Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Berbantuan Media Bigbook Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Inpres Kadundungang
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4997Keywords:
Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading and Composition, Media Bigbook, Keterampilan Membaca PermulaanAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan model CIRC berbantuan media Bigbook terhadap keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media Bigbook dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Inpres Kadundungang. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian terdiri dari 45 siswa kelas II A dan II B, sementara sampel yang diambil sebanyak 23 siswa dari kelas II A, menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa setelah penerapan model CIRC berbantuan media Bigbook, dengan rata-rata nilai posttest mencapai 23,00. Analisis inferensial menggunakan paired sample t-test menghasilkan nilai probabilitas yang lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Sebelum perlakuan, rata-rata nilai pretest siswa kelas eksperimen adalah 17,22, sedangkan setelah perlakuan, rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 23,00, dengan 43% siswa mencapai kategori baik. Media Bigbook membantu siswa dalam mengenal huruf, bunyi, ejaan, dan memahami teks secara lebih efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model CIRC berbantuan Bigbook lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan dibandingkan dengan metode konvensional, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap keterampilan literasi dasar siswa di sekolah dasar.
Downloads
References
Bua, M. T. (2022). Efektivitas media animasi pada keterampilan membaca permulaan siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3594-3601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2689
Fauziah, N. (2022). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 1541-1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2346
Fitriyani, L. A., Prasasti, P. A. T., & Sujanti, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Circ Berbantuan Media Teko (Tebak Tokoh) untuk Meningkatkan Keterampilan Meringkas Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3455-3464. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13847
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis kemampuan membaca permulaan dan kesulitan yang dihadapi siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296-3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan motivasi dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas i melalui media aplikasi bamboomedia bmgames apps. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618
Kamilah, A., & Ruqoyyah, S. (2022). Keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD menggunakan contextual teaching and learning berbantuan kartu kata. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(1), 25-33. https://doi.org/10.22460/jpp.v1i1.10495
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v7i2.301
Lapi, S., Hamsiah, A., & Rahmaniah, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Peserta Didik Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 122-131. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3835
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis faktor-faktor yang menghambat belajar membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611-2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278
Lubis, S. S. W. (2018). Pengembangan Metode SAS dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3324
Maruf, N., & Anjely, A. M. R. (2020). Utilizing Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) with mobile learning to enhance students' reading comprehension. British (Jurnal Bahasa Dan Sastra Inggris), 9(2), 10-19. https://dx.doi.org/10.31314/british.9.2.10-19.2020
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis kesulitan membaca permulaan pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462-1470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907
Nurhikmah, N., Isnaeni, W., & Sulistriorini, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Alfabet Konstruksi Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Membaca dan Literasi Digital. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 63-72. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2506
Nurnugroho, N., & Rochmiyati, S. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Multiliterasi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas IV Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1589-1598. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6096
Prawiyogi, A. G., Sa'diah, T. L., Safarandes, A., & Nurjanah, Q. (2022). Pengaruh Metode Suku Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Basicedu, 6(5), 9223-9229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.1437
Puspita, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 138-147. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i2.508
Ristanto, R. H., Zubaidah, S., Amin, M., & Rohman, F. (2018). The potential of cooperative integrated reading and composition in biology learning at higher education. International Journal of Educational Research Review, 3(1), 50-56. https://doi.org/10.24331/ijere.376727
Samsudin, A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Bacaan Kelas Ii Menggunakan Model Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Pada Siswa Sdn Tangkil. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3032-3039. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.555
Sianipar, S. D., Sinaga, R., Sitepu, A., Gaol, R. L., HS, D. W. S., & Silaban, P. J. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pada Siswa Kelas III SD Negeri 060921 Medan Sunggal. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 459-473. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20493
Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 7-12. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1336
Sumiati, S., Rial, S. W., Winda, W., Fadilah, N., & Nilianti, N. (2024). Peningkatan Minat Baca Siswa melalui Pemanfaatan Media Bigbook pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Taeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 703-714. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4737
Syafitri, C. R., & Mansurdin, M. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335-1346. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.600
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.