Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres Kadundungang

Authors

  • St. Nur Azizah Thuljannah Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Irfan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4997

Keywords:

Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition, Media Bigbook, Keterampilan Membaca Permulaan

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model CIRC berbantuan media Bigbook terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Bigbook dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Kadundungang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian terdiri dari 45 siswa kelas II A dan II B, sementara sampel yang diambil sebanyak 23 siswa dari kelas II A, menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa setelah penerapan model CIRC berbantuan media Bigbook, dengan rata-rata nilai posttest mencapai 23,00. Analisis inferensial menggunakan paired sample t-test menghasilkan nilai probabilitas yang lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Sebelum perlakuan, rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen adalah 17,22, sedangkan setelah perlakuan, rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 23,00, dengan 43% siswa mencapai kategori baik. Media Bigbook membantu siswa dalam mengenal huruf, bunyi, ejaan, dan memahami teks secara lebih efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model CIRC berbantuan Bigbook lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan dibandingkan dengan metode konvensional, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap keterampilan literasi dasar siswa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bua, M. T. (2022). Efektivitas media animasi pada keterampilan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594-3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689

Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541-1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346

Fitriyani, L. A., Prasasti, P. A. T., & Sujanti, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Circ Berbantuan Media Teko (Tebak Tokoh) untuk Meningkatkan Keterampilan Meringkas Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3455-3464. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13847

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296-3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618

Kamilah, A., & Ruqoyyah, S. (2022). Keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD menggunakan contextual teaching and learning berbantuan kartu kata. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 25-33. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10495

Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301

Lapi, S., Hamsiah, A., & Rahmaniah, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 122-131. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3835

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang menghambat belajar membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611-2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278

Lubis, S. S. W. (2018). Pengembangan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3324

Maruf, N., & Anjely, A. M. R. (2020). Utilizing Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) with mobile learning to enhance students' reading comprehension. British (Jurnal Bahasa Dan Sastra Inggris), 9(2), 10-19. https://dx.doi.org/10.31314/british.9.2.10-19.2020

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907

Nurhikmah, N., Isnaeni, W., & Sulistriorini, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Alfabet Konstruksi Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Digital. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 63-72. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2506

Nurnugroho, N., & Rochmiyati, S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1589-1598. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6096

Prawiyogi, A. G., Sa'diah, T. L., Safarandes, A., & Nurjanah, Q. (2022). Pengaruh Metode Suku Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Basicedu, 6(5), 9223-9229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.1437

Puspita, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 138-147. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i2.508

Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). The potential of cooperative integrated reading and composition in biology learning at higher education. International Journal of Educational Research Review, 3(1), 50-56. https://doi.org/10.24331/ijere.376727

Samsudin, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Bacaan Kelas Ii Menggunakan Model Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Sdn Tangkil. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3032-3039. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.555

Sianipar, S. D., Sinaga, R., Sitepu, A., Gaol, R. L., HS, D. W. S., & Silaban, P. J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pada Siswa Kelas III SD Negeri 060921 Medan Sunggal. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 459-473. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20493

Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 7-12. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1336

Sumiati, S., Rial, S. W., Winda, W., Fadilah, N., & Nilianti, N. (2024). Peningkatan Minat Baca Siswa melalui Pemanfaatan Media Bigbook pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Taeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 703-714. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4737

Syafitri, C. R., & Mansurdin, M. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335-1346. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.600

Published

2024-12-30

How to Cite

Thuljannah, S. N. A., Tolla, I., & Irfan, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres Kadundungang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1361–1372. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4997

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 

You may also start an advanced similarity search for this article.