Analisis Buku Teks Bahasa Inggris SMP: Developing English Competencies

Authors

Keywords:

textbook evaluation, EFL textbook, English subject

Abstract

Salah satu fungsi dasar buku teks adalah menyediakan pengetahuan secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dipelajari oleh peserta didik dengan cara yang mudah dan teratur. Penggunaan buku ajar dapat menjamin bahwa siswa di kelas yang berbeda akan mendapatkan konten yang serupa sehingga dapat dievaluasi dengan cara yang sama. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas buku teks sesuai persyaratan buku teks Bahasa Inggris yang baik dan untuk memudahkan guru sebagai pengguna buku teks untuk secara kritis memeriksa buku teks yang mereka gunakan saat ini. Berdasarkan ketujuh aspek evaluasi, dapat disimpulkan bahwa buku teks Developing English Competencies sangat baik tetapi tidak terlalu direkomendasikan karena skor totalnya adalah 108 (di bawah 110). Berdasarkan analisis tujuan dan pendekatan, buku teks yang dipilih memenuhi program pengajaran. Penataan kontennya rapi dan terorganisir, serta setiap bagian dari konten bahasa diberikan dengan jelas dan mudah dibedakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AbdelWahab, M. M. (2013). Developing an English Language Textbook Evaluative Checklist. IOSR Journal of Research & Method in Education, 1(3). Retrieved from http://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-1%20Issue-3/I0135570.pdf

Cunningsworth, A. (1995). Choosing Your Course Book. Oxford: Heinemann.

Hutchinson, T., & Torres, E. (1994). The Textbook as Agent of Change. ELT Journal, 48(4).

Ramadhana, M. A., Indah, O. D., & Suhardi, S. (2019). An Evaluation of English Language Textbook: Interlanguage English for Senior High School Students. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 2(1), 33-39. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.1.2019.1262

Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Tomlinson, B. (Ed.). (1996). Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Published

2019-12-30

How to Cite

Ramadhana, M. A. (2019). Analisis Buku Teks Bahasa Inggris SMP: Developing English Competencies. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 273–283. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/542

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.