Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP

Authors

  • Agus Yulianto Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dian Nopitasari Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Ihlasiani Permata Qolbi Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Rini Aprilia Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Keywords:

Pendidikan Matematika, Bermain Peran, Kepercayaan Diri, Eksperimen Semu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian dengan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif ini dilaksanakan dikelas VII D dan VII E SMP Nusantara 1 dengan sampel sebanyak 25 siswa di kelas VII D dan 29 siswa di kelas VII E. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran role playing, sedangkan variabel dependen adalah kepercayaan diri siswa dengan 4 indikator, kemudian disusun dalam bentuk instrumen angket dengan jumlah 32 butir. Instrumen tersebut sudah diuji validitasnya oleh validator ahli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Inayah, S., & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Kepercayaan Dirinya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 12(1). DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4852

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2). DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Pitriyani, P., Fitrianna, A. Y., Malinda, P., & Hajar, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTs Ditinjau Dari Self Confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(1). DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2989

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series, 1(1), 202-208

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 81-86. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.87

Wulandari, N. (2013). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Penggunaan Strategi Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN Gupakan II, Tepus, Guniung Kidul. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 3(1).

Astawa, G., Riastini, P. N., & Garminah, N. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Satua Bali Terhadap Sikap Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).

Baharuddin, M. R., Fitriani, A., & Jumarniati, J. (2017). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING SETTING KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Nurjannah, N., Thaha, H., & Zainuddin, F. (2019). Pengaruh Role Playing Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education, 2(2), 137-148. DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.988

Published

2020-03-03

How to Cite

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.