Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Concept Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SD Inpres Tetebatu 1

Authors

  • Firdayanti Firdayanti Universita Negeri Makassar
  • Muhammad Irfan Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4983

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Concept Mapping, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Inpres Tetebatu 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping di kelas V SD Inpres Tetebatu 1, menggambarkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, serta mengetahui apakah model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian terdiri dari 45 peserta didik kelas VA dan VB, dengan sampel sebanyak 22 siswa dari kelas VB yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping berada pada kategori sangat baik, dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik berada pada kategori baik. Keterampilan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 67,22. Hasil analisis inferensial menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Inpres Tetebatu 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17-23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776

Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.601

Awaliah, N. N., Rusyana, A., & Sopyan, T. (2021). Pengaruh model discovery learning berbasis concept mapping terhadap hasil belajar kognitif. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 33-38. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5244

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan lkpd terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Darnella, R., Syarifah, S., & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 73-86. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5579

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697-705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795

Hidayat, K., Sapriya, S., Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran hybrid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517-1528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2265

Ikhtiana, F. A., Atmojo, I. R. W., & Sularmi, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis menggunakan teori konstruktivisme pada model pembelajaran ipa peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(5), 74-78. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39775

Izzati, D. R., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping pada Materi Alat Optik di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 281-287. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15239

Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16-24. https://doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1043

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93-114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan keterampilan abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37-58. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58

Nursal, D., Syamsurizal, S., & Alberida, H. (2023). Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 21-29. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.523

Rahmadana, J., & Khawani, A. (2023). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224-230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278

Safnowandi, S., & Efendi, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Masalah Berbantuan Concept Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Madrasah Tsanawiyah. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 45-54. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v5i2.178

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597

Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). Efektivitas model pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1010-1021. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.503

Windari, C. O., & Yanti, F. A. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 61-70. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2716

Published

2024-12-30

How to Cite

Firdayanti, F., Irfan, M., & Tolla, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Concept Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SD Inpres Tetebatu 1. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1348–1360. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4983