Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Concept Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SD Inpres Tetebatu 1
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4983Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Concept Mapping, Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Inpres Tetebatu 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping di kelas V SD Inpres Tetebatu 1, menggambarkan keterampilan berpikir kritis peserta didik, serta mengetahui apakah model pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian terdiri dari 45 peserta didik kelas VA dan VB, dengan sampel sebanyak 22 siswa dari kelas VB yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping berada pada kategori sangat baik, dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik berada pada kategori baik. Keterampilan berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai 67,22. Hasil analisis inferensial menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis concept mapping berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Inpres Tetebatu 1.
Downloads
References
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17-23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167-178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.601
Awaliah, N. N., Rusyana, A., & Sopyan, T. (2021). Pengaruh model discovery learning berbasis concept mapping terhadap hasil belajar kognitif. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 33-38. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5244
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan lkpd terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Journal on Education, 5(2), 5000-5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232
Darnella, R., Syarifah, S., & Afriansyah, D. (2020). Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Gerak di MAN 1 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 9(1), 73-86. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i1.5579
Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 697-705. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.795
Hidayat, K., Sapriya, S., Hasan, S. H., & Wiyanarti, E. (2022). Keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran hybrid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1517-1528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2265
Ikhtiana, F. A., Atmojo, I. R. W., & Sularmi, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis menggunakan teori konstruktivisme pada model pembelajaran ipa peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 10(5), 74-78. https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39775
Izzati, D. R., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping pada Materi Alat Optik di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(4), 281-287. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15239
Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16-24. https://doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1043
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa, 3(2), 107-114. http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93-114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Munawwarah, M., Laili, N., & Tohir, M. (2020). Keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan keterampilan abad 21. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 37-58. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.37-58
Nursal, D., Syamsurizal, S., & Alberida, H. (2023). Meta-analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 21-29. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.523
Rahmadana, J., & Khawani, A. (2023). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224-230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4278
Safnowandi, S., & Efendi, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis Masalah Berbantuan Concept Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Madrasah Tsanawiyah. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 5(2), 45-54. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v5i2.178
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597
Wahyunita, I., & Subroto, W. T. (2021). Efektivitas model pembelajaran blended learning dengan pendekatan STEM dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1010-1021. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.503
Windari, C. O., & Yanti, F. A. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 61-70. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2716
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.