Kelas II SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo

Authors

  • Sutriyanti A. Nusi Universitas Negeri Gorontalo
  • Salma Halidu Universitas Negeri Gorontalo
  • Fidyawati Monoarfa Universitas Negeri Gorontalo
  • Ratnarti Pahrun Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusmin Husain Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4763

Keywords:

Kemampuan Membaca, Media Bundaran, Bahasa Sulawesi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Masalah dalam penelitian setelah dilakukan hasil pra observasi dilapangan, diperoleh keterangan bahwa siswa kelas II SDN 47 dumbo raya masih banyak siswa-siswi yang belum memperoleh hasil yang maksimal dalam membaca, masih ada siswa yang kurang konsentrasi saat pembelajaran, masih terdapat beberapa siswa yang belum pandai dalam membaca, kebanyakan siswa-siswi masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan idenya atau berbicara di depan kelas, dan dalam kegiatan menulis, siswa masih menulis berdasarka teks dan membaca juga masi melihat isi teks.Tujuan peneilitian ini adalah untuk meningkatakan kemampua membaca siswa melalui media bundaran Bahasa Sulawesi pada siswa kelas II SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas dua siklus, siklus I dna siklus II. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui empat tahap yakni: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi serta tahap analisi dan refleksi, dengan jumlah 20 siswa. Hasil observasi awal menunjukan kemampuan membaca siswa masi rendah dengan 6 orang siswa yang mampu atau 30% sedangkan siswa yang tidak mampu 14 siswa atau 70%. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran bundaran bahasa sulawesi, pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 9 orang yang mampu atau 45% yang tidak mampu 11 orang atau 55% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 13 orang yang mampu atau 65% yang tidak mampu 7 orang atau 34 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 18 orang yang mampu atau 90% yang tidak mampu 2 orang atau 10%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media bundaran bahasa Sulawesi kemampuan membaca siswa di kelas II SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Musafiri, M. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA NU Genteng Banyuwangi. heritage, 2(2), 193-204. https://doi.org/10.35719/hrtg.v2i2.59

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Asis, A., & Herianah, H. (2020). Makna Simbolik Pakaian Adat Tradisional Suku Buton Di Kota Baubau. Pangadereng, 6(2), 254-266. https://doi.org/10.36869/pjhpish.v6i2.139

Astuti, D., Frima, A., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Media Permainan Truth Or Dare (TOD) pada Pembelajaran PKn Kelas IV SD Negeri 1 Air Lesing. Silampari Sains and Education, 1(2), 23-31.

Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644-3650. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1397

Fitriah, A. N. K. S. N., Safira, A. L. A. F. R., & Ainu, A. N. (2022). Buku Panduan Model Pembelajaran Nobangan. Guepedia.

Hamid, A. (2022). Internalisasi Konsep Cycle Relation Model Pada Komunitas Agama Lokal di Indonesia:(Perspektif Sosial, Ekonomi dan Politik Pada Kepercayaan Towani Tolotang, Aluk Todolo dan Patuntung di Sulawesi Selatan). Jurnal Masyarakat dan Budaya, 24(2). https://doi.org/10.55981/jmb.2022.1486

Kartika, W. I., & Putri, A. A. P. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4097-4106. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4372

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018). Pembelajaran bahasa indonesia untuk sd. Bekasi: Media Maxima.

Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29-42. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Muhaimin, M. R., Niâ, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan media pembelajaran komik terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814

Mukti, K. W. T., Trisiana, A., & Restuningsih, A. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Menggunakan Tes Early Grade Reading Assesment. Journal On Teacher Education, 4(3), 377-388. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12400

Mumpuni, A., & Afifah, N. (2022). Analisis Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 73-80. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.269

Nur, Y., Suputra, I. G. K. A., Tahir, M., & Alkatiri, F. M. (2023). Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Kaizen Media Publishing.

Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46-56. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i2.14068

Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 62-69. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.801

Setiawan, T. Y. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 176-179. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.394

Siregar, S. H., Samakmur, S., Nurbaiti, N., Safitri, R., & Dongoran, R. A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Mengenal Simbol Pancasila Kelas I Sd Negeri 030 Siabu Kab. Mandailing Natal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 4(1), 1-11. https://doi.org/10.37081/jipdas.v4i1.1615

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi program budaya membaca di sekolah dasar negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48-58. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p48-58

Supraba, A., Hermini, H., & Hasby, M. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Kelas IV SDN 46 Matarin Kecamatan Basse Sangtempe Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(1), 7-11. https://doi.org/10.53769/deiktis.v4i1.577

Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal pendidikan, 1(3), 373-380. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.163

Zulham, M. (2015). Aplikasi Teori Ilmu Bahasa terhadap Pandangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 1(1), 111-125.

Published

2024-12-29

How to Cite

Nusi, S. A., Halidu, S., Monoarfa, F., Pahrun, R., & Husain, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media Bundaran Bahasa Sulawesi pada Siswa Kelas II SDN 47 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1327–1337. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4763

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.